Logo Lintasterkini

BMKG : Waspadai Angin Kencang Sepanjang Januari 2013

Muh Syukri
Muh Syukri

Minggu, 13 Januari 2013 08:30

BMKG
BMKG

BMKG

MAKASSAR – Kepala Bagian Pelayanan Jasa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, Sujarwo, mengatakan masyarakat Sulsel hendaknya mewaspadai angin kencang sepanjang Januari 2013.

“Dari prakiraan BMKG Wilayah IV Makassar diketahui potensi angin kencang masih dapat terjadi hingga akhir Januari 2013,” kata Sujarwo di Makassar, Sabtu (12/1/2013).

Dari 24 kabupaten/kota di Sulsel, terdapat sembilan kabupaten/kota yang memiliki potensi angin puting beliung yakni Kabupaten Maros, Pangkep, Barru, Pinrang, Selayar, Gowa, Takalar, Kota Makassar dan Parepare.

Menurut Sujarwo, wilayah perairan pada sembilan kabupten/kota tersebut, memiliki intensitas angin masih cukup tinggi yakni sekitar 50 km per jam pada waktu-waktu tertentu.

“Karena itu, kami juga mengimbau agar para nelayan di daerah itu agar mewaspadai angin kencang yang diperkirakan masih akan terjadi pada bulan ini,” katanya.

Sementara di wilayah daratan, lanjut dia, untuk menghindari terjadinya korban atau kerugian materil, masyarakat dan pemerintah setempat hendaknya memangkas pohon besar, khususnya di sekitar jalan raya.

Menyikapi hal tersebut, sejumlah pohon besar pada sejumlah titik di Kota Makassar diantaranya di Jalan Ahmad Yani, Jalan Cendrawasih, Jalan Sultan Hasanuddin dan Jalan Bawakaraeng telah dipangkas dan dipotong yang melibatkan aparat TNI setempat.

Sementara jumlah rumah yang rusak akibat terjangan angin puting beliung dalam sepekan terakhir sudah lebih 150 unit rumah yang tersebar di Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Maros, Pangkep, Sinjai dan Bulukumba, Sulsel. (ant)

 Komentar

 Terbaru

News27 Mei 2024 18:05
Gelar Hotman 911 di W Super Club Makassar, Hotman Paris Bantu Kasus Hukum di Makassar Secara Gratis
MAKASSAR – Pengacara ternama, Hotman Paris kembali mengadakan layanan bantuan hukum gratis di Makassar, Sulawesi Selatan, melalui program Hotman 911...
News27 Mei 2024 15:01
Ini 11 Jalanan di Enrekang  yang Rusak Parah, Satlantas Polres Enrekang Surati Balai Nasional
MAKASSAR – Pasca banjir dan longsor di Kabupaten Enrekang membuat sejumlah jalanan rusak parah. Tercatat ada 11 titik lokasi jalan yang rusak parah ...
Ekonomi & Bisnis27 Mei 2024 14:17
Segera Beli Tiket POV Festival Hanya di Kallafriends
MAKASSAR – Superapp Kallafriends menjalin kolaborasi sebagai official ticket partner dalam POV (Point of Views) Festival yang sudah membuka pembelia...
Hukum & Kriminal27 Mei 2024 13:37
Oknum Anggota Polda Sulsel Dilaporkan KDRT, Pelapor Terseret Hingga 10 Meter
MAKASSAR – Seorang oknum anggota Polri berinisial Bripda MA, yang bertugas di Satuan Pelayanan Markas (Yanma) Polda Sulsel, dilaporkan oleh istrinya...