Logo Lintasterkini

Teroris Poso Lempar Bom ke Gubernur Sulsel

Muh Syukri
Muh Syukri

Minggu, 11 November 2012 13:23

Tersangka saat diamankan polisi
Tersangka saat diamankan polisi

Tersangka saat diamankan polisi

MAKASSAR – Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo nyaris menjadi aksi pembunuhan di acara gerak jalan dalam rangka HUT Golkar ke-48 yang diadakan di Monumen Mandala, Minggu (11/11/2012) pagi. Seseorang yang diduga teroris asal Poso, Aw (25) melempar bom ke arah gubernur.

Beruntung, sumbu bom yang berjenis High Explosive itu tidak meledak. Sementara pelaku yang merupakan warga Dusun Kandotanete, Desa Salumaka Kec Mambi, kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, berhasil diamankan polisi.

Informasi yang dihimpun, pelaku melempar bom hanya berjarak 10 meter dari gubernur. Saat itu, gubernur sedang menyanyi usai dilaksanakan gerak jalan santai.

“Pelaku ada jaringan teroris asal Poso. Saat ini tersangka sudah diamankan di Mapolrestabes Makassar dan masih dalam pemeriksaan,” ujar, Kapolda Sulsel Irjen Pol Mudji Waluyo.

Dijelaskan kapolda, bom seberat 2 ons itu berisi serbuk TNT, paku 5 cm, dan berjenis high explosive. “Kami juga mengamankan senjata api jenis revolvert colt detektif kaliber 38 dengan peluru lima butir,” tambahnya.

Kapolda menambahkan, dari informasi awal kuat dugaan pelaku sengaja menebar teror di Sulsel. Caranya dengan menebar ancaman dan berusaha mengadu domba kandidat gubernur di Sulsel.

“Yakni dengan memanfaatkan suasana politik di Sulsel. Masyarakat diminta waspada,” tandasnya.

Sementara itu Kabid Humas Polda Sulsel AKBP Endi Sutendi, mengatakan, saat ini penyidik masih terus mendalami pelaku. “Ada dua orang teman tersangka dalam pengejaran,” tambahnya. (er-uki)

 Komentar

 Terbaru

Pendidikan19 April 2024 20:15
Program Beasiswa KALLA Dibuka Hingga 30 April 2024 untuk Mahasiswa Sulsel, Sulbar, Sulteng dan Sultra
MAKASSAR – Melihat presentasi putus kuliah di Indonesia Timur yang semakin tinggi, LAZ Hadji Kalla kembali menghadirkan program pemberian bantua...
News19 April 2024 18:10
Hati-hati! Akun Facebook Catut Nama Wali Kota Makassar Berkedok Donatur
MAKASSAR – Sebuah akun Facebook yang mencatut nama Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto, beredar di Facebook. Akun yang ...
News19 April 2024 17:33
Jumat Sehat, GMTD Gelar Senam Sehat Bersama di Green River View 
MAKASSAR – PT Gowa Makassar Tourism Development,Tbk (GMTD) mengajak warga bersama karyawan PT GMTD melakukan kegiatan senam bersama setelah lebi...
News19 April 2024 16:05
Pj Gubernur Bahtiar Dianugerahi Gelar Adat Daeng Mappuji dari Dewan Adat Saoraja Bone
BONE – Dewan Adat Saoraja Bone menganugerahkan gelar adat kepada Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin. Dengan nama Daeng Mappuji, gelar ini me...