Logo Lintasterkini

Jokowi Sebut Sirkuit Mandalika Susah, Tikungannya Tajam

Maulana Karim
Maulana Karim

Jumat, 12 November 2021 23:20

Presiden Jokowi Kesulitan di Tikungan Sirkuit Mandalika, Seberapa Susah? (Foto: Fotografer Istana Kepresidenan Agus Suparto)
Presiden Jokowi Kesulitan di Tikungan Sirkuit Mandalika, Seberapa Susah? (Foto: Fotografer Istana Kepresidenan Agus Suparto)

LOMBOK– Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menjajal langsung Sirkuit Mandalika sebelum meresmikannya hari ini, Jumat (12/11/2021).

Jokowi menjajal sirkuit yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, NusaTenggara Barat (NTB) dengan motor customnya jenis cafe racer.

 

Dari video yang ditampilkan Sekretariat Presiden, Jumat (12/11), Jokowi menjajal sirkuit didampingi Pasukan Pengamanan Presiden dan sejumlah tokoh otomotif.

Antara lain, Prasetyo Edi Marsudi, yang merupakan Dewan Pembina Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Bambang Soesatyo Ketua Umum IMI Pusat.

Keduanya juga menaiki motor dan tepat berada di samping Jokowi dari titik mulai atau start balapan.

Ada juga pebalap nasional Sean Gelael ikut di dalam rombongan saat Kepala Negara menjajal sirkuit.

Usai melibas lintasan sirkuit Mandalika, Jokowi mengaku sangat terkesan dengan sirkuit sepanjang 4,32 kilometer.

Kondisi sirkuit yang sempat diguyur hujan membuat Jokowi lebih berhati-hati saat menjajal lintasan, apalagi sirkuit Mandalika memiliki banyak tikungan tajam.

“Saya kira banyak tikungan yang tajam sekali, di sini kan ada 17 titik tikungan yang saya kira semuanya sulit untuk saya. Kalau untuk pembalap mungkin tidak ada masalah, tapi untuk saya sangat sulit,” kata Jokowi dalam sambutannya, yang dikutip dari Viva.co.id.

Dengan beroperasinya Sirkuit Mandalika, presiden meyakini ajang-ajang kelas dunia di dunia otomotif siap digelar. ”

Sirkuit Mandalika dengan panjang sirkuit 4,3 kilometer, dengan teknologi aspal terbaru, stone mastic asphalt (SMA), juga telah selesai dibangun dan siap untuk digunakan,” ujar Jokowi.

Semuanya siap digunakan untuk mendukung penyelenggaraan event-event kelas dunia di Kawasan Mandalika ini seperti yang sebentar lagi akan diselenggarakan yaitu World Superbike 2021 dan dilanjutkan nantinya di bulan Maret 2022 dengan MotoGP.

Bersamaan dengan peresmian Sirkuit Mandalika, Jokowi juga meresmikan jalan bypass yang menghubungkan Bandara Internasional Lombok (BIL) dengan KEK Mandalika.

Jalan sepanjang 17,3 kilometer itu telah siap digunakan dan disebut akan memangkas waktu tempuh antara bandara dengan KEK Mandalika.

Penulis : Mul

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal20 Mei 2022 19:32
Ciduk Tiga Pelaku Narkoba, Barang Bukti Dua Bal Sabu
PiNRANG — Tiga pelaku narkoba, HR, IR dan HD tak berkutik saat diciduk personel Satuan Resnarkoba Polres Pinrang di dua lokasi (TKP) berbeda bel...
Ekonomi & Bisnis20 Mei 2022 17:29
Hotel Royalbay Lepas dari Fox Lite, Hadirkan Banyak Paket Menarik
MAKASSAR – Hotel Royalbay kini tidak lagi berada dibawah naungan management Fox lite, tetapi diatur dan di manage oleh management lokal Royalbay...
News20 Mei 2022 16:09
Pokdar Kubar Gelar Silaturahmi dan Halal Bihalal
KUTAI BARAT – Kelompok Sadar Ketertiban dan Keamanan ( Pokdar) Kabupaten Kutai Barat dibawa pimpinan Mathias Genting, SH mensponsori pertemuan S...
Liputan Khusus20 Mei 2022 14:14
Tempat Cetak Pelat Palsu Berkeliaran di Makassar, Polisi Razia Pelat Modifikasi – Bagian 2, Selesai
MAKASSAR – Guna mengurangi penggunaan pelat modifikasi dan pelat palsu, pihak Subdit Gakum Ditlantas Polda Sulsel, Jumat (20/5/2022), menggelar ...