Logo Lintasterkini

Berkas Perkara Nurdin Abdullah Dilimpahkan, Sidang akan Digelar di Makassar

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Senin, 12 Juli 2021 13:36

Gubernur Sulsel Nonaktif Nurdin Abdullah saat ditahan KPK. (Dok. Antara).
Gubernur Sulsel Nonaktif Nurdin Abdullah saat ditahan KPK. (Dok. Antara).

MAKASSAR — Lokasi sidang Gubernur Sulsel nonaktif, Nurdin Abdullah dan mantan Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), Edy Rahmat akan digelar di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Makassar.

Berkas perkara terdakwa suap infrastruktur di Pemprov Sulsel itu sudah diserahkan ke Pengadilan Negeri Tipikor Makassar oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), M Asri Irwan.

“Hari ini kami secara resmi melimpahkan berkas perkara ke Pengadilan Negeri Tipikor Makassar, pertama atas nama terdakwa Nurdin Abdullah dan kedua adalah Edy Rahmat,” ujarnya di Pengadilan Negeri Tipikor Makassar, Senin (12/7/2021).

Meski sidang digelar di Pengadilan Negeri Tipikor Makassar, namun kedua terdakwa hanya dihadirkan secara virtual. Hal ini lantaran kondisi Covid-19 di DKI Jakarta tempat keduanya ditahan sedang mengganas.

“Pak Nurdin Abdullah dan Edy Rahmat tetap kita tahan di Jakarta. Sidang seperti perkara Agung Sucipto dilaksanakan secara virtual, maka nanti pun akan dilaksanakan secara virtual,” kata dia.

Asri menambahkan, nantinya saksi-saksi akan dihadirkan secara langsung saat sidang di Pengadilan Tipikor Makassar.

Sementara untuk jadwal persidangan, Asri mengaku masih menunggu penetapan dari hakim Pengadilan Tipikor Makassar.

“Mudah-mudahan bisa minggu depan,” tuturnya.

Asri menambahkan sidang Nurdin Abdullah dan Edy Rahmat digelar di Makassar berdasarkan rekomendasi dan masukan dari sejumlah instansi terkait keamanan.

Ia mengungkapkan berdasarkan rekomendasi tersebut, menyebutkan kondisi Kota Makassar masih aman.

“KPK kan memperhatikan faktor keamanan. Terakhir berdasarkan rekomendasi dari sini menyebutkan aman, tertib dan damai. Kira berharap kondisi ini tetap terjaga ke depannya,” ucapnya.(*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal25 Juli 2021 21:23
Tak Diberi Uang Saat Mau Gadai Barang, Penjual Ikan di Pinrang Tikam Korbannya Pakai Badik
PINRANG– Seorang pria berinisial NA 34 tahun di Kabupaten Pinrang diringkus polisi usai melakukan penganiayaan dengan menikam korbannya mengguna...
Hukum & Kriminal25 Juli 2021 20:12
Gara-gara Tersinggung, Dua Pria di Pinrang Aniaya Tiga Pemuda Pakai Celurit
PINRANG– Dua pria di Kabupaten Pinrang diamankan jajaran Resmob Satreskrim Polres Pinrang lantaran telah melakukan pengeroyokan. Kedua pria itu ...
Hukum & Kriminal25 Juli 2021 16:24
Kenalan Lewat Game Online, Pemuda Sidrap Setubuhi dan Bawa Lari Gadis di Bawah Umur
MAKASSAR– Unit Jatanras Kepolisian Resor Kota Besar Makassar berhasil mengamankan seorang pemuda yang melarikan anak di bawah umur. Pelaku adala...
News25 Juli 2021 13:27
Besok, Makassar Sudah Terapkan PPKM Level IV, Apa Saja yang Dibatasi?
Dalam rapat tersebut terungkap penerapan PPKM level IV juga akan diberlakukan di Sulawesi Selatan ( Sulsel ). Untuk di Makassar, pemberlakuan dilaksan...