Logo Lintasterkini

Dinilai Rawan, Sekolah Tatap Muka di Makassar Belum Diizinkan

Muh Syukri
Muh Syukri

Sabtu, 12 Desember 2020 21:53

Siswa salah satu Sekolah Menengah Atas di Makassar memakai masker
Siswa salah satu Sekolah Menengah Atas di Makassar memakai masker

MAKASSAR – Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Makassar belum mengizinkan adanya aktivitas sekolah tatap muka dilakukan. Sebab, penyebaran covid-19 masih tinggi meski saat ini status Kota Makassar berada zona orange.

Ketua Tim Ahli Epidemologi Satgas Covid-19 Kota Makassar, Ansariadi mengatakan kasus positif mengalami peningkatan selama beberapa pekan terakhir. Kondisi ini dinilai sangat rawan jika sekolah tatap muka dibuka.

Belum lagi dari sisi usia, berdasarkan data kasus positif usia anak sekolah mulai 5 hingga 19 tahun terus mengalami peningkatan dari minggu ke minggu. Angkanya cukup tinggi.

Data dihimpun, pasien terkonfirmasi positif pada anak usia sekolah hanya 45 kasus di pekan keempat November. Namun jumlah itu naik di pekan pertama Desember yang mencapai 55 kasus. Ada kenaikan angka 10 kasus dalam sepekan.

“Jadi saran saya sebaiknya sekolah tatap muka dibuka kalau situasi sudah aman, kalau sekarang jangan dulu karena tidak aman,” tegas Ansariadi, Kemarin.

Beberapa pekan lalu, pandemi Covid-19 di Kota Makassar mulai melandai. Namun lima pekan terakhir justru kembali meningkat. Angka positif Covid-19 menyentuh angka 10.879 kasus. Kondisi ini berdampak pada angka reproduksi efektif (Rt) Kota Makassar yang juga naik menjadi 1,77.

Sehingga menurut Ansar, sekolah tatap muka bisa dibuka jika pandemi di Kota Makassar sudah bisa dikontrol. Konsistensi Satgas Covid-19 dalam menekan penularan masih perlu ditingkatkan.

Apalagi satu pekan terakhir ini, angka kasus positif di Kota Makassar nyaris menyentuh angka 500. Padahal sebelumnya hanya berkisar diangka 100 hingga 200 kasus.

“Kalau kita dapat 15 kasus per hari dan kita aktif mencari tapi sedikit yang kita temukan itu berarti aman. Tapi kalau untuk situasi sekarang itu tidak aman, hampir tiga sampai empat kali lipat bahayanya,” bebernya. (*)

Penulis : Herwin Bahar

 Komentar

 Terbaru

Komisi D DPRD Gelar Rakor Dukung Makassar Recover
Bersama Melawan Covid-1904 Maret 2021 18:36
Komisi D DPRD Gelar Rakor Dukung Makassar Recover
Ketua Komisi D, Fatma Wahyuddin mengaku akan turut menyukseskan program Makassar Recover...
Virus Corona Varian Baru B117 Terditeksi Tiba di Indonesia
Bersama Melawan Covid-1904 Maret 2021 18:06
Virus Corona Varian Baru B117 Terditeksi Tiba di Indonesia
Itu terditeksi usai Satgas Penanganan Covid-19 melakukan monitoring dan evaluasi....
Polda Metro Jaya Ringkus Jaringan Sulsel Mama Minta Pulsa
Hukum & Kriminal04 Maret 2021 17:42
Polda Metro Jaya Ringkus Jaringan Sulsel Mama Minta Pulsa
HS menjalankan aksinya dengan melacak nomor telepon calon korbannya melalui program....
Kapolres Pinrang Bersama Anggota Ikuti Vaksin Covid-19
Bersama Melawan Covid-1904 Maret 2021 15:38
Kapolres Pinrang Bersama Anggota Ikuti Vaksin Covid-19
Kapolres Pinrang AKBP M. Arief Sugihartono, S.IK, MT menegaskan, seluruh anggota yang sehat wajib mengikuti vaksinasi. Sebagai pelayan masyarakat, Po...