Dirlantas: Ops Keselamatan Pallawa 2024 Lancar, Laka Lantas Turun H+7

Dirlantas: Ops Keselamatan Pallawa 2024 Lancar, Laka Lantas Turun H+7

MAKASSAR – Operasi Keselamatan Pallawa-2024 esok akan memasuki hari kedelapan ini menandai setengah dari pelaksanaan operasi sudah dilaksanakan dari rencana pelaksanaan selama 14 hari atau sampai dengan 17 Maret 2024.

Selama tujuh hari pelaksanaan operasi, beberapa catatan dapat dirangkum dari Dirlantas Polda Sulsel Kombes Pol Dr I Made Agus Prasatya, S.I.K., M.H. yang bertindak sebagai Kepala Operasi Tk Polda (Kaopsda) dalam Operasi Keselamatan Pallawa-2024 yang dilaksanakan Polda Sulsel dan jajarannya.

“Tujuh hari pelaksanaan operasi, situasi Kamseltibcar Lantas di wilayah Polda Sulsel dalam keadaan terkendali,” ucap Dirlantas Polda Sulsel, Minggu (10/03/2024).

“Sesuai dengan target operasi yakni meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, menurunnya angka fatalitas korban laka lantas dan pelanggaran lalu lintas, cukup berhasil sampai sejauh ini,”kata Kombes Pol Dr. I Made Agus Prasatya, S.I.K., M.H.

Sampai dengan perhari ini, kata I Made jika dibandingkan dengan periode tanggal yang sama di tahun 2023 secara kuantitas jumlah laka lantas dapat kita tekan sebanyak 59% atau turun dari 145 kasus menjadi 59 kasus.

Sedangkan untuk fatalitas korban meninggal dunia (MD) turun 59% dari 27 meninggal dunia menjadi 11 jiwa dan korban luka berat dari 9 orang menjadi nihil di tujuh hari pelaksanaan operasi ini.

Catatan lain ikut dibeberkan Kombes Pol Dr I Made Agus Prastya, S.I.K., M.Hum bahwa selama pelaksanaan operasi, kinerja ETLE juga telah merekam sebanyak 188.466 pelanggaran yang tersebar di Kabupaten/Kota yang ada di wilayah hukum Polda Sulsel.

Diantara pelanggaran tersebut ada satu pelanggaran yang sempat menarik perhatian banyak netizen atau viral yakni aksi freestyle liar di Jl. AP. Pettarani namun berkat bantuan dari kamera ETLE akhirnya dapat kita tindak pelanggarnya.

Optimalisasi penegakan hukum (Gakkum) melalui ETLE dan tindakan teguran ini sesuai dengan petunjuk operasi dan telah disampaikan ke jajaran agar dimaksimalkan.

Untuk teguran terhadap pelanggaran yang diluar prioritas penindakan dalam operasi ini telah lakukan sebanyak 4018 tindakan kepada pelanggar.

Menurut Kombes Pol Dr. I Made Agus Prasatya, S.I.K., M.Hum., capaian sementara keberhasilan pelaksanaan operasi keselamatan Pallawa-2024 ini tentunya tidak terlepas dari peran serta masyarakat dan para Kasatlantas jajaran yang telah sungguh-sungguh menjalankan tugas sesuai arahan pimpinan.

Jadi pelaksanaan operasi keselamatan Pallawa-2024 ini, juga menunjukkan tren positif jika dibandingkan dengan operasi yang sama di Tahun 2023, baik secara kuantitas maupun kualitas.

“Dengan mengedepankan kegiatan preemtif yang masif dilaksanakan baik penyuluhan secara langsung atau melalui media cetak dan elektronik khususnya media sosial serta kegiatan preventif melalui pengaturan, penjagaan dan patroli, dapat kita lihat hasilnya dari capaian target dengan menurunnya kecelakaan lalu lintas baik secara kualitas maupun kuantitas. Pungkas Dirlantas Polda Sulsel,”tutupnya. (***)