Logo Lintasterkini

Menpora Minta Ketum Baru Benahi PSSI

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Kamis, 10 November 2016 15:05

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.
Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.

LINTASTERKINI.COM – Setelah sempat tertunda, akhirnya PSSI menggelar kongres untuk mencari ketua umum yang baru hari ini, Kamis (10/11/2016). Menanggapi hal tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengungkapkan harapannya terhadap ketum baru asosiasi sepak bola Indonesia kelak.

Imam mengharapkan Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan Komite Eksekutif yang terpilih dalam Kongres PSSI dapat konsisten menjalankan dan mengawal regulasi terkait cabang sepak bola di Indonesia. Ketua dan pengurus baru  PSSI hasil kongres diharapkan harus melakukan perubahan besar dalam konteks regulasi sekaligus mengawal terhadap konsistensi pelaksanaan regulasi itu.

Menpora mengatakan Kongres PSSI yang berlangsung di Ancol, Jakarta, hari ini menjadi momentum bagi seluruh pemangku kepentingan sepak bola untuk melakukan proses pemilihan yang selektif, terbuka, dan jujur demi masa depan cabang olahraga populer di Indonesia itu.

“Semangat yang muncul semestinya semangat yang reformatif dan tidak boleh setengah-setengah. Berikutnya, pembagian tugas antara pembuat aturan, federasi, dan operator harus betul-betul jelas. Bagaimana sanksi itu benar-benar diterapkan secara konsekuen ketika ada pemangku kepentingan sepak bola yang melanggar,” ujar Imam.

Menpora juga mengharapkan pemimpin-pemimpin PSSI dapat memberantas pengaturan skor yang ada dalam pertandingan-pertandingan sepak bola di Indonesia. Hal yang juga penting adalah bagaimana melibatkan suporter dalam pengelolaan klub. Saham 10 persen, menurut saya, kata Imam, sesuatu yang sangat mudah untuk menjadi pilihan pelibatan suporter sehingga mereka dapat dibina.

Pelibatan dan pembinaan para suporter sepak bola oleh klub, lanjut Imam, akan mengurangi kerusuhan dan konflik antar-suporter yang menimbulkan korban. Ia berharap kasus sepak bola ketika ada Jakmania yang meninggal itu menjadi kejadian terakhir perang antarsuporter. Hal itu harus menjadi perhatian PSSI bersama klub.

“Ketika ada sanksi, klub juga mendapatkan sanki dan bukan hanya para suporternya. Sanksi itu juga harus ditegakkan oleh federasi,” ujar Menpora.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PSSI Azwan Karim mengatakan pemilihan Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan 12 Anggota Komite Eksekutif akan menjadi agenda ke-17 dari 19 agenda dalam Kongres PSSI di Jakarta. Lebih jauh Imam berharap, ingin banyak pihak memantau pemilihan dalam kongres PSSI ini. Jadi, semuanya termasuk media bisa mengkontrol secara langsung sistem pemilihannya.

Kongres PSSI ini diikuti 107 pemilik suara yang terdiri dari perwakilan klub Indonesia Super League (ISL), Divisi Utama, Liga Nusantara hingga beberapa asosiasi. (*)

(Sumber : Antara)

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis18 April 2024 11:29
Kalla Toyota Luncurkan Emergency Support di Aplikasi Kallafriends, Dapat Diakses Dimana Saja
MAKASSAR – Untuk memberi kemudahan kepada pelanggan dalam kondisi darurat, Kalla Toyota luncurkan emergency support di aplikasi Kallafriends. Me...
Pendidikan18 April 2024 10:50
Ide Gagasan paling Rasional, Ivan Kalalembang Didukung Sejumlah Angkatan 
MAKASSAR – Calon Ketua IKA SMA Negeri 8 Makassar (Smandel) Ivan Kalalembang telah mendapatkan dukungan sejumlah angkatan. Dengan demikian dipast...
Hukum & Kriminal18 April 2024 10:40
Polres Sidrap Bekuk TO Kasus Pencurian dengan Pemberatan
SIDRAP – Tim Resmob Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Sidrap berhasil mengungkap kasus pencurian dengan pemberatan yang terjadi di dua lo...
News18 April 2024 07:36
Halal Bihalal IKA SMANSA 81 Momentum Lepas Rindu Sesama Alumni
MAKASSAR – Alumni SMAN 1 Makassar berkumpul dan melepas rindu di kediaman pribadi Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto Jalan Amirullah, Rabu (...