Logo Lintasterkini

Cara Memilih Sabun Mandi Sesuai Jenis Kulit

Fakra
Fakra

Senin, 12 Februari 2024 10:35

Ilustrasi
Ilustrasi

Ketika mencari tahu cara memilih sabun mandi yang benar, salah satu aspeknya adalah mengetahui jenis kulit kita. Memilih sabun yang tepat tidak hanya membantu menjaga kebersihan dan kesehatan kulit, tetapi juga mencegah masalah kulit seperti iritasi, serta infeksi jamur dan bakteri.

Meskipun demikian, masih banyak orang yang tidak menyadari bagaimana cara memilih sabun mandi yang tepat,” tulis Dr.dr. IGN Darmaputra, SpKK (K) FINSDV, FAADV dari RSUP Prof. dr. I.G.N.G. Ngoerah, seperti dikutip dari situs Kementerian Kesehatan, Senin (12/2/2024).

Berikut cara memilih sabun mandi yang benar menurut jenis kulit:

1.Kulit kering

Tidak hanya membersihkan kulit, sabun juga mengangkat minyak alami yang diproduksi oleh kulit kita. Bagi pemilik kulit kering, hal ini bisa menjadikan kondisi kulit semakin kering.

Untuk itu, hindari sabun dengan kandungan deterjen anti bakteri atau alkohol. Pilihlah sabun dengan kandungan pelembap agar kulit tidak kekeringan.

Pemilihan jenis sabun juga bisa dijadikan opsi, meskipun tidak sepenting kandungannya. Sabun batang biasanya bersifat lebih basa, sehingga cenderung membuat kulit kering dan iritasi, sehingga sebaiknya memilih sabun cair yang relatif lebih lembut dan tidak sekeras sabun batang.  Namun, sabun cair biasanya lebih mahal daripada sabun batang.

2 Kulit berminyak

Sebaliknya, jika tipe kulitmu berminyak, gunakan sabun tanpa deterjen dan mengandung bahan seperti gliserin atau oatmeal.

3. Kulit sensitif

Pemilik kulit sensitif perlu lebih berhati-hati dalam memilih sabun mandi. Pilihlah sabun tanpa pewangi dan memiliki pH seimbang. Hindari pula penggunaan sabun antiseptik.

Untuk opsi aman, pemilik kulit sensitif bisa menggunakan sabun bayi.(***)

 Komentar

 Terbaru

News22 Februari 2024 23:59
Presiden Jokowi Bagikan Bantuan Pangan ke 1.000 KPM di Maros
MAROS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyalurkan Cadangan Beras Pemerintah untuk Bantuan Pangan Tahap 1 Tahun 2024 kepada 1.000 Keluarga Penerima M...
News22 Februari 2024 23:44
Presiden Jokowi Janjikan Pembangunan Stadion Baru di Makassar
MAKASSAR – Kabar gembira untuk masyarakat pecinta olahraga di Sulawesi Selatan. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menjajikan akan membangun se...
Ekonomi & Bisnis22 Februari 2024 23:14
CIMB Niaga Apresiasi Nasabah Istimewa di Makassar Lewat Gelaran Wealth Xpo
MAKASSAR – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menghadirkan signature event Wealth Xpo mengusung tema The Prospect of Indonesia’s Economy ...
Nasional22 Februari 2024 22:12
Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadan 11 Maret 2024 dan Idul Fitri 10 April 2024
JAKARTA – Awal puasa atau 1 Ramadan 1445 H akan segera ditetapkan oleh pemerintah melalui sidang isbat. Sidang isbat tersebut digelar oleh Kemen...