Logo Lintasterkini

Protes, Ratusan Siswa SMA di Polewali Mogok Belajar

Muh Syukri
Muh Syukri

Kamis, 13 September 2012 01:32

Ratusan siswa SMA di Polewali Mandar menggelar aksi unjuk rasa di sekolah mereka. (foto: kompas.com)
Ratusan siswa SMA di Polewali Mandar menggelar aksi unjuk rasa di sekolah mereka. (foto: kompas.com)

Ratusan siswa SMA di Polewali Mandar menggelar aksi unjuk rasa di sekolah mereka. (foto: kompas.com)

POLEWALI – Ratusan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) I Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Rabu siang (12/9/2012) berunjuk rasa di sekolah mereka. Mereka mendesak kepala SMAN I Wonomulyo Muhammad Ruslan turun dari jabatannya karena dianggap kinerjanya buruk.

Dari pantauan, ratusan siswa SMAN I Wonomulyo ini berkumpul dan berorasi secara bergantian di halaman sekolah mereka. Selain itu, mereka juga menggelar aksi mogok belajar. Sebagian dari mereka menyegel seluruh ruangan kelas dengan kursi dan meja. Sementara kursi-kursi di ruang kelas diobrak abrik. Para siswa mengancam akan terus mogok belajar hingga kepala sekolah mereka dicopot dari jabatannya.

Aksi unjuk rasa ini merupakan buntut dari kekesalan siswa terhadap kepala sekolah, Muhammad Ruslan yang sudah tiga tahun dinilai tidak mampu mengangkat prestasi siswa dan sekolahnya.

Salah seorang siswi, Fitriani menyatakan, para siswa mengaku sejak kepemimpinan Muhammad Ruslan, tidak satupun kegiatan ekstrakurikuler seperti lomba olimpiade atau cerdas cermat mampu dijuarai sekolahnya.

Bahkan, menurutnya, nilai ujian nasional siswa-siswi SMAN I Wonomulyo dari tahun ke tahun terus menurun. Banyaknya konflik internal guru dan kepala sekolah mencat sejak kepemimpinan Ruslan dan berdampak pada prestasi siswa dan sekolah mereka di tengah persaingan prestasi dengan sekolah lain.

Hingga aksi unjuk rasa ini berakhir sore tadi, Muhammad Ruslan tak kunjung menemui para pengunjuk rasa. Tim pengawas tingkat SMA dari Dinas Pendidikan Kabupaten Polewali Mandar yang menemui siswa pengunjuk rasa berjanji akan segera memanggil kepala sekolah untuk dimintai klarifikasi terkait tuntutan mereka. (kpc)

 Komentar

 Terbaru

Pendidikan20 April 2024 08:43
Semangat Kebersamaan, TK Islam Athirah Bukit Baruga Gelar Halal Bi Halal 
MAKASSAR – Semarak silaturahmi terasa di TK Islam Athirah Bukit Baruga hari Jumat 18/4 pasca libur lebaran dengan mengadakan kegiatan Halal Bi H...
Pendidikan19 April 2024 20:15
Program Beasiswa KALLA Dibuka Hingga 30 April 2024 untuk Mahasiswa Sulsel, Sulbar, Sulteng dan Sultra
MAKASSAR – Melihat presentasi putus kuliah di Indonesia Timur yang semakin tinggi, LAZ Hadji Kalla kembali menghadirkan program pemberian bantua...
News19 April 2024 18:10
Hati-hati! Akun Facebook Catut Nama Wali Kota Makassar Berkedok Donatur
MAKASSAR – Sebuah akun Facebook yang mencatut nama Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto, beredar di Facebook. Akun yang ...
News19 April 2024 17:33
Jumat Sehat, GMTD Gelar Senam Sehat Bersama di Green River View 
MAKASSAR – PT Gowa Makassar Tourism Development,Tbk (GMTD) mengajak warga bersama karyawan PT GMTD melakukan kegiatan senam bersama setelah lebi...