Logo Lintasterkini

Rektor Unismuh Makassar: “Sangat Penting Jabatan Fungsional bagi Perguruan Tinggi”

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Senin, 09 November 2020 23:02

Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr H Ambo Asse, M. Ag.
Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr H Ambo Asse, M. Ag.

MAKASSAR — Pengusulan jabatan fungsional para dosen sangat penting bagi Perguruan Tinggi (PT). Sehingga para dosen tidak membuat kesalahan dalam pengajuan jabatan fungsional dan kenaikan pangkat.

Demikian dikatakan Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr H Ambo Asse, M. Ag saat memberi sambutan pada kegiatan sosialisasi percepatan karier dosen, sertifikasi dosen, dan pelatihan penulisan artikel/jurnal bereputasi internasional tahun 2020, Senin (9/11/2020).

Dijelaskan, sertifikasi dosen akan mendapatkan sertifikat pendidikan dan mendapat tunjangan sertifikasi dari pemerintah. Saat ini jumlah dosen yang belum mempunyai jabatan fungsional dan sedang mengajukan berkas pengusulan sebanyak 150 orang.

“Maka sangat tepat kalau para dosen ikut dalam acara sosialisasi ini. Lewat sosialisasi ini tentu diharapkan tidak salah-salah lagi dalam proses pengusulan jabatan fungsionalnya,” ucap Rektor Unismuh Makassar, Prof Ambo Asse.

Ketua BPH Unismuh Makassar, Dr.Ir H Muh Syaiful Saleh, M.Si menambahkan, para dosen agar disegerakan mengusulkan jabatan fungsional dari Asisten Ahli ke Lektor, Lektor ke Lektor Kepala dan Lektor Kepala ke Guru Besar. Menurutnya, Guru besar adalah impian para dosen, sehingga harus dilakoni prosesnya.

“Dan jika sudah meraih Guru Besar, itu harus tetap mengedepankan sifat tawaddu,” pesan Dr. Syaiful Saleh.

Ketua panitia kegiatan, Dr.H Andi Sukri Syamsuri, M.Hum dalam laporannya menyatakan, peserta yang bergabung (join) hampir 200 orang dengan peserta para dosen Unismuh Makassar dan dosen dari Perguruan Tingggi Muhammadiyah.

Sosialisasi ini melalui aplikasi daring dengan menghadirkan narasumber dari Tim Direktorat Sumber Daya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI.

“Sosialisasi berlangsung semarak dan dinamis, hal itu terlihat dengan begitu banyaknya peserta yang bertanya dengan moderator,” pungkasnya.

Hingga akhir acara sosialisasi via daring sebanyak 260 yang join sebagai peserta. Diantaranya yakni Ketua Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unismuh Makassar, Dr. Munirah, M.Pd, Ketua Dewan Guru Besar Unismuh Makassar, Prof Dr H. Irwan Akib, M.Pd, Wakil Rektor I, Dr.Ir H.Abd Rakhim Nanda, ST, MT, IPM serta para dekan dan Ketua prodi.

Salah seorang dosen FAI Unismuh Makassar yang menjadi peserta sosialisasi, Dr Rusli Malli, M.Ag menilai sosialisasi ini sangat penting dan dibutuhkan para dosen. Apalagi materi dan narasumber dari Direktorat Sumber Daya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI.

“Saya juga mendapat informasi menarik dalam sosialisasi ini yakni adanya rencana perpindahan pengurusan dosen FAI dari Kopertais ke LLDIKTI,” kata Ketua Forum Dosen Tersertifikasi Kopertais Wilayah VIII Sulawesi, Maluku dan Papua periode 200- 2025. (*)

Penulis : Ulla/Yahya

 Komentar

 Terbaru

Jubir KPK: Kami Belum Bisa Simpulkan Keterkaitan Kasusnya
Hukum & Kriminal27 Februari 2021 10:50
Jubir KPK: Kami Belum Bisa Simpulkan Keterkaitan Kasusnya
"Kami belum dapat menyimpulkan statusnya, dan terkait kasus apa. Semua masih perlu penyelidikan mendalam dengan mengumpulkan keterangan saksi-saksi da...
Gubernur Sulsel Dikabarkan Ditangkap KPK
Hukum & Kriminal27 Februari 2021 08:04
Gubernur Sulsel Dikabarkan Ditangkap KPK
Penangkapan diduga terkait dugaan korupsi. Hanya saja belum diketahui secara pasti soal kasus yang menjerar Gubernur Sulsel ini....
Pemerintah Upayakan Lansia Mudah Menjangkau Lokasi Vaksinasi
Bersama Melawan Covid-1927 Februari 2021 03:38
Pemerintah Upayakan Lansia Mudah Menjangkau Lokasi Vaksinasi
"Upaya memperluas cakupan vaksinasi, sehingga masyarakat terutama lansia yang tinggal jauh dari ibukota provinsi dapat memperoleh vaksin di lokasi yan...
Lembaga Penyiaran Beperan Mengedukasi Masyarakat Patuh Protokol Kesehatan
Bersama Melawan Covid-1927 Februari 2021 03:33
Lembaga Penyiaran Beperan Mengedukasi Masyarakat Patuh Protokol Kesehatan
"Untuk memastikan penyelenggara penyiaran mematuhi protokol kesehatan dalam setiap program yang ditayangkan kepada masyarakat," jelas Juru Bicara Satg...