Logo Lintasterkini

Sekolah Tatap Muka Diizinkan, Satgas: Harus Persiapkan Matang dan Bertahap

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Sabtu, 13 Februari 2021 03:20

Ist.
Ist.

JAKARTA — Saat ini pembelajaran tatap muka di sekolah sudah diperbolehkan oleh pemerintah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memutuskan semester genap 2020/2021 bisa dilakukan secara tatap muka di sekolah.

“Namun keputusan akhir sepenuhnya ada di tangan pemerintah daerah, dinas pendidikan, sekolah dan orang tua siswa. Dan dengan tetap memperhatikan kesiapan sarana dan prasarana untuk melaksanakan protokol kesehatan,” kata Juru Bicara Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (11/2/2021).

Pemerintah daerah dan penyelenggara pendidikan juga diharapkan melakukan persiapan yang matang. Termasuk melaksanakan simulasi dan menerapkan sekolah tatap muka secara bertahap.

“Kami berharap kewenangan yang dipercayakan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah dapat terlaksana dengan baik, yakni atas dasar persiapan yang matang termasuk pelaksanaan simulasi dan pembukaan bertahap,” lanjut Wiku.

Di sisi lain, sektor sosial dan ekonomi sudah mulai beroperasi sejak tahun lalu dengan penyesuaian keterbatasan kapasitas. Pengaturan jam operasional disesuaikan dengan keputusan yang diambil oleh kepala daerah.

Namun khusus untuk wilayah Pulau Jawa-Bali yang saat ini sedang melaksanakan PPKM hingga 22 Februari kapasitas maksimalnya akan mencapai 50% berdasarkan Instruksi Kementerian Dalam Negeri Nomor 3 tahun 2021.Pemerintah berupaya agar masyarakat tetap produktif dengan tetap menjaga keselamatan mereka.

“Prinsipnya, selama pandemi ini, kesehatan dan keselamatan masyarakat menjadi prioritas pemerintah,” ucap Wiku. (*)

 Komentar

 Terbaru

BPKA Makassar Harap Pejabat Kuasai Kendaraan Dinas Kooperatif
News26 Februari 2021 18:20
BPKA Makassar Harap Pejabat Kuasai Kendaraan Dinas Kooperatif
Dalam dua hari penertiban ini dilaksanakan, telah ditertibkan sebanyak 11 unit roda 4 (mobil)....
Danny Pomanto: Percepatan Kata Kunci Pembangunan
News26 Februari 2021 16:51
Danny Pomanto: Percepatan Kata Kunci Pembangunan
Dia lalu menegaskan akan segera memperbaiki tata kelola birokrasi untuk menciptakan pemerintahan yang bersih....
Danny-Fatma: Saatnya Bersatu Bangun Makassar
News26 Februari 2021 16:17
Danny-Fatma: Saatnya Bersatu Bangun Makassar
Kemenangan Danny-Fatma adalah kemenangan untuk semua masyarakat di Kota Makassar. Dan tahapan Pilkada 2020 telah berakhir....
Bubarkan Balap Liar, Tim Penikam Polrestabes Makassar Dilempari Batu
News26 Februari 2021 14:27
Bubarkan Balap Liar, Tim Penikam Polrestabes Makassar Dilempari Batu
Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Lintasterkini.com, Tim Penikam Polrestabes Makassar membubarkan aksi balapan liar tersebut di Jalan Andi ...