Logo Lintasterkini

7 Manfaat Pertumbuhan Anak Bermain Lego Block

Muh Syukri
Muh Syukri

Senin, 13 September 2021 12:25

Manfaat Pertumbuhan Anak Bermain Lego Block
Manfaat Pertumbuhan Anak Bermain Lego Block

JENIS permainan lego block sebenarnya bukan hanya bermanfaat bagi anak kecil atau anak balita saja tetapi mainan ini juga sangat bermanfaat bagi anak usia sekolah. Bahkan lego bisa saja membantu anak sekolah untuk menorehkan prestasi di sekolah karena model permainannya yang unik dan cenderung edukatif.

Bagi Anda yang penasaran mengenai bagaimana lego block bisa membuat anak bisa berprestasi bisa ikuti tulisan di bawah ini.

Membiasakan anak untuk memecahkan masalah
Manfaat dari lego block pada anak usia sekolah sebenarnya sangat banyak sebab bermain lego bisa membuat anak melakukan berbagai hal yang dapat meningkatkan prestasinya. Salah satu cara lego dalam meningkatkan prestasi anak adalah dengan membiasakan anak untuk bisa memecahkan segala permasalahan yang terjadi dalam hidupnya sehingga anak selalu dapat mengatasi masalahnya.

Mengasah daya hitung anak
Permainan lego juga ternyata bisa melatih anak untuk terus berpikir termasuk memikirkan perhitungan yang tepat. Itulah mengapa main lego block juga bisa membantu mengasah daya hitung anak sehingga keahlian berhitung anak bisa semakin meningkat.
Dengan kata lain keahlian matematika anak bisa semakin terasah dan juga semakin meningkat.

Melatih anak memberikan apresiasi
Anak mungkin bekerja sama dengan orang lain saat merakit lego atau saat membangun sesuatu hingga menjadi objek tertentu. Saat orang lain berhasil membangun lego dengan baik maka anak bisa belajar untuk memberikan apresiasi.
Di kemudian hari tentunya anak akan bertumbuh dengan karakter yang selalu bisa memberikan apresiasi pada orang lain.

Mengembangkan kreasi anak
Sudah pasti proses perakitan lego block membutuhkan kreasi dari anak agar hasil karya rakitan lego bisa sesuai dengan apa yang diharapkan. Saat anak berusaha untuk merakit lego agar menyerupai objek yang dibayangkan maka pada saat itulah terjadi proses peningkatan kreasi anak.
Kreasi yang terus berkembang akan mendorong timbulnya kreativitas yang tinggi pada anak.

Mendorong anak untuk berani menunjukkan hasil karya
Saat bermain lego block tentunya anak akan selalu berusaha untuk menciptakan suatu hasil karya melalui rakitan lego yang dilakukannya. Anak akan menunjukkan hasil karyanya pada orang lain sehingga anak bisa melatih keberaniannya untuk menunjukkan hasil kerjanya.
Dengan bermain lego maka anak akan meningkatkan keberaniannya dan hal ini sudah seharusnya mendapat dukungan dari orang tua.

Membuat anak terbiasa bersosialisasi
Anak yang merakit lego bersama dengan orang lain akan terbiasa dengan keberadaan orang lain sehingga ia semakin terbiasa untuk bersosialisasi dengan orang lain. Mungkin pada awalnya setiap anak enggan untuk bersosialisasi dengan orang lain.
Namun bermain lego bisa membantu anak untuk semakin mengembangkan kemampuannya dalam bersosialisasi.

Mendukung anak untuk bekerja sama
Bukan hanya bersosialisasi saja yang bisa dikembangkan pada anak namun bermain lego block juga bisa melatih anak untuk bersedia bekerja sama dengan orang lain. Kerja sama bisa tercipta saat anak bersama dengan orang lain sama-sama berusaha untuk menciptakan hasil karya yang serupa atau sama dari proses merakit atau membangun lego.

Cara lego dalam mengasah kemampuan anak seperti di atas tentunya perlu diketahui oleh ayah dan ibu sekalian. Bermain lego memang bisa membantu anak untuk bisa mengembangkan seluruh kemampuan serta keberanian yang dimilikinya.

Tak heran bila anak yang suka bermain lego block akan lebih mudah berprestasi karena kemampuannya yang semakin terasah.

 Komentar

 Terbaru

Nasional17 September 2021 16:57
Kompolnas Dorong Polri Terapkan Layanan Berbasis Online di Bidang Lalu Lintas
MAKASSAR– Demi memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan polisi Lalu Lintas secara online, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mendorong ...
News17 September 2021 16:38
Jelang HUT Lantas Ke-66 Tahun, Satuan Lantas Polrestabes Makassar Kunjungi Rumah Kumuh
MAKASSAR – Dalam rangka menyambut HUT Lantas yang ke 66 Tahun, Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AKBP Andi Kumara mengandeng komunitas Vespa un...
Bersama Melawan Covid-1917 September 2021 11:43
Ratusan Pekerja THM di Makassar Divaksinasi, Berharap Segera Bekerja Kembali
Ketua AUHM, Zulkarnain Ali Naru menyampaikan vaksinasi kali ini dimaksudkan untuk menyasar lebih kurang 700 pekerja yang belum divaksin. Dosis vaksin...
News17 September 2021 09:42
Agung Sucipto Bersaksi Jika Nurdin Abdullah Tak Terlibat Dalam OTT
Terdakwa Agung Sucipto (AS) membeberkan sejumlah fakta persidangan. Ia bersaksi, jika Nurdin Abdullah (NA) sama sekali tidak terlibat dalam penyerahan...