Logo Lintasterkini

Gasak 1,7 Kg Emas di Papua, Enak-emak Komplotan Hipnotis Dibekuk di Makassar

Muh Syukri
Muh Syukri

Minggu, 10 Maret 2024 22:19

Dua emak-emak pelaku hipnotis saat diamankan aparat kepolisian
Dua emak-emak pelaku hipnotis saat diamankan aparat kepolisian

MAKASSAR – Dua emak-emak komplotan pelaku hipnotis yang beraksi di Papua, berhasil dibekuk di Kota Makassar oleh tim Jatanras Polrestabes Makassar. Aksi pelaku ini terekam CCTV dan berhasil membawa kabur perhiasan emas seberat 1,7 kilogram.

Informasi yang dihimpun, rekaman kamera pengawas CCTV berdurasi 58 detik, merekam aksi emak-emak komplotan hipnotis saat mengkelabui pemilik tokoh emas. Keduanya akhirnya membawa kabur perhiasan emas seberat 1,7 kilogram, di sebuah tokoh emas di Papua, pada 20 Februari 2024 lalu.

Dalam rekaman CCTV, nampak dua orang emak-emak meminta kepada pemilik tokoh emas untuk meperlihatkan emas yang berada di etalase. Sembari melihat, dua emak-emak tersebut melakukan aksinya dengan menghipnotis pemilik tokoh dan menggasak perhiasan seberat 1,7 kilogram yang bernilai sekitar Rp 2 miliar.

Berdasarkan rekaman CCTV, tim Jatanras Polres Pelabuhan bersama dengan Polda Papua, melakukan penangkapan di rumah pelaku yang berada di kabupaten Gowa Sulawesi Selatan, Sabtu (9/3/2024) dini hari.

Dua pelaku bernama Hasriani dan Herlina yang notabane seorang ibu rumah tangga tidak berkutip dan shock, saat tim kepolisian mengepung dan menangkap mereka di rumahnya.

Mereka awalnya mengelak, namun setalah di perlihatkan rekaman CCTV, dirinya pun pasrah dan mengakui perbuatannya.

“Berdasarkan interogasi, dua pelaku ini merupakan resedivis dan kompolotan emak emak hipnotis, yang sudah berulang kali melakukan aksi serupa di kabupaten Maros, dan wilayah Kalimantan. Mereka melakukan berkelompok berjumlah empat orang, dua diantaranya sudah diamankan oleh Polda Kalimantan Timur,” ujar Dantim Jatanras Polrestabes Makassar, Aiptu Kemal.

Sementara itu, dari hasil perbuatannya dua pelaku masing-masing hanya mendapatkan Rp 5 juta. Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua pelaku komplotan hipnotis langsung di terbangkan ke Polda Papua. (*)

 

 Komentar

 Terbaru

Pemerintahan12 April 2024 16:17
Open House Idul Fitri Pemkab Gowa Tingkatkan Silaturahmi Masyarakat dan Pemerintah
GOWA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa kembali menggelar open house dalam rangka Idul Fitri 1445 Hijriah. Dimana kegiatan ini terakhir dilaks...
Politik12 April 2024 14:43
Menguat Kabar Istrinya Dampingi ASS Di Pilkada Gubernur, Begini Klarifikasi RMS
PINRANG — kabar yang beredar dan semakin menguat akan figur Fatmawati Rusdi yang bakal mendampingi Bakal Calon (Balon) petahana Gubernur Sulsel ...
News12 April 2024 10:10
Kepala Daerah Se-Sulsel Hadiri Open House Lebaran Pj Gubernur Bahtiar
MAKASSAR – Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, berharap agar kepala daerah se-Sulsel senantiasa menjaga silaturahmi dan kekompakan demi kesu...
Peristiwa11 April 2024 22:41
Terlibat Laka Lantas, Karyawan Indomaret Di Pinrang Dikabarkan Meninggal Dunia Di TKP
PINRANG — Kecelakaan tragis yang melibatkan seorang pengendara motor terjadi di kampung Ongkoe Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang, Kamis sore...