Logo Lintasterkini

Pelindo IV Resmikan Pelindo Cabang Paotere

Muh Syukri
Muh Syukri

Minggu, 10 Februari 2013 09:28

Pelindo IV Resmikan Pelindo Cabang Paotere

MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV dalam meningkatkan pelayanan kembali menambah dan meresmikan Pelindo IV Cabang Paotere yang sebelumnya berstatus sebagai pelabuhan kawasan.

“Dengan diresmikannya Pelindo IV Cabang Paotere ini diharapkan mampu meningkatkan pelayanan dan menata kegiatan bongkar muat di pelabuhan rakyat ini,” ujar Komisaris Utama PT Pelindo IV Zulkarnain Oeyoeb di Makassar, Jumat.

Ia mengatakan, peresmian Pelindo IV Cabang Paotere yang sebelumnya berstatus kawasan ini menambah jumlah cabang yakni sekitar 20 dan empat kawasan dengan total 24.

Zulkarnain menyebutkan, peningkatan status pelabuhan Paotere menjadi cabang, maka para pengguna jasa juga menyambut baik dan terima kasih kepada manajemen PT Pelindo IV atas perubahan status itu.

Para pengguna jasa mengharapkan kapal-kapal yang ada di pelabuhan rakyat ini tidak perlu berlama-lama karena tentunya peningkatan pelayanan ini memudahkan para pengusaha kapal motor yang melakukan aktivitas bongkar muat.

Direktur Utama PT Pelindo IV Hary Sutanto mengaku peningkatan status ini tidak akan merubah fungsi dari pelabuhan rakyat itu sendiri, dimana fungsi utamanya yakni bongkar muat barang-barang kebutuhan pokok, pupuk, semen dan ternak ke pelabuhan intersuler.

Beberapa pelabuhan yang terintegrasi seperti pelabuhan di Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Kendari, Seram, Wanci, Ternate dan Tolitoli.

“Dari tahun ke tahun, kegiatan bongkar muat barang di pelabuhan Paotere makin meningkat dan ramai dikunjungi masyarakat lokal serta turis manca negara karena keberagaman dan keunikannya serta nilai sejarahnya,” katanya.

Ramainya dikunjungi pelabuhan Paotere ini, lanjut dia, karena keunikan pelabuhan Paotere yang merupakan pelabuhan tradisional dan lokasinya sangat dekat dengan pelabuhan Makassar.

Pelabuhan Paotere sendiri memiliki 11 dermaga dengan panjang yang bervariasi dari panjang 33 hingga 100 meter, enam dermaga disisi timur dan lima dermaga disisi barat dengan luas lahan kurang lebih 15,3 hektare (ha).

Selain itu, ia menyebutkan jika peningkatan status ini sesuai dengan Peraturan Direksi Nomor : PD 50 A Tahun 2012 tentang Perubahan Struktur Organisasi dan Tata Kerja Pelabuhan Cabang Makassar dan Pembentukan Pelabuhan Cabang Paotere, terhitung mulai tanggal 1 Januari 2013 dengan General Manager Cabang paotere Johan Daming. (ant)

 Komentar

 Terbaru

Nasional18 Mei 2022 13:47
Soal UAS Ditolak Masuk Singapura, Abu Janda Bilang Pemerintah Jangan Bela
JAKARTA – Kali ini penggiat media sosial Permadi Arya atau yang akrab disapa Abu Janda kembali berkomentar terkait dengan kebijakan Singapura ya...
Hukum & Kriminal18 Mei 2022 11:28
Arfandi Tewas Setelah Ditangkap Polisi, Kabid Humas : Belum Ada Tersangka
MAKASSAR – Sebanyak enam orang oknum polisi masih diamankan pihak Propam Polda Sulsel terkait kematian Muh Arfandi (18), warga yang tewas usai d...
News17 Mei 2022 22:18
Mahasiswa Bima Gelar Aksi Solidaritas di Makassar
MAKASSAR – Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Bima dan Dompu (AMBD) Sulawesi Selatan menggelar aksi unjuk rasa di Flyover ...
Peristiwa17 Mei 2022 17:22
Empat Rumah di Jalan Sunu Makassar Terbakar
MAKASSAR – Sebanyak empat rumah di Jalan Sunu Lorong 1A, Kecamatan Tallo, Kota Makassar terbakar, Selasa (17/5/2022). Tidak ada korban jiwa dala...