Logo Lintasterkini

Jenazah Pasien Covid-19 di Pinrang Diambil Paksa Keluarganya di Jalanan

Muh Syukri
Muh Syukri

Rabu, 11 November 2020 22:18

Pengambilan paksa jenazah terkonfirmasi positif di jalanan di Kabupaten Pinrang
Pengambilan paksa jenazah terkonfirmasi positif di jalanan di Kabupaten Pinrang

PINRANG – Tim gugus tugas Covid-19 Kabupaten Pinrang dibuat pusing. Pasalnya, seorang warga Pinrang berinisial AM (61), warga Jalan Murtala Timur Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan meninggal di RSU Andi Makassau Kota Parepare, jenazahnya malah diambil paksa keluarganya saat dikembalikan ke Kabupaten Pinrang.

Sontak saja, pengembalian jenazah positif ini akhirnya berujung masalah baru. Dimana, sesuai standar protokoler penanganan kasus Covid-19, jenazah harusnya langsung dikebumikan di pekuburan khusus Covid-19, tapi ternyata berhasil diambil paksa oleh pihak keluarga saat dalam perjalanan menuju pekuburan, tepatnya di pintu gerbang tapal batas kota Pinrang, Rabu (11/11/2020) malam.

Setelah berhasil mengambil alih paksa jenazah, jenazah kemudian dibawa ke rumah duka dan dikerubuti pihak keluarga dan tetangga. Tim gugus tugas Covid-19 yang terdiri dari unsur Pemerintah Kabupaten Pinrang dan TNI-Polri yang tiba di rumah duka kemudian berusaha membujuk agar pihak keluarga tetap mematuhi standar protokoler penanganan Covid-19.

Namun hal itu mendapatkan perlawanan dari pihak keluarga yang tetap ngotot menyemayamkan jenazah di rumah duka dan rencana baru akan melakukan penguburan, Kamis (12/11/2020) pagi. Selain itu, pihak keluarga juga ngotot untuk menguburkan jenazah di pekuburan umum Lasinrang Pinrang.

Wakpolres Pinrang, Kompol Jamaluddin yang ditemui awak media di rumah duka membeberkan, meski sempat menolak, pihak keluarga akhirnya bersedia memenuhi permintaan tim gugus Covid-19 agar jenazah dikebumikan di Pekuburan Covid-19 di kampung Carawali Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang.

“Setelah kita jelaskan, pihak keluarga akhirnya bersedia mengebumikan jenazah di pekuburan khusus Covid-19, meski awalnya memang sempat ngotot menolak. Rencananya, besok pagi baru akan mereka kuburkan,” kata Kompol Jamaluddin sesaat sebelum meninggalkan lokasi rumah duka.

Data yang diperoleh lintasterkini.com, hasil uji SWAB pasien yang dirawat di RSU Andi Makassau Kota Parepare ini keluar Rabu (11/11/2020) siang sekira pukul 12.55 Wita dengan hasil positif. Pasien meninggal sekira pukul 15.00 Wita. Jenazah kemudian dibawa kembali ke Kabupaten Pinrang oleh tim gugus tugas Covid-19 Kota Parepare dengan pengawalan petugas pengamanan dari Polres Parepare.

Rencananya, jenazah ini akan langsung dibawa dan dikebumikan di pekuburan khusus Covid-19 Kabupaten Pinrang. Namun siapa sangka, pihak keluarga yang sudah menunggu di tapal batas Kota Pinrang berhasil mengambil paksa jenazah dan membawanya ke rumah duka. (“)

Penulis : Renaldi

 Komentar

 Terbaru

Presiden Jokowi Ingin Vaksinasi Terhadap Jurnalis Dilaksanakan di Seluruh Daerah
Bersama Melawan Covid-1925 Februari 2021 23:25
Presiden Jokowi Ingin Vaksinasi Terhadap Jurnalis Dilaksanakan di Seluruh Daerah
Dia menilai, wartawan sangat rentan terpapar covid-19 kerena memiliki mobilitas dan interaksi yang cukup tinggi....
Danny-Fatma Kumpul Bersama 300 Komunitas Jelang Pelantikan
News25 Februari 2021 22:31
Danny-Fatma Kumpul Bersama 300 Komunitas Jelang Pelantikan
Melalui Meeting Zoom, Danny-Fatma menyapa ratusan pendukungnya. Keduanya berpesan agar mereka tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) jelang pelant...
Ini Klarifikasi Pemprov Soal Insiden Pengusiran Wartawan di Rujab Gubernur Sulsel
News25 Februari 2021 21:13
Ini Klarifikasi Pemprov Soal Insiden Pengusiran Wartawan di Rujab Gubernur Sulsel
Gubernur Sulsel melalui juru bicaranya, Veronica Moniaga memberi klarifikasi sekaligus permohonan maaf atas insiden tersebut....
Buron Setahun, Pria ini Ditangkap Tipu Tukang Bengkel “Gelapkan Motor”
Hukum & Kriminal25 Februari 2021 20:40
Buron Setahun, Pria ini Ditangkap Tipu Tukang Bengkel “Gelapkan Motor”
Dia ditangkap di Jalan Diponegoro, Kecamatan Watang Sawitto, Pinrang, Kamis siang (25/02/2021)....