Logo Lintasterkini

Meraih Mimpi Jadi Atlet e-Sport Kelas Dunia Bersama IndiHome

Muh Syukri
Muh Syukri

Rabu, 11 Agustus 2021 17:10

Meraih Mimpi Jadi Atlet e-Sport Kelas Dunia Bersama IndiHome
Meraih Mimpi Jadi Atlet e-Sport Kelas Dunia Bersama IndiHome

JAKARTA – Perkembangan teknologi digital membuka kesempatan luas bagi siapa saja untuk menggapai mimpi sesuai bakat dan minatnya. Olahraga elektronik (e-Sport) adalah salah satu jalan yang terbuka di era digital, dan didukung kemudahan akses internet dari Sabang sampai Merauke, mimpi menjadi atlet bahkan coach e-Sport kelas dunia, kini bisa menjadi kenyataan.

Henov Iqbal Assidiq, adalah salah seorang anak bangsa yang telah merasakannya. Dia mengisahkan, saat berada di Lampung, kampung halamannya, dirinya terbantu saat melakukan coaching secara online untuk tim binaannya. Tanpa internet, cita-citanya menjadi coach e-Sport pastilah sirna.

Dengan penuh ketekunan dan kedisiplinan, Henov bersama timnya berlatih e-Sport secara rutin. Sebagai coach e-Sport, dia menggembleng timnya agar menjadi yang terbaik. Hasilnya, tidak mengecewakan. Pada 2019, dia berhasil membawa timnya meraih peringkat 2 (runner up) dalam turnamen bergengsi: VO-Cup Arena of Valor.

Di balik kesuksesan tersebut, Henov mengungkap peran penting IndiHome yang memberikan akses internet hingga pelosok desa di Indonesia. Terkait peran IndiHome, dia juga bercerita, saat melatih tim e-Sport di Piala Presiden Regional Timur tahun 2019, timnya dikalahkan sebuah tim komunitas dari pelosok desa di Kalimantan. Sedilik punya selidik, saat proses latihan, tim ini juga terbantu layanan fixed broadband unggulan milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), tersebut. Untuk bisa latihan, salah seorang player tim tersebut harus menyeberangi sungai, lalu berjalan beberapa kilometer agar bisa menumpang koneksi wifi IndiHome di sebuah minimarket.

Menurut Henov, kini e-Sport sudah menjadi new social currency bagi generasi muda Indonesia. Bagi generasi ‘90-an, musik, basket, dan sepakbola mungkin menjadi mata uang sosialnya. Tetapi bagi generasi internet, e-Sport-lah juaranya. Momen berkumpul anak muda sering kali diisi dengan aktivitas “main bareng” (mabar) game kesayangan.

Pendapat Henov selaras dengan data dari Spire tentang Customer Analysis on Gaming Segments, yang menunjukkan bahwa perkembangan online game di Indonesia meningkat cukup signifikan dalam kurun 2-3 tahun terakhir. Bahkan sekitar 10%-15% masyarakat Indonesia adalah gamers dan punya mimpi menjadi seorang professional gamer (pro player).

“Ada banyak sekali anak muda di luar sana yang bermimpi menjadi atlet profesional e-Sport, merintis timnya sendiri, membangun komunitas, jaringan dan meningkatkan pengetahuan, atau bahkan hanya sekedar mencari teman mabar yang asyik,” jelas Henov yang mulai aktif berkecimpung di e-Sport pada tahun 2018.

Pernyataan ini tidaklah mengada-ngada. Peminat e-Sport di seluruh Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata. Saat livestreaming pertandingan e-Sport, jumlah penonton mencapai 68,4 juta. Angkat tersebut merupakan yang tertinggi kedua di Asia setelah Tiongkok.

“Mengingat hal itu, jelaslah betapa akses internet menjadi faktor kunci pengembangan e-Sport di Tanah Air. Dengan hype setinggi itu, akses internet bukan hanya sebatas angka dan performa, akan tetapi menjadi sebuah akses untuk mengejar mimpi bangsa Indonesia,” lanjut Henov.

Sebagai penyedia layanan internet terkemuka di Indonesia, IndiHome tidak tinggal diam menyaksikan fenomena tersebut. Selain memberikan layanan berkualitas hingga ke pelosok negeri, IndiHome terlibat lebih aktif dalam mendukung e-Sport di Tanah Air. E. Kurniawan, Vice President Marketing Management Telkom menjelaskan bahwa untuk mengembangkan e-Sport di Indonesia, IndiHome juga bekerja sama dengan game publisher lokal dalam membangun ekosistem gaming yang berkelanjutan.

Tak hanya itu, IndiHome pun meluncurkan paket produk yang relevan dalam mendukung e-Sport. “Bagi gamer professional, e-Sport sudah menjadi bagian dari produktivfitas yang tak terpisahkan dalam keseharian mereka. Oleh sebab itu, melalui IndiHome Paket Gamer, kami ingin mendukung perkembangan dan kemajuan dunia e-Sport di Indonesia agar mereka dapat terus beraktivitas tanpa batas bersama IndiHome,” jelas E. Kurniawan.

Sebagai #InternetnyaIndonesia, E. Kurniawan melanjutkan, IndiHome memang bertekad membantu mewujudkan mimpi masyarakat Indonesia, khususnya dalam menggapai cita-cita sebagai atlet dan coach e-Sport tingkat nasional bahkan global. (*)

 Komentar

 Terbaru

News18 September 2021 17:57
Razia Kos-kosan, Polisi Temukan Pasangan Penyuka Jenis dan Kondom Bekas Pakai
Razia kos-kosan kembali dilancarkan aparat kepolisian. Kali ini, sepasang pria diduga penyuka sesama jenis dan tiga pasangan muda-mudi terjaring razia...
News18 September 2021 17:02
Putus Mata Rantai Covid-19, Polsek Tamalate Suskes Gelar Vaksinasi Presisi Pelajar di SMAN 20 Makassar
MAKASSAR– Vaksinasi COVID-19 di Indonesia, terus digencarkan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota. Bahkan, pemerintah pusat sudah mener...
Hukum & Kriminal18 September 2021 09:22
Tiga Tersangka Arisan Online, Korbannya 300 Orang
Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, Kompol Jamal Fathur Rakhman, mengatakan, ketiganya sudah diamankan dan ditahan di Mapolrestabes Makassar untuk pem...
Peristiwa18 September 2021 08:57
Rumah Sekaligus Bengkel Terbakar di Paccerakkang, Kerugian Capai Rp 200 Juta
Satu unit rumah yang juga merupakan bengkel hangus terbakar di BTN Mangga Tiga, Kelurahan Paccerakkang, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Jumat (17/9/...