Logo Lintasterkini

BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Landa Sulsel 12 – 16 Februari 2023

Redaksi
Redaksi

Jumat, 10 Februari 2023 20:28

Ilustrasi.
Ilustrasi.

MAKASSAR – Badan Meteorologi, Klimatoligi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Kota Makassar mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca ekstrem di sejumlah daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel).

BMKG melalui rilisnya, Jumat (10/2/2023), cuaca ekstrem diprediksi akan terjadi pada 12 – 16 Februari 2023.

Sejumlah wilayah di Sulsel akan terdampak, seperti Sulsel bagian barat, yakni Kota Parepare, Kabupaten Pinrang, Barru, Pangkep, Maros, Takalar, dan Kota Makassar.

Sementara, untuk Sulsel bagian tengah wilayah yang akan terdampak, yakni Kabupaten Sidrap, Soppeng, dan Gowa.

Untuk wilayah bagian selatan yang akan terdampak, yakni Kabupaten Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, dan Kepulauan Selayar.

Cuaca ekstrem juga diperkirakan akan melanda Sulsel bagian timur, yakni Kabupaten Bone dan Sinjai. Diprediksi potensi angka kencang akan terjadi di Sulsel bagian barat.

Menurut BMKG, akan terjadinya curah hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat dikarenakan hadirnya Madden Julian Oscillation (MJO) yang berkontribusi dalam oembentukan awan hujan.

BMKG pun menghimbau bagi para pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, dan pohon tumbang.

 Komentar

 Terbaru

News02 Mei 2024 20:24
Tim Surveyor Akreditasi Lafkespri Berkunjung di Klinik Firanum Medika
MAKASSAR – Tim Surveyor Akreditasi Lafkespri berkunjung di Klinik Firanum Medika di Jl Emmy Saelan, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai. Ku...
Pendidikan02 Mei 2024 16:13
PLN Icon Plus Semarakkan Hardiknas 2024 di SMK-SMTI Makassar
MAKASSAR – PLN Icon Plus SBU Regional Sulawesi & IBT memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 dengan menyelenggarakan berbagai kegi...
Pendidikan02 Mei 2024 15:52
20.200 Mahasiswa Baru Unhas Ikuti Seleksi UTBK
MAKASSAR – Dalam rangka seleksi nasional, Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali menggelar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan semangat ...
News02 Mei 2024 13:05
Wali Kota Makassar Apresiasi Implementasi 18 Revolusi Pendidikan
MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto, mengapresiasi konten 18 Revolusi Pendidikan di Makassar yang merupakan ...