Logo Lintasterkini

Mengenal Ciri-ciri Orang yang Sering Cari Muka

Redaksi
Redaksi

Senin, 13 Mei 2024 07:31

Ilustrasi.
Ilustrasi.

LintasTerkini.com – Di dalam setiap komunitas, baik itu di tempat kerja, lingkungan sosial, atau pun di dunia maya, kita akan sering menemui orang-orang yang cenderung “mencari muka”.

Istilah ini mengacu pada perilaku seseorang yang selalu berusaha untuk mendapatkan perhatian, pengakuan, atau keuntungan dengan cara yang kurang jujur atau manipulatif.

Meski tidak selalu negatif, perilaku ini seringkali dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan ketegangan di sekitar mereka. Berikut adalah beberapa ciri-ciri yang sering dikaitkan dengan orang yang sering mencari muka.

1. Selalu Mencari Perhatian
Orang yang sering mencari muka cenderung selalu ingin menjadi pusat perhatian. Mereka akan berusaha untuk mendapatkan sorotan dari orang lain, baik melalui prestasi, gaya berbicara yang berlebihan, atau pun dengan cara menciptakan drama.

2. Berbicara Terlalu Banyak tentang Diri Sendiri
Mereka seringkali akan mencoba untuk mengalihkan perbincangan agar selalu berputar tentang diri mereka sendiri. Mereka akan terus menceritakan prestasi, keberhasilan, atau pun kesulitan yang mereka alami tanpa memberikan kesempatan kepada orang lain untuk berbicara.

3. Selalu Ingin Dipuji
Orang yang sering mencari muka biasanya sangat menginginkan pujian dan pengakuan dari orang lain. Mereka akan merasa tidak puas jika tidak mendapatkan apresiasi atas apa yang mereka lakukan, bahkan jika itu hanya hal-hal kecil.

4. Berusaha untuk Selalu Terlihat Sibuk atau Berperan Penting
Mereka seringkali akan berusaha keras untuk terlihat sibuk atau berperan penting dalam setiap situasi. Mereka mungkin akan terlibat dalam banyak proyek atau kegiatan, tidak karena mereka benar-benar tertarik, tetapi lebih untuk meningkatkan citra mereka di mata orang lain.

5. Memiliki Jaringan yang Luas, Tetapi Dangkal
Orang yang sering mencari muka cenderung memiliki banyak kenalan atau hubungan dengan orang lain, tetapi hubungan tersebut seringkali bersifat dangkal. Mereka mungkin tidak benar-benar peduli dengan orang lain, melainkan hanya memanfaatkan hubungan tersebut untuk kepentingan pribadi mereka.

6. Sering Menggunakan Manipulasi atau Intrik
Mereka cenderung menggunakan strategi manipulatif atau intrik untuk mencapai tujuan mereka. Mereka mungkin memanfaatkan informasi sensitif, gosip, atau pun intrik politik untuk mendapatkan keuntungan atau mengalahkan pesaing.

7. Tidak Konsisten dalam Pendirian atau Nilai
Orang yang sering mencari muka mungkin akan mengubah pendirian atau nilai mereka sesuai dengan kebutuhan atau situasi. Mereka mungkin tidak memiliki integritas yang kuat dan lebih memilih untuk bersikap fleksibel agar mendapatkan dukungan atau keuntungan dari orang lain.

Meskipun perilaku mencari muka ini dapat berhasil dalam jangka pendek untuk mendapatkan perhatian atau keuntungan tertentu, dalam jangka panjang, perilaku tersebut seringkali akan merugikan diri mereka sendiri dan mempengaruhi hubungan mereka dengan orang lain. Oleh karena itu, penting untuk mengenali ciri-ciri tersebut agar dapat menghindari terjebak dalam pola perilaku yang tidak sehat.

 Komentar

 Terbaru

Olahraga19 Mei 2024 13:06
Danny Pomanto Lepas Ribuan Peserta Monas Half Marathon 2024
MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto melepas ribuan Peserta Run The City Makassar LPS Monas Half Marathon 2024, di Tugu MNEK CPI, M...
News19 Mei 2024 11:18
Sulsel Siap Laksanakan Pilkada Serentak 27 November
MAKASSAR – Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Sulsel, Muhammad Rasyid, mewakil Pj Gubernur Sulsel menghadiri sosialisasi penyel...
News19 Mei 2024 09:15
Gerak Cepat, Pj Gubernur Zudan Rapat Terbatas Bersama Kepala OPD
MAKASSAR – Prof Zudan Arif Fakrulloh usai dilantik menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) langsung menggelar rapat terbatas be...
News19 Mei 2024 08:10
Profil Prof Zudan Arif Fakrulloh yang Jabat Pj Gubernur Sulsel
MAKASSAR – Prof Zudan Arif Fakrulloh adalah seorang birokrat Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (S...