Logo Lintasterkini

Mahfud MD Sebut Kasus Penembakan di Rumah Irjen Ferdy Harus Diusut Tuntas

Herwin Bahar
Herwin Bahar

Rabu, 13 Juli 2022 21:29

Menko Polhukam Mahfud MD. Humas Kemenko Polhukam
Menko Polhukam Mahfud MD. Humas Kemenko Polhukam

JAKARTA – Menko Polhukam Mahfud MD menyoroti kasus polisi tembak polisi di rumah singgah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. Mahfud menyebut kasus ini harus diungkap tuntas karena banyak kejanggalan.

Mahfud MD dalam keterangan lewat akun Instagram mohmahfudmd, Rabu, 13 Juli, menyebut langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membentuk tim investigasi gabungan sudah tepat. Kemenko Polhukam ditegaskan Mahfud MD akan mengawalnya.

“Kasus ini memang tak bisa dibiarkan mengalir begitu saja karena banyak kejanggalan yang muncul dari proses penanganan, maupun penjelasan Polri sendiri yang tidak jelas hubungan antara sebab dan akibat setiap rantai peristiwanya,” kata Mahfud MD.

“Sebagai Ketua Kompolnas, saya sudah berpesan kepada Sekretaris Kompolnas Benny J. Mamoto untuk aktif menelisik kasus ini guna membantu POLRI membuat perkara menjadi terang,” sambung Mahfud.

Saat ini perkembangan penanganan kasus polisi tembak polisi disebut Mahfud sudah baik.

“Perkembangannya bagus juga karena selain membentuk Tim, Kapolri juga sudah mengumumkan untuk menggandeng Kompolnas dan Komnas HAM guna mengungkap secara terang kasus ini,” kata dia.

Tim Khusus Sedang Bekerja

Sementara itu, tim khusus bentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sudah mulai bekerja menangani kasus tewasnya Brigadir J karena baku tembak dengan Bharada E di rumah singgah Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo. Pencarian bukti dan petunjuk pun dilakukan.

“Tim khusus sudah bekerja dan setelah selesai akan kami sampaikan,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan dalam keterangannya, Rabu, 13 Juli.

Hanya saja, tak disampaikan secara rinci langkah awal yang sudah dilakukan tim khusus dalam penanganan kasus tersebut.

Sejauh ini, Ramadhan hanya menegaskan Polri akan komitmen untuk menyelesaikan kasus itu.

“Kami sampaikan bahwa pimpinan Polri berkomitmen untuk menyelesaikan kasus ini dengan tuntas,” kata Ramadhan.

Langkah awal yang dilakukan tim khusus diduga dengan melakukan olah tempat kejadian perkara di rumah singgah Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo di kompleks Polri Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan.

Sebab, pada Selasa 12 Juli, malam, nampak puluhan polisi di rumah singgah itu. Mulai dari Kabareskrim Komjen Agus Ardianto hingga Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto.

 Komentar

 Terbaru

Politik31 Mei 2023 16:21
Respons Partai Demokrat terhadap Pernyataan Presiden Joko Widodo tentang Pertemuan Presiden dengan Partai Demokrat
JAKARTA – Partai Demokrat memberikan klarifikasi atas pernyataan Presiden Joko Widodo bahwa “Demokrat sering ke Istana. PKS juga ke Istana, ...
Peristiwa31 Mei 2023 15:39
Kesal Rumahnya Dikepung Asap Pembakaran Ban, Emak- emak di Pinrang Siram Peserta Unras Dengan Air
PINRANG– Merasa kesal karena rumahnya terkepung asap tebal berwarna hitam gegara akai pembakaran ban yang dilakukan sekelompok mahasiswa yang be...
Ekonomi & Bisnis31 Mei 2023 14:10
Percepat Transformasi Digital lewat Gotong Royong, Indosat Hadirkan Empowering Indonesia Forum
JAKARTA – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) menyelenggarakan Empowering Indonesia Forum, sebuah diskusi panel yang menyatukan ide para pemimpin be...
Ekonomi & Bisnis31 Mei 2023 12:08
Kalla Kars Luncurkan United E-Motor, Motor Listrik “All Terrain” Pertama di Indonesia
MAKASSAR – Kalla Kars resmi menjadi authorized dealer United E-Motor. Empat tipe motor listriknya diperkenalkan kepada pelanggan di Mal Ratu Ind...