Logo Lintasterkini

Sersan Dua Aprilia Manganang, Anggota Kowad yang Kini Jadi Pria Tulen

Muh Syukri
Muh Syukri

Rabu, 10 Maret 2021 11:36

Aprilia Manganang
Aprilia Manganang

JAKARTA – Pancaran kebahagian muncul di raut wajah Sersan Dua Aprilia Santini Manganang. Senyumnya yang manis yang membuat semua orang terpesona memancar tatkala melakukan live conference dengan Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa di Mabes TNI AD Jakarta, Selasa (9/3/2021).

Betapa tidak, ini lah momen yang tidak akan pernah dilupakan seorang prajurit TNI ini. Hari itu menjadi hari yang bersejarah untuk pertama kalinya selama perjalanan hidupnya, Serda Aprilia Manganang bisa memastikan jenis kelaminnya yang sebenarnya.

Aprilia Manganang yang merupakan mantan atlet bola voli putri tim nasional Indonesia itu pun kini dinyatakan sebagai pria. Itu juga disampaikan komandan tertinggi TNI Angkatan Darat, Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa di Mabes TNI AD Jakarta.

Jadi selama 29 tahun, Serda Aprilia Manganang mengira dirinya adalah seorang wanita. Padahal sebenarnya dia merupakan seorang laki-laki tulen. Namun, pria kelahiran Tahuna itu kurang beruntung, karena ternyata dia menderita kelainan sehingga tak mengetahui jenis kelaminnya yang sesungguhnya.

“Untuk diketahui Aprilia Manganang ini tidak seberuntung kita semua. Jadi saat dilahirkan anak ini memiliki kelainan pada sistem reproduksinya. Dalam terminologi kesehatan disebut Hipospadias,” kata Jenderal TNI Andika.

Dijelaskan Jenderal TNI Andika, prajurit TNI AD itu bukan satu-satunya orang di dunia ini yang mengalami kelainan Hipospadias. Tapi jumlahnya cukup banyak.

“Menurut data saat ini, di setiap 250 bayi laki-laki yang lahir itu ada satu yang mengalami kelainan Hipospadia, atau empat orang perseribu bayi laki-laki yang lahir,” kata Jenderal TNI Andika.

Walau banyak kasus serupa dengan Serda Aprilia Manganang. Hanya saja kata Jenderal TNI Andika, hanya sekitar sepuluh persen saja yang masuk kategori Hipospadias serius.

“Anak ini dilahirkan dengan kelainan sistem reproduksinya dan kebetulan masuk dalam kategori 10 persen yang kasusnya serius,” ucap Jenderal TNI Andika.

Lalu bagaimana respons Serda Aprilia Manganang setelah mengetahui dirinya adalah seorang laki-laki sejati?.

Ternyata Serda Aprilia Manganang mengaku sangat bahagia atas kenyataan yang telah terungkap itu. Menurutnya peristiwa bersejarah ini sudah dinantinya sejak lama.

“Ini momen yang sangat saya tunggu Bapak, ini momen yang saya nanti-nanti selama ini. Saya sangat bahagia, selama puluhan tahun akhirnya keinginan saya tahun ini bisa terkabul. Terima kasih Bapak KSAD, terima kasih para dokter yang telah membantu Saya,” katanya. (*)

 Komentar

 Terbaru

News29 Maret 2024 14:09
Lurah Tamparang Keke Lantik dan Kukuhkan Pengurus Karang Taruna
MAKASSAR – Pengurus Karang Taruna Kelurahan Tamparang Keke, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar, periode 2024-2028 resmi dibentuk dan dikukuhkan d...
Hukum & Kriminal29 Maret 2024 09:47
Polsek Rappocini Bubarkan Pesta Miras dan Judi, Lima Diamankan
MAKASSAR – Bukannya menjadikan bulan Ramadhan ajang mendapatkan pahala, sejumlah pemuda di Makassar Sulawesi Selatan (Sulsel) malah melakukan pe...
News29 Maret 2024 05:09
Banjir Bandang Terjadi di Kota Palopo, Ketinggian Air 1,5 Meter
PALOPO – Akibat air bah dari hulu Sungai Latuppa menyebabkan banjir kembali menimpa sejumlah wilayah di Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), ...
News29 Maret 2024 02:16
Astra Motor Sulsel Resmi Kenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: PLUS
MAKASSAR – Astra Motor Sulawesi Selatan main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi m...