Logo Lintasterkini

Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Ikuti Program AFS

Muh Syukri
Muh Syukri

Selasa, 13 September 2022 13:47

Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Ikuti Program AFS
Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Ikuti Program AFS

MAKASSAR -Salah satu pelajar di Kota Makassar bernama Niswah Syakirah lolos American Field Service (AFS) Intercultural Program 2022 di Istituto Scolastico Alighieri, Revanne Italia. Niswah Syakirah merupakan siswa dari sekolah Menengah Atas (SMA) Islam Athirah Bukit Baruga.

Sekolah yang terletak di sektor Manggala itu selalu mengirimkan siswanya untuk belajar ke luar negeri melalu lembaga lembaga internasional salah satunya melaui program AFS. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Bakry Liwang.

“Sebelum pandemi tiap tahun siswa kami ada yang lolos untuk mendapatkan kesempatan belajar di luar negeri setelah pandemi ini alhamdulillah sudah dua anak kami mengikuti program ini. Niswah merupakan siswa kedua sebelumnya juga ada abrar belajar di italia,”tuturnya, Saat ditemui di ruangnya, Selasa (12/9/2022).

Lebih lanjut, dia mengatakan sekolah terus memotivasi kepada semua siswa untuk mengikuti program seperti ini. Sebab baginya merupakan kegiatan positif.

“Jadi kami sekolah terus mensuport dan memotivasi untuk ikut program yang menawarkan seperti ini karena tentunya menambah pengalaman baru serta wawasannya semakin bertambah,”tuturnya.

Sementara itu, Presiden AFS Chapter Makassar, Andi Hasniar Nur menjelaskan Program AFS adalah program pertukaran pelajar dengan pilihan negara tujuan dan durasi yang beragam.

“AFS menyediakan program ke pertukaran pelajar ke berbagai negara dengan durasi short yakni program tiga bulan (trimester), satu semester, dan long merupakan program satu tahun untuk niswah ini merupakan program short yang diikuti,”tuturnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan untuk mengikuti program AFS peserta Tak hanya punya nilai akademik yang baik, calon peserta juga diharapkan memiliki dan mengikuti kegiatan non-akademis di sekolah maupun luar sekolah.

“selain nilai akademik juga ditunjang kegiatan kegiatan organisasi yang mereka ikuti dan Tentunya untuk mengikuti program ini calon peserta harus mendapat izin dari sekolah dan orang tua,”jelasnya.

Selain itu, ia menambahkan calon peserta harus tinggal dan bersekolah di Indonesia. Serta mereka harus kembali ke kelas setelah program yang dilakukan selesai.

Diketahui, Niswah Syakirah merupakan siswa kelas XII IPS yang mendapatkan kesempatan belajar di italia melalui program AFS. Niswah selama di Italia akan mengikuti proses pembelajaran seperti ia dapatkan di sekolah. Selain itu, Niswah akan mendapatkan orang tua angkat selama disana.

Penulis : Azho

 Komentar

 Terbaru

Pemerintahan19 April 2024 13:55
Pemkot Makassar Jadi Pemerintah Kota Pertama di Indonesia Timur Terapkan KKPD
MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mulai menggunakan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD). Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah...
Ekonomi & Bisnis19 April 2024 11:50
Kallafriends Catatkan Peningkatan Transaksi Selama Ramadan Hingga Lebaran
MAKASSAR – Dengan berbagai fitur dan program menarik yang dihadirkan, Kallafriends kini semakin menjadi pilihan pelanggan setia KALLA dalam bert...
Ekonomi & Bisnis19 April 2024 11:44
Indosat Ooredoo Hutchison-Mastercard Umumkan Kemitraan Cybersecurity Center of Excellence
JAKARTA – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat or IOH) dan Mastercard hari ini menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk berkolaborasi dalam men...
News19 April 2024 11:23
Ditagih Janji Pemberdayaan Pak Ogah, Dirlantas Polda Sulsel Sebut Media Tidak Profesional
MAKASSAR – Kritikan terhadap makin maraknya pak ogah di Kota Makassar tak kunjung usai. Media sosial (Medsos) dan online terus menyoroti makin menja...