Logo Lintasterkini

IPW Minta Kapolri Evaluasi Kabareskrim

Muh Syukri
Muh Syukri

Rabu, 10 Oktober 2012 09:47

ilustrasi
ilustrasi

ilustrasi

JAKARTA – Instruksi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terkait polemik antarlembaga penegak hukum, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kepolisian RI harus dilakukan. Pidato Presiden SBY tersebut telah mempermalukan institusi Polri.

“Perintah Presiden dalam menuntaskan kasus simulator SIM merupakan pukulan telak bagi Polri, khususnya elite-elite Polri. Keputusan tersebut jelas-jelas mempermalukan posisi Kabareskrim yang selama ini cenderung ngotot mempertahankan penanganan kasus simulator SIM,” ujar Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane, Rabu (10/10/2012).

Neta menjelaskan, secara tersirat keputusan itu sama artinya menelanjangi Kabareskrim Polri. Dengan adanya keputusan Presiden ini sudah saatnya Kapolri mengevaluasi jabatan Kabareskrim dan segera menyerahkan seluruh penanganan kasus simulator SIM ke KPK, termasuk para tersangka yang ditahannya.

“Selain itu berdasarkan perintah Presiden, Kapolri harus segera mengusut perwira polisi yang memerintahkan penyerbuan ke kantor KPK untuk menangkap Kompol Novel Baswedan.

“Untuk kemudian mencopot jabatan perwira tersebut dan memerintahkan Propam memeriksanya. Sebab, Presiden menilai tindakan tersebut tidak tepat. IPW memberi apresiasi pada sikap tegas Presiden dalam menyelesaikan konflik KPK-Polri dalam menangani kasus simulator SIM,” paparnya.

Dengan adanya keputusan Presiden, lanjut Neta, IPW berharap konflik KPK-polri segera diakhiri sehingga pemberantasan korupsi, terutama di Polri dapat dilakukan KPK dengan maksimal. (crl/okz)

 Komentar

 Terbaru

Gaya Hidup29 Mei 2024 11:05
Tipe-tipe Rekan Kerja yang Beragam, Mesti Hati-hati!
LintasTerkini.com – Di lingkungan kerja, kita akan bertemu dengan berbagai macam tipe rekan kerja. Setiap individu membawa kepribadian, kebiasaa...
News29 Mei 2024 09:15
Pengukuhan Guru Besar UINAM, Rektor Hamdan Juhannis: Prof. Zudan Pemimpin Visioner
GOWA – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof. Zudan Arif Fakrulloh, menghadiri pengukuhan tiga guru besar Universitas Islam Neg...
News29 Mei 2024 08:10
Ninuk Triyanti Zudan Resmi Dilantik Jadi Pj Ketua PKK Sulsel
JAKARTA – Ninuk Triyanti Zudan resmi dilantik sebagai Pj Ketua TP PKK Sulsel oleh Ketua Umum TP PKK, Tri Tito Karnavian, di Sasana Bhakti Praja ...
Pemerintahan28 Mei 2024 23:51
Pemkab Banggai Kagumi Inovasi Smart City di War Room Makassar
MAKASSAR – Bupati Kabupaten Banggai, Amirudin Tamoreka, melakukan kunjungan ke War Room Pemerintah Kota Makassar untuk mempelajari penerapan kon...