Logo Lintasterkini

Kilang Minyak Cilacap Terbakar Hebat, Ini Penjelasan Pertamina

Maulana Karim
Maulana Karim

Jumat, 11 Juni 2021 23:20

Kilang Minyak Cilacap Jawa Tengah Terbakar. (Istimewa).
Kilang Minyak Cilacap Jawa Tengah Terbakar. (Istimewa).

JAKARTA– Kebakaran hebat terjadi di Kilang minyak Cilacap Jawa Tengah pada Jumat (11/6/2021) malam sekitar pukul 20.00 WIB.

Informasi yang beredar, kebakaran itu terjadi di area unit RFFC Pertamian RU IV Cilacap. Diduga, tangki itu terbakar setelah tersambar petir.

Area Manager Communication, Relations, & CSR RU IV Cilacap – Sub Holding Refining & Petrochemical Pertamina, Hatim Ilwan mengatakan, bahwa salah satu tangki yang berisi benzene di area kilang itu terbakar. Ia juga belum bisa memastikan terkait penyebab kebakaran tersebut.

“Kebakaran tangki di area Kilang Cilacap, Jawa Tengah ini terjadi pada pukul 19.45 WIB dan penyebab kebakaran masih belum diketahui,” ujar Hatim Ilwan dalam keterangannya, Jumat (11/6/2021).

Ia menyabut, pihaknya berhasil mengendalikan kebakaran tersebut. Namun, saat ini masih terus dilakukan upaya pemadaman sisa api di area bundwall.

Selain itu, Pertamina juga masih melakukan upaya pendinginan untuk mencegah api timbul kembali.

Hatim mengatakan, pemadaman api dilakukan menggunakan penyemprotan foam ke arah titik api. Sebanyak 50 tenaga pemadam diturunkan untuk menangani kebakaran.

Sebelumnya beredar di media sosial, sejumlah warganet mengunggah detik-detik kilang minyak Cilacap terbakar.

Dalam video itu, terlihat kobaran api yang membumbung di udara. Sementara sang perekam tidak bisa berbuat apa-apa.

“Allahu Akbar…Allahu Akbar…Allahu Akbar,” pekik sang perekam.(*)

Penulis : Mul

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal24 Juni 2021 17:52
Fakta Baru Kasus Nurdin Abdullah, Nama Kakak Plt Gubernur Sulsel Diseret
MAKASSAR — Mantan Kepala Biro Pembangunan dan ULP Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Jumras, dihadirkan sebagai saksi persidangan atas terdakwa A...
News24 Juni 2021 17:05
Coba Kabur usai Ditangkap, Curanmor di Jeneponto Ditembak Polisi
JENEPONTO– Jajaran Resmob Polres Jeneponto menangkap seorang terduga pelaku pencurian motor (curanmor) bernama, Matto. Pria 28 tahun itu merupak...
News24 Juni 2021 16:06
Wali Kota Makassar Wacanakan Double Screening di Bandara dan Pelabuhan
MAKASSAR — Double screening alias pengecekan ganda akan diterapkan di pintu masuk Kota Makassar. Khususnya arus masuk dari bandara dan pelabuhan. Wa...
News24 Juni 2021 15:28
Ahli Epidemiologi Sarankan Sulsel Pertimbangkan Opsi PSBB
MAKASSAR — Ahli Epidemiologi Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Ridwan Aminuddin meminta pemerintah mempertimbangkan opsi Pemabatasan Sosial Bersk...