Logo Lintasterkini

Tingkatkan Kecerdasan Anak dengan Beri Kebebasan Bereksplorasi

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Sabtu, 12 Juni 2021 15:22

Ilustrasi.
Ilustrasi.

MAKASSAR — Meningkatkan kecerdasan dan kemampuan otak anak bisa dilakukan dengan beragam cara. Semisal memberinya kebebasan mengekplorasi diri.

Peran orang tua sangat besar dalam melihat kemampuan anak. Pasalnya pertumbuhan mereka bergantung dukungan dan metode didik orang tua. Bila kurang tepat, bisa memperlambat tumbuh kembangnya.

Psikolog Universitas Negeri Makassar (UNM), Eva Meizara mengungkapkan, perlu ada lingkungan yang baik untuk mendorong kecerdasan anak. Fasilitas yang ada di sekitarnya bisa dimanfaatkan untuk mengenalkannya terhadap sesuatu.

“Mereka dalam tahap pengenalan lingkungan atau eksplorasi. Kita bisa lihat permaianan atau hal apa yang lama dia geluti (disukai) dibanding dengan yang lainnya,” ungkap dia.

Eva mencotohkan bila sedang berada di rumah. Anak-anak cenderung akan mengikuti aktivitas orang tuanya. Seperti memasak, mencuci, dan lain sebagainya. Mereka akan mulai belajar dari situ.

“Nah dari situ bisa diketahui. Biasanya karena minatnya tinggi pada permaian atau aktivitas itu maka dia akan terlihat betah. Artinya itu bisa jadi potensi mereka,” jelas Eva.

Namun, orang tua juga perlu memerhatikan kemampuan si kecil. Jangan terlalu dipaksakan. Sebab, ada fase-fase tersendiri bagi anak untuk belajar memahami segalanya. Termausk yang ia sukai.

“Bisa olahraga, seni, bahasa, semuanya biar dia ekplorasi. Semuanya dikenalkan kepada anak supaya kita tahu anak kita itu memiliki kecerdasan di sisi mana yang paling dia minati dan sukai,” imbuhnya.(*)

 Komentar

 Terbaru

News16 Oktober 2021 23:55
Kasus Covid-19 Sudah Menurun, Kini Masuk ke Sulsel Cukup dengan Tes Usap
MAKASSAR– Memasuki wilayah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) kini tidak perlu lagi menunjukkan hasil tes swab PCR. Cukup dengan menunjukkan has...
Hukum & Kriminal16 Oktober 2021 23:50
Parah! Calon Kepala Desa Petahana di Jeneponto Diduga Pakai Ijazah Palsu
JENEPONTO– Seorang pria berinisial RT yang mencalonkan diri sebagai Calon Kepala Desa Pappalluang, Kabupaten Jeneponto diduga memakai ijazah pal...
News16 Oktober 2021 23:22
Pengunjung Warkop di Parepare Jatuh dari Kursi Lalu Meninggal Dunia usai Minum Es Kopi
PAREPARE– Pengunjung Warung Kopi (Warkop) yang terletak di Jalan Andi Mappatola, Kelurahan Ujung Sabbang, Kecamatan Ujung, Kota Parepare dikejut...
News16 Oktober 2021 23:03
Puting Beliung Terjang Pinrang, 17 Rumah Rusak dan 1 Kubah Masjid Terbang
PINRANG – Warga Desa Leppangang sore tadi, dibuat panik akibat bencana anging puting beliung, tepatnya di Kecamatan Patampanua, Kabupaten Pinran...