Logo Lintasterkini

Ini 5 Kesimpulan SBY Tangani Kisruh KPK-Polri

Muh Syukri
Muh Syukri

Selasa, 09 Oktober 2012 08:55

Pidato SBY
Pidato SBY

Pidato SBY

JAKARTA– Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan tegas mengambil langkah-langkah dan solusi dalam mengatasi kisruh antara KPK dan Polri.

Pertama, sambung SBY, penanganan hukum dugaan korupsi simulator SIM yang melibatkan Irjen Djoko Susilo ditangani oleh KPK. “Polri menangani kasus-kasus lain yang tidak terkait langsung,” ujar SBY dalam pidatonya di Istana Negara Jakarta, Senin (8/10/2012).

“Kedua, keingingan Polri untuk melakukan proses hukum terhadap Kompol Novel Baswedan saya pandang tidak tepat baik dari segi timing maupun caranya,” tutur SBY.

Ketiga, sambung SBY, perselisihan yang menyangkut waktu penugasan penyidik Polri yang bertugas di KPK perlu diatur kembali dan akan SBY tuangkan dalam Peraturan Pemerintah (PP).

“Saya berharap nantinya teknis pelaksanaan juga diatur dalam MoU antara KPK dan Polri,” katanya.

Keempat, terkait rencana revisi UU KPK, menurut SBY, sepanjang untuk memerkuat dan tidak untuk memperlemah KPK revisi UU dimungkinkan.

“Tetapi saya pandang kurang tepat untuk dilakukan sekarang ini. Lebih baik kita tingkatkan sinergi dan intensitas semua upaya pemberantasan korupsi,” paparnya.

Dan kelima, SBY berharap agar KPK dan Polri dapat memperbaharui MoU-nya dan kemudian dipatuhi serta dijalankan serta dilakukan sinergi sehingga peristiwa seperti ini tidak terus berulang di masa depan. “Ini akan menjadi keputsusan saya dan akan menjadi solusi dalam pertemuan siang tadi,” tutup SBY. (okz)

 Komentar

 Terbaru

Peristiwa20 Mei 2022 02:24
Lansia Tewas Setelah Dipergoki Mencuri di Areal Tambang di Bantaeng, Tiga Polisi Diperiksa
Nasib malang menimpa seorang pria lanjut usia (lansia) bernama Nuru Saali (78) di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kabarnya, ia tewas us...
News19 Mei 2022 23:55
Pelat Palsu Marak Beredar di Sulsel, Ada Pembiaran?
Aturan pemberlakukan tersebut memang sudah ada yakni mengacu pada Peraturan Polri (Perpol) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi (Reg...
News19 Mei 2022 22:47
Bupati Pinrang Terpilih Memberikan Testimoni Di Rakornas BAN S/M
MAKASSAR — Bupati Pinrang, Irwan Hamid bersama Bupati Gowa dan Bupati Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah diundang dan terpilih untuk memberikan t...
Hukum & Kriminal19 Mei 2022 22:43
Berdamai, Ini Syarat Yang Diajukan Pelajar Korban Penganiayaan Di Pinrang Yang Videonya Viral Di Medsos
PINRANG – Penganiayaan yang dilakukan seorang pelajar laki-laki SMA Negeri 9 Cempa Kabupaten Pinrang terhadap. seorang pelajar perempuan tyang t...