Logo Lintasterkini

Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Ikuti Program AFS

Muh Syukri
Muh Syukri

Selasa, 13 September 2022 13:47

Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Ikuti Program AFS
Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Ikuti Program AFS

MAKASSAR -Salah satu pelajar di Kota Makassar bernama Niswah Syakirah lolos American Field Service (AFS) Intercultural Program 2022 di Istituto Scolastico Alighieri, Revanne Italia. Niswah Syakirah merupakan siswa dari sekolah Menengah Atas (SMA) Islam Athirah Bukit Baruga.

Sekolah yang terletak di sektor Manggala itu selalu mengirimkan siswanya untuk belajar ke luar negeri melalu lembaga lembaga internasional salah satunya melaui program AFS. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Bakry Liwang.

“Sebelum pandemi tiap tahun siswa kami ada yang lolos untuk mendapatkan kesempatan belajar di luar negeri setelah pandemi ini alhamdulillah sudah dua anak kami mengikuti program ini. Niswah merupakan siswa kedua sebelumnya juga ada abrar belajar di italia,”tuturnya, Saat ditemui di ruangnya, Selasa (12/9/2022).

Lebih lanjut, dia mengatakan sekolah terus memotivasi kepada semua siswa untuk mengikuti program seperti ini. Sebab baginya merupakan kegiatan positif.

“Jadi kami sekolah terus mensuport dan memotivasi untuk ikut program yang menawarkan seperti ini karena tentunya menambah pengalaman baru serta wawasannya semakin bertambah,”tuturnya.

Sementara itu, Presiden AFS Chapter Makassar, Andi Hasniar Nur menjelaskan Program AFS adalah program pertukaran pelajar dengan pilihan negara tujuan dan durasi yang beragam.

“AFS menyediakan program ke pertukaran pelajar ke berbagai negara dengan durasi short yakni program tiga bulan (trimester), satu semester, dan long merupakan program satu tahun untuk niswah ini merupakan program short yang diikuti,”tuturnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan untuk mengikuti program AFS peserta Tak hanya punya nilai akademik yang baik, calon peserta juga diharapkan memiliki dan mengikuti kegiatan non-akademis di sekolah maupun luar sekolah.

“selain nilai akademik juga ditunjang kegiatan kegiatan organisasi yang mereka ikuti dan Tentunya untuk mengikuti program ini calon peserta harus mendapat izin dari sekolah dan orang tua,”jelasnya.

Selain itu, ia menambahkan calon peserta harus tinggal dan bersekolah di Indonesia. Serta mereka harus kembali ke kelas setelah program yang dilakukan selesai.

Diketahui, Niswah Syakirah merupakan siswa kelas XII IPS yang mendapatkan kesempatan belajar di italia melalui program AFS. Niswah selama di Italia akan mengikuti proses pembelajaran seperti ia dapatkan di sekolah. Selain itu, Niswah akan mendapatkan orang tua angkat selama disana.

Penulis : Azho

 Komentar

 Terbaru

Teknologi & Sains23 Februari 2024 20:26
Realme Note 50 Resmi Meluncur di Indonesia Harga Rp1 jutaan, Ini Spesifikasinya
JAKARTA – Realme Note 50 akhirnya resmi di Indonesia, setelah debut di Filipina pada Rabu (24/1/2024). Smartphone ini menjadi model pertama Real...
Pemerintahan23 Februari 2024 18:48
Gowa Masuk Penilaian PPD Tahap II Berkat Inovasi Proksi Rumah Produktif
GOWA – Sebagai upaya pemulihan perekonomian, Kabupaten Gowa menggagas iovasi produktivitas simultan rumah produktif yang hadir untuk mencetak us...
Ekonomi & Bisnis23 Februari 2024 16:17
Bukit Baruga-Bank Mandiri Teken MoU, Target Penjualan 110 Unit di Tahun 2024
MAKASSAR – PT Bumi Asri Nusa dibawah naungan Kalla Land & Property resmi menjalin perjanjian kerjasama dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk....
Gaya Hidup23 Februari 2024 16:15
Identifikasi Tanda-tanda Pria Lebih Mencintai Perempuan Lain
LintasTerkini.com – Cinta, dengan segala kompleksitasnya, sering kali menjadi subjek yang rumit dan penuh dengan tanda tanya. Dalam sebuah hubun...