Logo Lintasterkini

Otoritas Bandara Gandeng Denpom TNI Terkait Oknum TNI Teror Bom

Muh Syukri
Muh Syukri

Rabu, 13 Juni 2018 04:05

Otoritas Bandara Gandeng Denpom TNI Terkait Oknum TNI Teror Bom

MEDAN – Oknum prajurit TNI berinisial NS (24 tahun) yang melempar guyonan soal bom di atas pesawat Wings Air rute Padang-Jambi pada Senin (11/6/2018) sore diserahkan kepada otoritas bandara.

Pihak otoritas bandara juga menggandeng Denpom TNI untuk menindaklanjuti kecerobohan anggotanya. Bahkan menurut rencana, NS akan diterbangkan kembali ke markasnya di Aceh untuk dijatuhi sanksi.

Executive General Manager PT Angkasa Pura II (persero) Cabang Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Dwi Ananda Wicaksono menjelaskan, pihak maskapai sudah menjalankan prosedur pengamanan dan pencegahan aksi terorisme sesuai jalur. Ia menegaskan tidak ada pembedaan respons antara pelaku yang merupakan aparat penegak hukum atau pun warga sipil.

“Ke depan kami antisipasi lebih banyak melalui media sosial. Namun apakah sosialiasi menjamin tidak ada aksi semacam itu, ya kami tidak bisa menjamin. Namun yang digodok pemerintah adalah penerapan sanksinya,” jelas Dwi di BIM, Selasa (12/6/2018).

Diberitakan sebelumnya, gara-gara ulah NS yang bercanda soal bom di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), pesawat jurusan Padang-Jambi terpaksa alami penundaan hingga 1,5 jam. Setelah candaan itu, seluruh penumpang terpaksa diturunkan kembali menuju ruang tunggu.

Pelaku candaan bom, NS, sebetulnya sedang melakukan perjalanan mudik Lebaran. NS melakukan perjalanan dari Aceh menuju Medan, kemudian transit di Padang dan selanjutnya terbang menuju Jambi menggunakan maskapai Wings Air dengan nomor penerbangan 1293.

“Kejadiannya, pramugari menanyakan ke oknum tersebut apa isi dus di sebelahnya di jawab sama yang bersangkutan bom,” ujar Dwi.

Setelah lontaran candaan bom disampaikan pelaku pada pukul 16.02 WIB, pramugari kemudian melaporkan hal tersebut kepada pilot untuk ditindaklanjuti. Langkah selanjutnya sesuai prosedur penerbangan, semua penumpang diturunkan dan dilakukan pemeriksaan ulang.

Sementara itu pelaku digiring ke Posko Pengamanan Bandara oleh petugas Avsec AP II. Petugas gabungan TNI/Polri juga ikut mengamankan pelaku.

“Dan petugas avsec memeriksa ulang, penumpang dan bagasinya. Setelah dinyatakan clear maka pesawat kembali diberangkatkan menuju Jambi,” jelas Dwi.

Pengelola bandara mengingatkan penumpang untuk tidak iseng melontarkan candaan bom baik di bandara atau di atas pesawat udara. (*)

Penulis : Slamet

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal02 Agustus 2021 14:11
Polda Sulsel Resmi Tetapkan 13 Tersangka Kasus Korupsi RS Batua Makassar
MAKASSAR– Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Polda Sulsel) resmi telah mengumumkan tersangka kasus dugaan korupsi proyek pembangunan Rumah Saki...
Nasional02 Agustus 2021 13:57
Duh! Akibat Pandemi Corona, Lion Group Rumahkan Ribuan Karyawan
JAKARTA– Pandemi Virus Corona (Covid-19) yang hingga saat ini masih saja belum usai, akhirnya membuat berbagai perusahaan menjadi terpuruk. Sepe...
Bersama Melawan Covid-1902 Agustus 2021 10:53
Jaga Prokes, Petugas Gabungan Razia di Perbatasan Makassar-Gowa
Setiap pengendara yang tidak memakai masker diberhentikan petugas. Mereka diminta untuk memakai masker yang benar. Tidak hanya itu, petugas juga menge...
News01 Agustus 2021 21:52
Yusran Jusuf Bangun Yayasan TernaKita Satu Kambing untuk Satu Anak Yatim
MAROS — Mantan Pj Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf rupanya tidak hanya kembali ke dunia akademisi untuk mengabdikan dirinya kepada mahasiswa. Tetapi...