Logo Lintasterkini

Kilang Minyak Pertamina di Cilacap Kembali Terbakar, Satu Tangki Berisi Pertalite Ludes

Maulana Karim
Maulana Karim

Sabtu, 13 November 2021 22:38

Tangkapan Layar Video Amatir Menunjukkan Kilang Minyak Cilacap miliki Pertamina Terbakar.
Tangkapan Layar Video Amatir Menunjukkan Kilang Minyak Cilacap miliki Pertamina Terbakar.

CILACAP– Kebakaran hebat kembali melanda Kilang minyak Cilacap Refinery Unit (RU IV) milik PT Pertamina (Persero) pada Sabtu (13/11/21) malam.

Berdasarkan informasi yang diperoleh lokasi tangki yang terbakar berada di daerah Banjaran di Wilayah Kelurahan Donan, tidak jauh dari pintu gerbang masuk utama Kilang RU IV Cilacap.

Pihak Pertamina yang dikonfirmasi awak media membenarkan adanya kebakaran di Kilang Cilacap yang terjadi sejak pukul 19.30 WIB.

Namun, pihak Pertamina menyebut bahwa kebakaran itu hanya terjadi pada salah 1 buah tanki berisi produk Pertalite yang berada di area Kilang Cilacap saja.

“Saat ini tim pemadam kebakaran Pertamina tengah berupaya maksimal untuk melakukan pemadaman di area tangki, jadi pemadaman terlebih dahulu dilakukan secara offensif, dan kita upayakan melakukan penyekatan serta pendinginan agar energi panas tidak menyebabkan kebakaran melebar,” Corporate Secretaty Subholding Refining & Petrochemical, PT Kilang Pertamina International (KPI) Ifki Sukarya saat dimintai konfirmasi.

Selain itu, Ifki juga menyampaikan, paralel Pertamina saat ini juga tengah melakukan pengecekan masyarakat di sekitar area kejadian untuk memastikan masyarakat dalam kondisi aman.

Hanya saja, Ifki belum bisa memperkirakan kapan kobaran api tersebut bisa dipadamkan. Tim Pertamina disebutnya tengah fokus untuk berupaya semaksimal mungkin.

“Kami belum tahu ya, tapi kita upayakan secara maksimal agar upaya pemadaman bisa ditangani lebih baik,” ujar Ifki.

“Kami akan segera update progres upaya pemadaman yang berlangsung,” terangnya

Seperti diketahui, Kilang Cilacap RU IV sebelumnya pernah terbakar pada Jumat (11/6/2021) lalu.

Kilang Cilacap merupakan satu dari 6 Kilang Pertamina, dan kapasitas pengolahan 270 ribu barel per hari. Kilang ini memiliki sekitar 200 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas serta BBM hasil pengolahan minyak mentah.

Penulis : Mul

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal20 Mei 2022 19:32
Ciduk Tiga Pelaku Narkoba, Barang Bukti Dua Bal Sabu
PiNRANG — Tiga pelaku narkoba, HR, IR dan HD tak berkutik saat diciduk personel Satuan Resnarkoba Polres Pinrang di dua lokasi (TKP) berbeda bel...
Ekonomi & Bisnis20 Mei 2022 17:29
Hotel Royalbay Lepas dari Fox Lite, Hadirkan Banyak Paket Menarik
MAKASSAR – Hotel Royalbay kini tidak lagi berada dibawah naungan management Fox lite, tetapi diatur dan di manage oleh management lokal Royalbay...
News20 Mei 2022 16:09
Pokdar Kubar Gelar Silaturahmi dan Halal Bihalal
KUTAI BARAT – Kelompok Sadar Ketertiban dan Keamanan ( Pokdar) Kabupaten Kutai Barat dibawa pimpinan Mathias Genting, SH mensponsori pertemuan S...
Liputan Khusus20 Mei 2022 14:14
Tempat Cetak Pelat Palsu Berkeliaran di Makassar, Polisi Razia Pelat Modifikasi – Bagian 2, Selesai
MAKASSAR – Guna mengurangi penggunaan pelat modifikasi dan pelat palsu, pihak Subdit Gakum Ditlantas Polda Sulsel, Jumat (20/5/2022), menggelar ...