Logo Lintasterkini

5 Penyebab Terjadinya Kebakaran Versi Damkar Makassar

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Jumat, 11 Juni 2021 13:54

5 Penyebab Terjadinya Kebakaran Versi Damkar Makassar

MAKASSAR — Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar membeberkan penyebab-penyebab terjadinya kebakaran. Tercatat ada lima penyebab utama.

Hal tersebut dibeberkan pada Warkop Morning 65 alias Warning 65 Damkar Makassar di Warkop Turatea, Jalan Haji Bau, Kecamatan Ujung Pandang, Jumat (11/6/2021).

Kabid Pencegahan dan Pengawasan Damkar Makassar, Alamsyah mengatakan, penyebab pertama terjadinya kebakaran dikarenakan masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui apa itu kebakaran.

Hal inilah yang membuat banyak masyarakat tidak peduli dengan potensi-potensi kebakaran. Sehingga baru menyadari ketika sudah telanjur terbakar.

Kedua, penyebab kebakaran terjadi karena masih banyak masyarakat tidak mengetahui cara memadamkan api. Misalnya saat kebakaran akibat arus pendek listrik.

“Kadang ada kebakaran listrik disiram pakai air. Tentu dia akan tambah besar apinya. Karena listrik itu mengandung api,” kata Alamsyah.

Ketiga, penyebab kebakaran dikarenakan faktor kelalaian. Faktor ini yang paling sering terjadi. Baik terjadi di gedung-gedung besar, kecil, maupun pemukiman warga. Diremehkan.

“Misalnya kita merokok tidak dimatikn dulu tinggal disentil itu bisa terjadi kebakaran. Contohnya juga cas handphone yang masih tercolok di listrik,” paparnya.

Faktor keempat, lanjut Alamsyah, kebakaran sering terjadi karena lambatnya penanganan. Salah satunya disebabkan oleh akses jalan yang sempit. Menyulitkan petugas menjangkau titik api.

“Yang kelima kebakaran krena disengaja. Ada juga itu yang disengaja. Misalnya menbakar sampah dan lain-lain,” sambungnya.

Sementara itu, Plt Kadis Damkar, Hasanuddin mengatakan, pihaknya terus melakukan edukasi kepada masyarakat terkait pencegahan kebakaran. Sebab, dampak kebakaran akan cukup besar bila terlambat ditangani.

“Kita di Damkar tentu tidak hanya memadamkan api. Kita juga melakukan pencegahan. Salah satunya dengan melakukan edukasi,” sebutnya.

Apalagi, kata dia, kebakaran bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Makanya, dia berharap masyarakat juga bisa mengantisipasi dengan mengetahui penyebab-penyebab terjadinya kebakaran.

Bila terjadi kebakaran, masyarakat diharap bisa segerao melaporkannya. Bisa melalui nomor pelayanan dan aduan di nomor ponsel 0811410113.(*)

 Komentar

 Terbaru

News15 Juni 2021 17:39
Sahruddin Said: 2020 Lalu Ada Operator PPDB Masukkan Data Fiktif
MAKASSAR — Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Makassar tahun ini mendapat perhatian khusus dari legislator. Termasuk potensi permaian yang terjadi...
Advetorial15 Juni 2021 16:32
Pengumuman: Kantor PD BPR KMUP Pindah dari Jalan Gunung Bawakaraeng ke Pusat Niaga Daya
MAKASSAR — Kantor PD Bank Perkreditan Rakyat (BPR) KMUP kini berpindah ke Pusat Niaga Daya Blok F 5 B/10. Dari sebelumnya berada di Jalan Gunung Baw...
Hukum & Kriminal15 Juni 2021 16:04
Pelaku Pembunuhan dan Pembakaran Pria di Maros Diduga Sindikat Penjualan Anak di Bawah Umur
MAROS– Jajaran Polres Maros diback up Resmob Polda Sulsel akhirnya berhasil menangkap dua pelaku pembunuhan dan pembakaran mayat di Bukit Kemi...
News15 Juni 2021 15:15
Viral Pegawai Masak BBQ di Kantor Kecamatan, Camat Rappocini Makassar: Itu Jam Istirahat
MAKASSAR — Sebuah foto yang menampilkan pegawai sedang memasak BBQ di Kantor Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, viral di media sosial (medsos). Dal...