Logo Lintasterkini

Ini 5 Kesimpulan SBY Tangani Kisruh KPK-Polri

Muh Syukri
Muh Syukri

Selasa, 09 Oktober 2012 08:55

Pidato SBY
Pidato SBY

Pidato SBY

JAKARTA– Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan tegas mengambil langkah-langkah dan solusi dalam mengatasi kisruh antara KPK dan Polri.

Pertama, sambung SBY, penanganan hukum dugaan korupsi simulator SIM yang melibatkan Irjen Djoko Susilo ditangani oleh KPK. “Polri menangani kasus-kasus lain yang tidak terkait langsung,” ujar SBY dalam pidatonya di Istana Negara Jakarta, Senin (8/10/2012).

“Kedua, keingingan Polri untuk melakukan proses hukum terhadap Kompol Novel Baswedan saya pandang tidak tepat baik dari segi timing maupun caranya,” tutur SBY.

Ketiga, sambung SBY, perselisihan yang menyangkut waktu penugasan penyidik Polri yang bertugas di KPK perlu diatur kembali dan akan SBY tuangkan dalam Peraturan Pemerintah (PP).

“Saya berharap nantinya teknis pelaksanaan juga diatur dalam MoU antara KPK dan Polri,” katanya.

Keempat, terkait rencana revisi UU KPK, menurut SBY, sepanjang untuk memerkuat dan tidak untuk memperlemah KPK revisi UU dimungkinkan.

“Tetapi saya pandang kurang tepat untuk dilakukan sekarang ini. Lebih baik kita tingkatkan sinergi dan intensitas semua upaya pemberantasan korupsi,” paparnya.

Dan kelima, SBY berharap agar KPK dan Polri dapat memperbaharui MoU-nya dan kemudian dipatuhi serta dijalankan serta dilakukan sinergi sehingga peristiwa seperti ini tidak terus berulang di masa depan.  “Ini akan menjadi keputsusan saya dan akan menjadi solusi dalam pertemuan siang tadi,” tutup SBY. (okz)

 Komentar

 Terbaru

Pemerintahan28 Mei 2024 23:51
Pemkab Banggai Kagumi Inovasi Smart City di War Room Makassar
MAKASSAR – Bupati Kabupaten Banggai, Amirudin Tamoreka, melakukan kunjungan ke War Room Pemerintah Kota Makassar untuk mempelajari penerapan kon...
News28 Mei 2024 20:17
Inspektorat Daerah Makassar Tampilkan 4 Inovasi Pengawasan di Expo Pengawasan Intern Tahun 2024
MAKASSAR – Inspektorat Daerah Kota Makassar mengikuti Expo Pengawasan Intern 2024 di Jakarta. Makassar menjadi salah satu dari 30 Pemerintah Pro...
Gaya Hidup28 Mei 2024 16:00
Bugis Waterpark Adventure Kembali Gelar Kompetisi Zumba, Pesertanya Tembus Ribuan Orang
MAKASSAR – Ribuan orang mengikuti kompetisi zumba yang terselenggarakan pada Minggu, 26 Mei 2024. Kompetisi ini digelar di Main Foodcourt Bugis ...
News28 Mei 2024 14:25
KBO Satnarkoba Polres Sidrap Beri Penyuluhan Hukum Tentang Narkoba ke Masyarakat Sereang
SIDRAP – Kaur Bin Ops (KBO) Satnarkoba Polres Sidrap IPDA Amdaryono Saputra, SH memberikan Penyuluhan Hukum tentang Narkoba kepada masyarakat di...