Logo Lintasterkini

Walikota Makassar Raih Penghargaan Pemimpin Inovatif

Muh Syukri
Muh Syukri

Jumat, 09 November 2012 09:01

Ilham Arief Sirajuddin
Ilham Arief Sirajuddin

Ilham Arief Sirajuddin

MAKASSAR –Â Â Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin meraih penghargaan sebagai pemimpin daerah inovatif atas peranannya menjadikan Makassar sebagai proyek percontohan (pilot project) kegiatan Fortifikasi Vitamin A pada minyak goreng curah.

“Kesediaan Makassar untuk menjadi daerah percontohan khususnya di pulau Barrang Lompo menjadikan proyek penelitian ini telah membuahkan hasil dan mulai akan diterapkan secara nasional mulai tahun 2013 nanti,” ujar Direktur Lembaga Kegizian Fortifikasi Indonesia (KFI) Prof Dr Soekirman, di Makassar, Kamis.

Penghargaan yang diberikan oleh lembaga KFI yang konsen melaksanakan proyek penelitian dan bekerja sama dengan lembaga Global Alliance for Improvement Nutrition (GAIN) di Pulau Barrang Lompo ini dimulai sejak tahun 2011.

Penyerahan piagam penghargaan juga dihadiri sejumlah akademisi diantaranya Prof Razak Thaha, Kepala Dinas Kesehatan, dr Naisyah Tun Asikin, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Takdir Hasan Saleh serta kalangan industri minyak curah yang ada di Makassar.

Menurut Dr Soekirman, peran kota Makassar sebagai satu-satunya daerah di Indonesia yang menjadi tempat dilaksanakannya proyek penerapan fortifikasi vitamin A pada minyak goreng curah patut diapresiasi.

Hal ini, tidak lepas dari jiwa inovatif dan kreatif dari Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin, sehingga hasil proyek ini telah bisa dilaksanakan secara nasional.

Proyek Fortifikasi Vitamin A pada minyak goreng curah juga menggandeng CV Terong sebagai industri sukarelawan (volunteer) yang menyediakan produknya untuk dijadikan bahan penelitian.

Proses fortifikasi sendiri merupakan proses penambahan vitamin A ke dalam minyak curah, yang hasilnya tidak akan mempengaruhi warna maupun rasa minyak goreng nantinya.

“Kami juga memberikan piagam bagi CV Terong yang telah menyediakan produk minyak curahnya untuk dijadikan obyek penelitian. Hasil proyek ini akan memberikan nilai tambah bagi masyarakat karena minyak curah yang dihasikan dari fortifikasi telah mempunyai nilai gizi lebih,” katanya.

Sementara itu Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin menyatakan rasa bangga atas hasil yang telah ditelorkan proyek fortifikasi ini.

Masyarakat Makassar, sangat berbangga karena telah menjadi daerah yang dipercaya untuk menjalankan proyek berskala Internasional.

“Proyek ini sejalan dengan visi pembangunan Makassar yang ingin menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang sehat menuju Makassar kota dunia. Proyek ini menjadi langkah awal yang strategis dan akan memberi manfaat besar bagi tujuan itu, apalagi proyek ini telah menjadi proyek nasional,” tegasnya. (ant)

 Komentar

 Terbaru

Nasional18 Mei 2022 13:47
Soal UAS Ditolak Masuk Singapura, Abu Janda Bilang Pemerintah Jangan Bela
JAKARTA – Kali ini penggiat media sosial Permadi Arya atau yang akrab disapa Abu Janda kembali berkomentar terkait dengan kebijakan Singapura ya...
Hukum & Kriminal18 Mei 2022 11:28
Arfandi Tewas Setelah Ditangkap Polisi, Kabid Humas : Belum Ada Tersangka
MAKASSAR – Sebanyak enam orang oknum polisi masih diamankan pihak Propam Polda Sulsel terkait kematian Muh Arfandi (18), warga yang tewas usai d...
News17 Mei 2022 22:18
Mahasiswa Bima Gelar Aksi Solidaritas di Makassar
MAKASSAR – Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Bima dan Dompu (AMBD) Sulawesi Selatan menggelar aksi unjuk rasa di Flyover ...
Peristiwa17 Mei 2022 17:22
Empat Rumah di Jalan Sunu Makassar Terbakar
MAKASSAR – Sebanyak empat rumah di Jalan Sunu Lorong 1A, Kecamatan Tallo, Kota Makassar terbakar, Selasa (17/5/2022). Tidak ada korban jiwa dala...