Logo Lintasterkini

Bakamla Tangkap Kapal Ilegal Fishing di Perairan Halmahera

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Senin, 09 Oktober 2017 10:03

Badan Keamanan Laut (Bakamla RI) tangkap kapal ilegal fishing di Perairan Halmahera.
Badan Keamanan Laut (Bakamla RI) tangkap kapal ilegal fishing di Perairan Halmahera.

MALUKU – Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) berhasil menangkap sebuah kapal ikan bernama Triton. Kapal ikan tersebut yang diduga melakukan illegal fishing di Perairan Halmahera, beberapa hari lalu.

Menurut informasi dari Kasubbag Humas Bakamla RI, Mayor Marinir Mardiono, Senin (9/10/0217), kapal Triton ditangkap dalam operasi rutin pengamanan perairan yang digelar Bakamla RI di Zona Timur, Jumat (6/10/2017) melalui unsur KAL Tidore I 14-11 yang dikomandani Kapten Laut (P) Habiby Achmad.

Kapal tertangkap tangan sedang melakukan kegiatan penangkapan ikan dengan menggunakan alat tangkap Handline. Pada saat pemeriksaan didapati hasil tangkapan berupa sejumlah ikan tuna dengan ukuran bervariasi.

Menurut keterangan yang tercantum pada Surat Ijin Penangkapan Ikan (SIPI), diketahui kapal Triton melakukan penangkapan ikan tidak sesuai fishing ground atau wilayah penangkapan ikan yang telah ditentukan.

“Kapal yang berasal dari Bitung tersebut didapati menangkap ikan di wilayah Perairan Halmahera, sebelah selatan Pulau Gebe. Bukan hanya itu, kapal yang dinakhkodai EB dan membawa 10 ABK tersebut juga tidak dilengkapi Surat Ijin Stasiun Radio Kapal Laut,” papar Myor Marinir Mardiono.

Menurut penjelasan Komandan KAL Tidore, Kapten Laut (P) Habiby Achmad, atas dugaan illegal fishing yang dilakukan kapal Triton. Selanjutnya kapal beserta barang bukti dikawal ke Lanal Ternate untuk proses penyidikan lebih lanjut. (*)

 Komentar

 Terbaru

News02 Mei 2024 13:05
Wali Kota Makassar Apresiasi Implementasi 18 Revolusi Pendidikan
MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto, mengapresiasi konten 18 Revolusi Pendidikan di Makassar yang merupakan ...
Pendidikan02 Mei 2024 09:54
LLDIKTI IX Raih Penghargaan Kinerja Anggaran Terbaik Kemdikbudristek
MAKASSAR – Sivitas akademika Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kep...
Pemerintahan02 Mei 2024 09:50
Bunda PAUD Makassar Sambut Peserta Seminar Nasional dan Rapat Anggota PPIAUD 2024
MAKASSAR – Bunda PAUD Kota Makassar Indira Yusuf Ismail menyambut para peserta seminar nasional dan rapat anggota tahunan (RAT) Perkumpulan Pend...
Hukum & Kriminal02 Mei 2024 09:39
Oknum ASN Kabupaten Jeneponto Diamankan karena Narkoba
MAKASSAR – Ulah seorang oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Kabupaten Jeneponto berinisial RS ini tidak pantas dicontoh. Ia diamankan anggota...