Logo Lintasterkini

Deputi BNP2TKI Minta Dukungan Aliyah Mustika Ilham

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Jumat, 11 November 2016 19:11

Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham.
Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham.

MAKASSAR – Deputi Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga kerja Indonesia (BNP2TKI), Agusdin Subiantoro berharap dukungan anggota DPR RI Komisi IX, Aliyah Mustika Ilham untuk memperjuangkan anggaran pelaksanaan sosialisasi perlindungan tenaga kerja. Hal tersebut diungkapkan Agusdin pada sosialisasi Program Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Hotel La Macca, Jalan Pettarani Makassar, Jumat (11/11/2016).

Menurutnya, jika tersedia anggaran yang mencukupi, maka sosialisasi juga dapat dilakukan hingga ke pelosok daerah. Mengingat para calon TKI membutuhkan banyak informasi dan pengetahuan agar dapat menjadi tenaga kerja legal, profesional dan terlindungi.

“Kita butuh dukungan Bu Aliyah supaya bisa bersinergi ini program sampai ke desa,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 7.5 juta jiwa. Sebanyak 12 persen diantaranya berpendidikan tinggi, sementara itu, permintaan negara asing terhadap kebutuhan TKI cukup tinggi.

“Tapi permintaan itu tidak bisa kita penuhi dengan maksimal, karena banyak kendala diantaranya keterampilan dan kendala bahasa,” ujarnya.

Dia juga meminta kepada para warga yang berminat untuk menjadi TKI agar melalui jalur resmi dengan melengkapi seluruh dokumen yang menjadi syarat. Dengan begitu, agar ketika bekerja di luar negeri dapat terlindungi.

Menaggapi hal tersebut, Aliyah Mustika mengatakan dirinya berada di Komisi IX membidangi Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Sehingga sudah menjadi tugas dan fungsinya untuk melakukan pengawasan dan memperjuangkan kebutuhan dan hak TKI.

“Dan melalui sosialisasi ini kita berharap para peserta dapat memahami mekanisme manjadi TKI dan tidak terpengaruh untuk menjadi TKI ilegal,” kata Aliyah di hadapan ratusan peserta sosialisasi.

Hadir pula sebagai pemateri dalam sosialisasi tersebut, Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI), Mohd. Agus Bustami dan Sekretaris Disnaker Makassar, Sirajuddin K. (*)

 Komentar

 Terbaru

News30 September 2022 15:09
Serangan Hoaks Makin Masif, AMSI Gelar Training Prebunking di Manado
MANADO – Serangan hoaks selalu masih setiap menjelang Pemilihan Umum, khusus Pemilihan Presiden atau Pilpres. Mengantisipasi serangan Hoaks yan...
Kuliner30 September 2022 13:22
Kuliner Baru di Makassar, Warung Ayam Krispy Lemmak
MAKASSAR – Banyak cara untuk menikmati suasana hati dengan senang, salah satunya, bisa mencoba kuliner baru. Kuliner ini biasa di temui, namun m...
News30 September 2022 09:36
Inovasi Terbaru, Program Menu Hemat On The Go Meals GoFood
MAKASSAR – Layanan pesan-antar makanan online terkemuka di Asia Tenggara GoFood kembali menghadirkan inovasi terbaru bagi pelanggan melalui prog...
News30 September 2022 08:58
Pemilik Travel yang Fotonya Dipasang di Billboard Lapor Polisi
MAKASSAR – Pemasangan baliho dengan foto pemilik travel atau perusahaan penyelenggara perjalanan tur yang dicari konsumen di Makassar berbuntut ...