Logo Lintasterkini

Pelindo IV Resmikan Pelindo Cabang Paotere

Muh Syukri
Muh Syukri

Minggu, 10 Februari 2013 09:28

Pelindo IV Resmikan Pelindo Cabang Paotere

MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV dalam meningkatkan pelayanan kembali menambah dan meresmikan Pelindo IV Cabang Paotere yang sebelumnya berstatus sebagai pelabuhan kawasan.

“Dengan diresmikannya Pelindo IV Cabang Paotere ini diharapkan mampu meningkatkan pelayanan dan menata kegiatan bongkar muat di pelabuhan rakyat ini,” ujar Komisaris Utama PT Pelindo IV Zulkarnain Oeyoeb di Makassar, Jumat.

Ia mengatakan, peresmian Pelindo IV Cabang Paotere yang sebelumnya berstatus kawasan ini menambah jumlah cabang yakni sekitar 20 dan empat kawasan dengan total 24.

Zulkarnain menyebutkan, peningkatan status pelabuhan Paotere menjadi cabang, maka para pengguna jasa juga menyambut baik dan terima kasih kepada manajemen PT Pelindo IV atas perubahan status itu.

Para pengguna jasa mengharapkan kapal-kapal yang ada di pelabuhan rakyat ini tidak perlu berlama-lama karena tentunya peningkatan pelayanan ini memudahkan para pengusaha kapal motor yang melakukan aktivitas bongkar muat.

Direktur Utama PT Pelindo IV Hary Sutanto mengaku peningkatan status ini tidak akan merubah fungsi dari pelabuhan rakyat itu sendiri, dimana fungsi utamanya yakni bongkar muat barang-barang kebutuhan pokok, pupuk, semen dan ternak ke pelabuhan intersuler.

Beberapa pelabuhan yang terintegrasi seperti pelabuhan di Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Kendari, Seram, Wanci, Ternate dan Tolitoli.

“Dari tahun ke tahun, kegiatan bongkar muat barang di pelabuhan Paotere makin meningkat dan ramai dikunjungi masyarakat lokal serta turis manca negara karena keberagaman dan keunikannya serta nilai sejarahnya,” katanya.

Ramainya dikunjungi pelabuhan Paotere ini, lanjut dia, karena keunikan pelabuhan Paotere yang merupakan pelabuhan tradisional dan lokasinya sangat dekat dengan pelabuhan Makassar.

Pelabuhan Paotere sendiri memiliki 11 dermaga dengan panjang yang bervariasi dari panjang 33 hingga 100 meter, enam dermaga disisi timur dan lima dermaga disisi barat dengan luas lahan kurang lebih 15,3 hektare (ha).

Selain itu, ia menyebutkan jika peningkatan status ini sesuai dengan Peraturan Direksi Nomor : PD 50 A Tahun 2012 tentang Perubahan Struktur Organisasi dan Tata Kerja Pelabuhan Cabang Makassar dan Pembentukan Pelabuhan Cabang Paotere, terhitung mulai tanggal 1 Januari 2013 dengan General Manager Cabang paotere Johan Daming. (ant)

 Komentar

 Terbaru

Nasional24 Oktober 2024 20:04
Bakamla RI Intercept China Coast Guard Coba Masuk Kembali ke Wilayah Yurisdiksi Indonesia
Berselang satu hari, Kapal China Coast Guard (CCG) 5402 kembali memasuki wilayah Yurisdiksi Indonesia, tepatnya di Laut Natuna Utara, pada Kamis (24/1...
Pemerintahan24 Oktober 2024 18:12
Bupati Adnan Minta Alat Kelengkapan Dewan Segera Dibentuk
GOWA – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan didampingi Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni, menghadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pimpi...
Pendidikan24 Oktober 2024 18:06
FK Unhas-LUMC Belanda Gelar Research Internship 2024, Fokus Penelitian Infeksi pada Siswa SD di Kota dan Desa
MAKASSAR -Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK UNHAS) kembali menggelar program Research Internship 2024 sebagai bagian dari kerjasama denga...
Pemerintahan24 Oktober 2024 16:30
Pjs Wali Kota Makassar Ucapkan Selamat Kepada Anggota DPRD Baru, Tekankan Amanah dan Tanggung Jawab
MAKASSAR – Pjs Wali Kota Makassar, Andi Arwin Azis, menyampaikan ucapan selamat kepada anggota DPRD Makassar yang baru saja dilantik dalam Rapat...