Logo Lintasterkini

Kapolres Instruksikan Patroli Cipta Kondisi Saat Minggu Tenang Pilkada Takalar

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Minggu, 12 Februari 2017 21:22

Apel persiapan pengamanan menjelang Pilkada di Mapolres Takalar.
Apel persiapan pengamanan menjelang Pilkada di Mapolres Takalar.

TAKALAR – Memasuki masa tenang pemilihan kepala daerah (pilkada) Takalar, yang bersamaan secara serentak di seluruh Indonesia, Rabu (15/2//2017), personil Polres Takalar bersama BKO Brimob Polda Sulsel akan melakukan kegiatan patroli cipta kondisi (cipkon) yang rutin dilakukan setiap malam. Hal itu ditegaskan Kapolres Takalar, AKBP Iskandar SH, S.IK pada apel siaga Minggu, (12/2/2017) di Lapangan Mapolres Takalar, sekitar pukul 08.00 wita.

Dikatakan Kapolres, cipta kondisi dilakukan dengan patroli yang dibagi per wilayah hukum masing-masing Polsek. Patroli cipta kondisi ini dengan menghadirkan negara di tengah masyarakatdengan rutin mengunjungi dan bersilaturrahmi kepada warga, agar senantiasa dapat menjaga serta memelihara keamanan, ketertiban masyarakat (harkamtibmas). Terutama di masa-masa tenang menjelang Pilkada Takalar 2017.

“Masa tenang biasanya sangat rawan dimanfaatkan oleh para simpatisan atau tim-tim pemenang untuk mengamankan basis suara dan melakukan berbagai aktifitas terselubung. Dengan mengaktifkan patroli cipta kondisi, masa-masa tenang menjelang Pilkada, harkamtibmas tetap dapat terjaga dengan baik,” pesan Kapolres Takalar ini.

Pada kesempatan apel pagi ini, AKBP Iskandar SH, S.IK juga mengingatkan kepada para Bhabinkamtibmas dan seluruh personil untuk senantiasa menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada seluruh masyarakat. Karena menurut Kapolres, dalam suatu pesta demokrasi yang memiliki 2 (dua) pasangan calon (paslon) akan sangat rentan adanya perselisihan di tengah warga yang bisa melibatkan sesama keluarga, selisih paham dengan tetangga.

“Berselisih paham dapat terjadi diantara keluarga, terjadi diantara teman, diantara tetangga sendiri terkait soal perbedaan dukungan terhadap msalah satu paslon, maka dari itu kita selaku anggota Polri harus bisa mendeteksi secara dini berbagai hal yang kemungkinan akan terjadi. Sesegera mungkin memberikan informasi kepada pimpinan, sekecil apapun permasalahannya, sehingga tindakan antisipatif dapat segera dilakukan dengan cepat, tepat dan terukur,” tegas AKBP Iskandar SH, S.IK mengingatkan kepada Bhabinkamtibmas serta seluruh personil di Jajaran Polres Takalar.

Perhelatan pesta demokrasi lima tahunan, Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) serentak seluruh Indonesia yang akan diselenggarakan tinggal menghitung 3 (tihga) hari ke depan. Pilkada serentak ini pada seluruh daerah tingkat Provinsi untuk Pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Kabupaten dan Kota untuk Pemilihan Calon Bupati dan Wakil Bupati, serta Pemilihan Calon Walikota dan Wakil Walikota yang diselenggarakan serentak Rabu, (15/2/2017). (*)

 Komentar

 Terbaru

Nasional29 Juli 2021 17:47
Kopel Minta Setop Fasilitas Isoman bagi Anggota DPR
MAKASSAR — Fasilitas Isolasi Mandiri (Isoman) untuk anggota DPR yang terpapar Covid-19 disorot Komite Pemantau Legislatif (Kopel). Terlalu diistimew...
Hukum & Kriminal29 Juli 2021 17:33
Diduga Gegara Dendam, Seorang Warga Maroneng Pinrang Tewas Ditebas Parang
PINRANG –La Saleng, warga Desa Marineng Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang tewas mengenaskan setelah ditebas senjata tajam jenis Parang oleh ...
Hukum & Kriminal29 Juli 2021 16:01
Saksi Sebut NA Tak Terlibat di Bantuan Dana CSR Masjid
"Selesai peletakan batu pertama, Saya makan siang bersama. Pak Petrus sampaikan bahwa dia sumbangkan Rp100 juta untuk masjid, Saya spontan bilang saya...
News29 Juli 2021 13:54
Gerakan Peduli PKL, Ditlantas Polda Sulsel Borong Dagangan dengan Harga 10 Kali Lipat
Aksi kepedulian ini di motori Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sulsel AKBP M Yusuf Usman setelah mendapat instruksi langsung dari Dirlantas Polda Sul...