Logo Lintasterkini

Belasan Warga di Gowa Dievakuasi Terjebak Banjir

Budi S
Budi S

Rabu, 10 Maret 2021 20:32

Evakuasi Korban Banjir di Gowa
Evakuasi Korban Banjir di Gowa

GOWA – Tidak hanya di Kota Makassar, banjir juga menggenangi sejumlah wilayah di Kabupaten Gowa. Disebabkan cuaca ekstrem. Curah hujan cukup tinggi dua hari belakangan ini.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gowa, banjir terparah salah satunya terjadi di Komplek Perumahan Mutiara Permai, Jalan Yusuf Beuty.

Tinggi air mencapai hingga orang dewasa. Tim BPBD pun tengah mengevakuasi belasan warga yang terjebak banjir di rumahnya.

“Sebanyak 16 warga di perumahan itu telah dievakuasi,” kata Kepala Laksana (Kalak) BPBD Gowa, Ikhsan Parawansa, Rabu (10/03/2021).

Mereka yang dievakuasi itu, sementara diungsikan bersama warga lainnya di masjid terdekat.

“Kami berkoordinasi dengan pemerintah setempat seperti camat dan lurah untuk menyiapkan lokasi atau titik pengungsian dan disediakan di masjid dekat tempat tinggal mereka dan ada beberapa yang dievakuasi di tempat kerabat terdekatnya,” ucap Ikhsan.

Saat ini, BPBD Gowa masih bersiaga. Sebab, banjir juga telah menggenangi pemukiman warga di wilayah Kecamatan Somba Opu dan Pallangga.

Turut serta masyarakat dan organisasi lainnya turun ke lokasi banjir. Seperti Tim SAR, TRC, Pramuka Peduli dan PMI.

“Kami standbykan beberapa peralatan evakuasi, seperti perahu karet 2 buah, perahu fiber 3 buah, dan perahu lipat 2 buah sehingga total 7 buah. Bahkan ada beberapa perahu karet yang dimiliki Pramuka Peduli dan PMI, yang ikut langsung bersama kami agar sewaktu-waktu mendapatkan laporan yang diduga berpotensi maka bisa segera dilakukan evakuasi,” tutup Ikhsan. (*)

Penulis : Syam

 Komentar

 Terbaru

Olahraga19 Mei 2024 13:06
Danny Pomanto Lepas Ribuan Peserta Monas Half Marathon 2024
MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto melepas ribuan Peserta Run The City Makassar LPS Monas Half Marathon 2024, di Tugu MNEK CPI, M...
News19 Mei 2024 11:18
Sulsel Siap Laksanakan Pilkada Serentak 27 November
MAKASSAR – Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Sulsel, Muhammad Rasyid, mewakil Pj Gubernur Sulsel menghadiri sosialisasi penyel...
News19 Mei 2024 09:15
Gerak Cepat, Pj Gubernur Zudan Rapat Terbatas Bersama Kepala OPD
MAKASSAR – Prof Zudan Arif Fakrulloh usai dilantik menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) langsung menggelar rapat terbatas be...
News19 Mei 2024 08:10
Profil Prof Zudan Arif Fakrulloh yang Jabat Pj Gubernur Sulsel
MAKASSAR – Prof Zudan Arif Fakrulloh adalah seorang birokrat Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (S...