Logo Lintasterkini

Pemerintah Jepang Tertarik Konsep Pembangunan Makassar

Muh Syukri
Muh Syukri

Selasa, 11 September 2012 00:48

Jepang-Indonesia
Jepang-Indonesia

Jepang-Indonesia

MAKASSAR – Tim Pemerintah Kota Yokohama, Jepang menyatakan ketertarikan pada konsep pembangunan yang semakin pesat di Kota Makassar.

“Kami banyak mendengar keberhasilan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin menjalankan pembangunan secara sistimatis di Kota Makassar. Ini yang membuat kami tertarik untuk berbagi pengalaman,” kata Direktur Kerjasama Internasional Yokohama Partnership of Resources and Technology (Y-PORT) Kimihiro Kuromizu di Makassar, Senin.

Sementara, Asisten Manager Divisi Kerjasama Teknis Hubungan Internasional Yasuaki Nakamura menambahkan, Kota Makassar dan Yokohama sedikit mempunyai kesamaan tata letak kota dan berpotensi sama. untuk itu pihaknya bermaksud melakukan kerjasama kemitraan.

“Ada ikatan emosional dan hubungan erat antara Pemerintah Yokohama dan Pemeritah Kota Makassar, untuk itu kita akan membangun kerjasama kemitraan,” ujarnya.

Menurutnya, Kota Yokohama selama tiga tahun terakhir telah mendapat pengakuan sebagai kota terbaik dan ternyaman di dunia. Kendati demikian, kata Yasuaki, Kota Yokohama mengalami pertumbuhan penduduk semakin pesat serta kemajuan pembangunan.

Hal itu tentu saja menimbulkan masalah, baik itu kemacetan, sampah hingga air bersih.

Dalam pertemuan di kantor Balai Kota Makasar, Pemerintah Kota Yokohama berbagi pengalaman dalam mengatasi berbagai permasalah perkotaan yang muncul disebabkan laju pembangunan.

 

Hadir dalam pertemuan itu, Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin, Asisten II Ruslan Abu, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Muhammad Kasim, serta Kepala Dinas Prasarana Umum Muhammad Anshar.

Dari pihak Pemkot Yokohama Direktur Kerjasama Internasional Y-PORT Kimihiro Kuromizu, Manager Divisi Desain Pengelolaan Limbah Orii Ryoichiro, Asisten Manager Divisi Kerjasama Teknis Hubungan Internasional Yasuaki Nakamura. Hadir pula dari Lembaga Donor JICA Jepang, Inaba Makoto serta Kuramizu.

Mengatasi masalah perkotaan, sambung Inaba Makoto, bukan sesuatu yang gampang, karena berbagai masalah akan timbul di kotanya dan memerlukan waktu 40 tahun dalam mengatasinya secara profesional.

Konsep pembangunan Kota Yokohama, lanjutnya, memiliki kemiripan dengan Kota Makassar seperti perpaduan antara pembangunan tradisi dan teknologi. Melalui kerjasama teknologi dengan kota-kota lain di dunia, Yokohama berhasil mengatasi masalah penduduk yang pesat.

Pada kesempatan itu Ilham menuturkan, Makassar memiliki karakter yang hampir sama dengan Yokohama. Ia juga mengapresiasi penawaran rencana kerjasama yang ditawarkan Pemkot Yokohama untuk membangun Makassar dimasa mendatang.

 

”Yokohama merupakan kota dunia dan telah beberapa kali dilakukan pertemuan internasional, penghargaan seperti World City Summit, telah didapatkannya serta pengakuan dunia. Keberhasilan menciptakan kota yang nyaman terdorong dari lingkungan tertata dengan baik sehingga itu mempengaruhi perilaku manusianya”, ucapnya

Pihak Pemkot Yokohama memberikan apresiasi penuh kepada Ilham Arief Sirajuddin serta berharap menghadiri undangan ke Jepang guna pertemuan antara pemimpin yang dinilai berpotensi menyadang kota dunia.(ant)

 Komentar

 Terbaru

News25 Mei 2024 22:36
SAR Gabungan Evakuasi Pendaki Hipotermia di Gunung Bawakaraeng
MAKASSAR – Satu dari empat orang yang tengah mendaki gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa telah dievakuasi pada Sabtu (25/5) oleh tim sar gabungan...
News25 Mei 2024 21:50
Personel Sat Lantas Polres Sidrap Beri Teguran ke Pengendara yang Tidak Tertib Berlalu Lintas dengan Humanis
SIDRAP – Personel Satuan Lalu Lintas Polres Sidrap memberikan teguran dengan cara humanis saat mendapati pengemudi mobil yang melanggar aturan l...
News25 Mei 2024 10:10
KJS Gelar Workshop dan Apresiasi Jurnalis
MAKASSAR – Komunitas Jurnalis Sulsel (KJS) kembali menggelar “Workshop dan Apresiasi Jurnalis” minggu 26 Mei 2024. Dalam kegiatan in...
News25 Mei 2024 08:15
Pj Gubernur Zudan Dukung Festival Anak Sholeh Indonesia di Bantaeng
MAKASSAR – Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) XII Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan tema Santri Hebat: Hebat Prestasi, Hebat Mengaji, dan Bera...