Logo Lintasterkini

Gelar Sosialisasi, Bawaslu Gowa Ingatkan ASN Jaga Netralitas Dalam Pilkada

Supriadi Lintas Terkini
Supriadi Lintas Terkini

Selasa, 11 Februari 2020 00:07

Bawaslu Gowa gelar sosialisasi Netralitas ASN.
Bawaslu Gowa gelar sosialisasi Netralitas ASN.

GOWA–Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gowa tak henti-hentinya untuk terus berupaya memassifkan pencegahan pelanggaran Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020 dengan menggelar sosialisasi Netralitas ASN di Baruga Tinggimae, Kabupaten Gowa, Senin (10/02/2020).

Ketua Bawaslu Kabupaten Gowa, Samsuar Saleh mengatakan Bawaslu diamanahkan untuk mengawal pilkada baik menjelang maupun saat pelaksanaan pemilihan. Sehingga, kata Samsuar, pihaknya akan menggunakan kewenangan tersebut sesuai Undang-undang tentang pemilu dan pilkada yang diamanahkan untuk menjalankan tugasnya, khususnya dalam melakukan pencegahan terjadinya pelanggaran.

“Tugas utama kami adalah melakukan pencegahan agar tidak ada pelanggaran, jika ada pelanggaran maka dilakukan penindakan. Namun kami berharap itu tidak akan terjadi di Kabupaten Gowa,” kata Samsuar saat memberi sambutan dihadapan para ASN Pemkab Gowa.

Tak hanya itu, Samsuar juga membeberkan, dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah Kabupaten Gowa beberapa tahun belakangan ini selalu menjadi sorotan nasional. Namun pemilihan kemarin Gowa berhasil keluar dari zona merah dan beralih ke zona hijau.

“Jadi intinya hal ini dilakukan agar pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dapat berjalan dengan baik, dan tentunya kami sebagai lembaga yang melakukan pengawasan pada pemilihan dan pemilu, wajib melakukan upaya dan langkah-langkah pencegahan, sebelum melakukan penindakan,” terang Samsuar.

Ditempat yang sama, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan bahwa Pilkada damai di kabupaten Gowa merupakan tanggung jawab kita bersama bukan hanya tugas Penyelenggara.

“Kesuksesan menjalankan Pilkada yang damai sudah menjadi tanggungjawab bersama dan saat ini Gowa sudah berada pada zona hijau keluar dari zona merah,” ungkap Adnan saat membuka Sosialisasi Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pilkada yang diselenggarakan oleh Bawaslu Gowa.

Lebih jauh, orang nomor satu di Kabupaten Gowa itu juga menegaskan agar Aparatur Sipil Negera (ASN) lingkup Pemkab Gowa bersikap netral dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang digelar Septermber mendatang.

“Diharapkan para ASN memperhatikan rambu-rambu mana yang bisa dan tidak bisa dilakukan oleh ASN jelang pilkada ini, agar Gowa bisa menjadi percontohan dalam pelaksanaan Pilkada 2020,” ujar Adnan.

“Meskipun ASN memiliki hak suara dan bertanggungjawab untuk menaikkan partisipasi Pemilih, namun tetap di batasi dengan segala aturan yang berlaku,” Imbuhnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Plt Ketua DKPP Prof Muhammad, Pimpinan Bawaslu Sulsel Kordiv Penindakan, Azry Yusuf, dan Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Prof Dr Anwar Borahima, para peserta pimpinan SKPD se-Kabupaten Gowa dan Camat se- Kabupaten Gowa serta para perwakilan Aparat TNI-Polri. (*)

Penulis : Supe Tampan

 Komentar

 Terbaru

News06 Februari 2023 10:13
Prakiraan BMKG, Cuaca Ekstrem Landa Sulsel Sepekan ke Depan
JAKARTA– Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca ekstrem akan melanda sejumlah wilayah di Provinsi Sulawesi Selat...
News06 Februari 2023 09:33
Patut Dicontoh, Kapolres Soppeng Bersama Komunitas Gotong Royong Bersihkan Masjid
SOPPENG – Kapolres Soppeng, AKBP Muhammad Yusuf Usman, bersama Komunitas Bersih-bersih Masjid Soppeng melaksanakan gotong royong di Masjid Nurul...
News06 Februari 2023 08:13
Pasar Terong Makassar Terbakar, 24 Kios Ludes
MAKASSAR – Pasar Terong, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, terbakar pada Minggu (5/2/2023) malam sekitar pukul 21.00 Wita. Sedikitnya 24 kios lud...
Wisata dan Budaya05 Februari 2023 13:31
Mau Healing, Coba ke Taman Batu Karst Balocci
PANGKEP – Pusing mau kemana untuk healing atau sekadar jalan-jalan? Mungkin tempat ini bisa jadi salah satu pilihan untuk kalian. Apalagi, jika ...