Logo Lintasterkini

Protes, Ratusan Siswa SMA di Polewali Mogok Belajar

Muh Syukri
Muh Syukri

Kamis, 13 September 2012 01:32

Ratusan siswa SMA di Polewali Mandar menggelar aksi unjuk rasa di sekolah mereka. (foto: kompas.com)
Ratusan siswa SMA di Polewali Mandar menggelar aksi unjuk rasa di sekolah mereka. (foto: kompas.com)

Ratusan siswa SMA di Polewali Mandar menggelar aksi unjuk rasa di sekolah mereka. (foto: kompas.com)

POLEWALI – Ratusan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) I Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Rabu siang (12/9/2012) berunjuk rasa di sekolah mereka. Mereka mendesak kepala SMAN I Wonomulyo Muhammad Ruslan turun dari jabatannya karena dianggap kinerjanya buruk.

Dari pantauan, ratusan siswa SMAN I Wonomulyo ini berkumpul dan berorasi secara bergantian di halaman sekolah mereka. Selain itu, mereka juga menggelar aksi mogok belajar. Sebagian dari mereka menyegel seluruh ruangan kelas dengan kursi dan meja. Sementara kursi-kursi di ruang kelas diobrak abrik. Para siswa mengancam akan terus mogok belajar hingga kepala sekolah mereka dicopot dari jabatannya.

Aksi unjuk rasa ini merupakan buntut dari kekesalan siswa terhadap kepala sekolah, Muhammad Ruslan yang sudah tiga tahun dinilai tidak mampu mengangkat prestasi siswa dan sekolahnya.

Salah seorang siswi, Fitriani menyatakan, para siswa mengaku sejak kepemimpinan Muhammad Ruslan, tidak satupun kegiatan ekstrakurikuler seperti lomba olimpiade atau cerdas cermat mampu dijuarai sekolahnya.

Bahkan, menurutnya, nilai ujian nasional siswa-siswi SMAN I Wonomulyo dari tahun ke tahun terus menurun. Banyaknya konflik internal guru dan kepala sekolah mencat sejak kepemimpinan Ruslan dan berdampak pada prestasi siswa dan sekolah mereka di tengah persaingan prestasi dengan sekolah lain.

Hingga aksi unjuk rasa ini berakhir sore tadi, Muhammad Ruslan tak kunjung menemui para pengunjuk rasa. Tim pengawas tingkat SMA dari Dinas Pendidikan Kabupaten Polewali Mandar yang menemui siswa pengunjuk rasa berjanji akan segera memanggil kepala sekolah untuk dimintai klarifikasi terkait tuntutan mereka. (kpc)

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis26 Juli 2024 23:59
Beginilah Bentuk Implementasi CIMB Niaga Terhadap Bisnis Berkelanjutan
MAKASSAR – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus menunjukkan komitmennya dalam mengimplementasikan prinsip keberlanjutan dalam setiap kegiat...
News26 Juli 2024 20:59
Bumi Karsa Turut Bantu Korban Longsor di Gorontalo, Salurkan Makanan Instan Hingga Perlengkapan Medis
GORONTALO – Bumi Karsa turut membantu korban longsor yang terjadi di Kecamatan Suwawa, Gorontalo. Bantuan yang disalurkan berupa puluhan dus makanan...
Politik26 Juli 2024 18:48
PAN Terima Pendaftaran Andi Seto Sebagai Bakal Calon Wali Kota Makassar
MAKASSAR – Andi Seto Asapa mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon wali kota Makassar di DPD PAN Makassar, di Jalan Abdullah Dg Sirua, Ju...
News26 Juli 2024 16:52
Fashion Show Kucing, Meriahkan Zona 5 F8
MAKASSAR – Salah satu bagian dari Event Makassar Internasional Eight Festival abd Forum (F8), disemarakkan oleh komunitas para pemerhati kucing....