Logo Lintasterkini

Pasangan IA Janjikan Bantuan Hukum Bagi Kaum Miskin

Muh Syukri
Muh Syukri

Sabtu, 13 Oktober 2012 11:59

Ilham dan Azis
Ilham dan Azis

Ilham dan Azis

MAKASSAR –Â Â Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar menjanjikan akan menyiapkan bantuan hukum bagi kaum miskin.

“Tim kami tengah melakukan finalisasi terhadap konsep ini. Pendampingan bantuan hukum sudah menjadi hak masyarakat untuk mendapatkan rasa keadilan,” kata Ilham di Makassar, belum lama ini.

Usai membuka sosialisasi program bantuan hukum kerja sama Pemkot Makassar dengan LBH Makassar serta yayasan TIFA di Kantor Camat Biringkanaya Makassar, Ilham mengatakan, bantuan hukum itu tidak akan dibebankan pembiayaannya kepada rakyat.

Ilham menjelaskan, kelompok masyarakat kurang mampu di Sulsel sangat rentan bersoal dengan hukum mengingat pengetahuan mereka tentang hukum dan pemerintahan sangat minim.

“Ini adalah tanggung jawab pemerintah untuk memberikan rasa keadilan masyarakat terhadap kepastian hukum. Harusnya ini menjadi bagian tanggung jawab pemerintah sehingga tidak ada kasus hukum yang kemudian menjadikan masyarakat kita tidak mendapatkan perlindungan,” paparnya.

Dikatakannya, kecenderungan masyarakat di pelosok desa selalu dalam posisi berharap agar mendapatkan perlindungan, tetapi tidak mencari ataupun menuntut. Tidak semua masyarakat memahami kondisi tata hukum dan pemerintahan.

“Di sinilah letak tanggung jawab pemerintah untuk melakukan perlindungan terhadap rasa keadilan masyarakat kita di depan hukum. Insya Allah, program bantuan hukum gratis yang kami terapkan di kota Makassar, akan diadopsi masuk dalam kebijakan Pemerintah Provinsi Sulsel. Tim sudah menyusun konsepnya,” tambah lham. (ant)

 Komentar

 Terbaru

Nasional18 Mei 2022 13:47
Soal UAS Ditolak Masuk Singapura, Abu Janda Bilang Pemerintah Jangan Bela
JAKARTA – Kali ini penggiat media sosial Permadi Arya atau yang akrab disapa Abu Janda kembali berkomentar terkait dengan kebijakan Singapura ya...
Hukum & Kriminal18 Mei 2022 11:28
Arfandi Tewas Setelah Ditangkap Polisi, Kabid Humas : Belum Ada Tersangka
MAKASSAR – Sebanyak enam orang oknum polisi masih diamankan pihak Propam Polda Sulsel terkait kematian Muh Arfandi (18), warga yang tewas usai d...
News17 Mei 2022 22:18
Mahasiswa Bima Gelar Aksi Solidaritas di Makassar
MAKASSAR – Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Bima dan Dompu (AMBD) Sulawesi Selatan menggelar aksi unjuk rasa di Flyover ...
Peristiwa17 Mei 2022 17:22
Empat Rumah di Jalan Sunu Makassar Terbakar
MAKASSAR – Sebanyak empat rumah di Jalan Sunu Lorong 1A, Kecamatan Tallo, Kota Makassar terbakar, Selasa (17/5/2022). Tidak ada korban jiwa dala...