Logo Lintasterkini

Heboh Kawin Tangkap di NTT, Pelakunya Sudah Ditangkap

Muh Syukri
Muh Syukri

Minggu, 10 September 2023 15:16

Tangkapan lauyar kawin tangkap yang heboh
Tangkapan lauyar kawin tangkap yang heboh

KUPANG – Heboh peristiwa kawin tangkap di Waimangura Kabupaten Sumba Barat Daya viral di media sosial. Peristiwa yang terjadi pada Kamis (7/9/2023) sekira pukul 10.00 Wita itu pun sampai ke ranah hukum.

Viralnya video kawin tangkap itu langsung ditindaklanjuti dengan cepat oleh polres setempat. Tim gabungan berhasil amankan sejumlah pihak yang terlibat.

Kapolres Sumba Barat Daya AKBP Sigit Harimbawan mengatakan para terduga pelaku ditangkap di Kampung Erunaga Desa Wee Kura, Kecamatan Kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Adapun empat terduga pelaku yang ditangkap itu masing masing berinisial YT (20) yang hendak dikawinkan, LP (50) yang merupakan ayah YT, juru bicara (45), dan sopir kendaraan pikap, HT (25).

Polisi juga menemukan korban dalam keadaan sehat.

Kapolres Sigit Harimbawan mengatakan, pelaku mengaku dia dan korban saling mengenal satu sama lain.

Sementara terkait motif pelaku melakukan aksi kawin tangkap adalah untuk mengajak korban menikah dan tidak ada motif lain.

Kasat Reskrim Polres SBD, Iptu Rio Panggabean menambahkan, berdasarkan keterangan korban, dia dan pelaku tidak memiliki hubungan pacaran. Mereka pun disebutnya baru satu kali bertemu.

Adapun kasus kawin tangkap tersebut merupakan yang pertama pada tahun 2023. “Kasus kawin tangkap terkahir terjadi pada 2021. Pada 2022-2023 baru ini saja,” sebut Iptu Rio Panggabean.

Kronologi Kawin Tangkap

Sebelumnya, Kapolsek Wewewa Barat Bernandus Kandi mengungkapkan kronologi kejadian kawin tangkap di Desa Waimangura, Kabupaten Sumba Barat Daya pada Kamis 7 September 2023 siang.

Pelaku teridentifikasi bernama Yohanis Bili Tanggu, warga Desa Wekura, Kecamatan Wewewa Barat.

Sedangkan wanita yang menjadi korban adalah Dinasiana Malo, warga Kelurahan Weetabula, Kecamatan Kota Tambolaka.

“Keduanya tidak memiliki hubungan pacaran,” ujar Kapolsek Bernandus.

“Hanya saja, pelaku Yohanis Bili Tanggu mengaku pernah sekali datang ke rumah Dinasiana Malo di Kampung Belakang, Kelurahan Weetabula, beberapa waktu silam,” tambahnya.

Menurut Bernandus Kandi, korban Dinasiana Malo hendak pergi ke rumah neneknya di Kecamatan Wewewa Barat. Korban bersama anggota keluarganya, menggunakan sepeda motor.

Saat tiba di simpang Desa Waimangura, Kecamatan Wewewa Barat, sepeda motor tersebut berhenti karena ada anggota keluarganya mau membeli rokok di kios yang ada dipinggir jalan raya.

Sementara korban Dinasiana Malo menunggu di tepi jalan raya.

“Tiba-tiba saja datang sejumlah orang menangkapnya, lalu menaikannya ke mobil pikap yang sudah disiapkan para pelaku di pinggir jalan raya,” terang Bernandus Kandi.

Menurutnya, korban Dinasiana sempat berteriak meminta tolong.

“Namun kalah cepat dengan mobil pikap yang membawanya pergi,” katanya. (*)

 Komentar

 Terbaru

Nasional24 Oktober 2024 20:04
Bakamla RI Intercept China Coast Guard Coba Masuk Kembali ke Wilayah Yurisdiksi Indonesia
Berselang satu hari, Kapal China Coast Guard (CCG) 5402 kembali memasuki wilayah Yurisdiksi Indonesia, tepatnya di Laut Natuna Utara, pada Kamis (24/1...
Pemerintahan24 Oktober 2024 18:12
Bupati Adnan Minta Alat Kelengkapan Dewan Segera Dibentuk
GOWA – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan didampingi Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni, menghadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pimpi...
Pendidikan24 Oktober 2024 18:06
FK Unhas-LUMC Belanda Gelar Research Internship 2024, Fokus Penelitian Infeksi pada Siswa SD di Kota dan Desa
MAKASSAR -Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK UNHAS) kembali menggelar program Research Internship 2024 sebagai bagian dari kerjasama denga...
Pemerintahan24 Oktober 2024 16:30
Pjs Wali Kota Makassar Ucapkan Selamat Kepada Anggota DPRD Baru, Tekankan Amanah dan Tanggung Jawab
MAKASSAR – Pjs Wali Kota Makassar, Andi Arwin Azis, menyampaikan ucapan selamat kepada anggota DPRD Makassar yang baru saja dilantik dalam Rapat...