Logo Lintasterkini

Diduga Kompor Meleduk, 95 Rumah Terbakar di Makassar

Andi
Andi

Rabu, 11 Agustus 2021 14:34

Kebakaran terjadi di Jalan Kompleks Lepping, Kelurahan Jongaya, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Rabu (11/8/2021).
Kebakaran terjadi di Jalan Kompleks Lepping, Kelurahan Jongaya, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Rabu (11/8/2021).

MAKASSAR — Kebakaran hebat terjadi di permukiman padat penduduk, Jalan Kompleks Lepping, Kelurahan Jongaya, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Rabu (11/8/2021). Sebanyak 95 rumah hangus terbakar.

Dugaan sementara, kebakaran tersebut terjadi akibat kompor meleduk dari salah satu rumah warga. Api diperkirakan mulai menyambar rumah warga pada pukul 10.00 Wita.

Dalam kejadian ini, kurang lebih 22 armada pemadam kebakaran (damkar) dikerahkan untuk menjinakkan api. Armada tersebut dilaporkan delapan kali bolak-balik untuk mengambil stok air.

Plt Kepala Dinas Damkar Makassar, Hasanuddin mengatakan, kebakaran terjadi di lokasi padat penduduk. Makanya, api dengan cepat menyambar rumah-rumah lain di sekitarnya.

“Kita turunkan 95 personel untuk memadamkan api. Ada 95 atap (terbakar). Karena padat penduduk makanya cepat sekali menyambar rumah-rumah lain,” kata dia, kepada awak media.

Ia menuturkan, penyebab kebakaran ini akibat kompor meleduk. Salah seorang warga diduga sedang memasak lalu meninggalkannya. Sehingga tanpa sadar api sudah menyambar rumahnya.

“Api kita kuasai sekitar pukul 12.30 Wita. Dalam kebakaran ini untuk sementara kita tidak temukan korban jiwa,” pungkasnya.

Sebelumnya, seorang warga bernama Samsia (23) mengaku sempat memasak saat kebakaran itu. Ia mengaku, api diduga berasal dari rumah Daeng Nipa.

“Waktu itu, sementara memesakki dan keluar cerita. Tidak lama kemudian karena asyik cerita, saya sampaikan bahwa lihat masakanmu karena ada bau gosong,” ujar Samsia.

Selanjutnya, Daeng Nipa tidak langsung pergi memadamkan. “Mungkin karena panik, dia tidak memadamkan api tapi hanya menangis dan berteriak minta tolong,” tambahnya.

Tidak lama berselang, terdengar seperti suara ledakan. Api pun muncul dan membakar rumah yang rata-rata terbuat dari kayu.

“Terdengar suara ledakan dan saya lari tinggalkan barang-barang. Rumahku bersebelahan dengan rumah Dg Nipa,” terangnya lagi.

Masih kata Samsia, rumah yang ditempati Daeng Nipa adalah rumah kontrakan dan dia baru enam bulan menempati rumah tersebut.(*)

 Komentar

 Terbaru

Pendidikan19 April 2024 20:15
Program Beasiswa KALLA Dibuka Hingga 30 April 2024 untuk Mahasiswa Sulsel, Sulbar, Sulteng dan Sultra
MAKASSAR – Melihat presentasi putus kuliah di Indonesia Timur yang semakin tinggi, LAZ Hadji Kalla kembali menghadirkan program pemberian bantua...
News19 April 2024 18:10
Hati-hati! Akun Facebook Catut Nama Wali Kota Makassar Berkedok Donatur
MAKASSAR – Sebuah akun Facebook yang mencatut nama Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto, beredar di Facebook. Akun yang ...
News19 April 2024 17:33
Jumat Sehat, GMTD Gelar Senam Sehat Bersama di Green River View 
MAKASSAR – PT Gowa Makassar Tourism Development,Tbk (GMTD) mengajak warga bersama karyawan PT GMTD melakukan kegiatan senam bersama setelah lebi...
News19 April 2024 16:05
Pj Gubernur Bahtiar Dianugerahi Gelar Adat Daeng Mappuji dari Dewan Adat Saoraja Bone
BONE – Dewan Adat Saoraja Bone menganugerahkan gelar adat kepada Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin. Dengan nama Daeng Mappuji, gelar ini me...