Logo Lintasterkini

Andi Mustaman : Mari Kembalikan Kejayaan Laut Indonesia

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Selasa, 13 Desember 2016 23:46

HA Mustaman.
HA Mustaman.

MAKASSAR – Setiap tanggal 13 Desember diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Nusantara yang berawal dari Deklarasi Djuanda yang dicetuskan pada 13 Desember 1957 oleh Perdana Menteri Djuanda Kartawijaya. Melalui deklarasi tersebut, Indonesia merajut dan mempersatukan kembali wilayah dan lautannya yang luas, menyatu menjadi kesatuan yang utuh dan berdaulat.

Dimana Indonesia yang sebelumnya wilayah lautnya hanya selebar 3 mil mengelilingi pulau-pulau telah bertambah menjadi 12 mil. Demikian disampaikan Ketua Yayasan Bhakti Bumi Persada yang memibina STIE Wira Bhakti Makassar, HA Mustaman dalam memperingati Hari Nusantara yang diperingati hari ini. Kata dia, momentum ini sebagai peringatan tonggak bagi penyatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang utuh.

“Hari Nusantara adalah wujud perjuangan dalam menegaskan bahwa di antara pulau yang satu dengan yang lain tidak terdapat laut internasional. Deklarasi ini juga mendasari perjuangan bangsa Indonesia untuk menjadi rezim negara kepulauan dalam rangka mewujudkan Wawasan Nusantara,” jelas HA Mustaman.

Dia berharap peringatan Hari Nusantara tahun ini diharapkan tidak sekadar seremonial, tetapi juga menjadi pemacu untuk mengembalikan kejayaan laut Indonesia, apalagi Presiden telah menegaskan dalam nawa cita bahwa maritim adalah poros utama pembangunan Jokowi.

“Indonesia pernah berjaya dilaut dan mengusai dunia. Hal ini dibuktikan dimasa kerajaan Sriwijaya pada Abad ke-7, Kerajaan Majapahit pada abad ke-14 dan kerajaan lainnya,” tandasnya.

Untuk itu, HA Mustaman berharap peringatan ini akan menjadi pendorong dan semangat baru bagi pemerintah dan segenap komponen masyarakat untuk menjadikan pembangunan kelautan sebagai poros utama pembangunan nasional dan menciptakan sinergisitas pembangunan di semua daerah.

“Luas Indonesia dua pertiganya adalah laut, dimana mengadung potensi yang sangat luar biasa. Saatnya kita kembalikan kejayaan laut Indonesia untuk menunjang kesejahteraan masyarakat Indonesia,” jelas mantan legislator DPRD Sulsel ini.

HA Mustaman menambahkan dengan memiliki lautan yang terbentang luas, bukannya memisahkan, tetapi menyatukan. Dengan begitu, ia menekankan agar kekayaan laut dan perikanan bisa dikembangakan dan dikelola dengan baik agar bisa memberikan kemakmuran bagi masyarakat.

“Manfaatnya tidak hanya dirasakan sekarang, tetapi untuk masa depan. Pemerintah terus bertekad juga memerangi masalah kelautan. Kita harus ingat kembali Deklarasi Djuanda. Komitmen Bapak Djuanda Kartawijaya. Komitmen Bung Karno juga bahwa negara yang kuat, maritimnya kuat,” tegasnya. (*)

 Komentar

 Terbaru

ASN Nekat Mudik Lebaran 2021? Awas, Masyarakat Bisa Laporkan
Nasional07 Mei 2021 23:36
ASN Nekat Mudik Lebaran 2021? Awas, Masyarakat Bisa Laporkan
“Pemerintah meminta partisipasi masyarakat sebagai pengawas eksternal untuk melaporkan ASN yang terbukti mudik saat lebaran tahun ini,” kata Rini....
Iuran BPJS Ketenagakerjaan Diupayakan Bisa Dibayar Lewat Bank Sampah
News07 Mei 2021 23:34
Iuran BPJS Ketenagakerjaan Diupayakan Bisa Dibayar Lewat Bank Sampah
"Tekhnisnya ini, warga membawa sampah yang dikumpulkan untuk dijadikan iuran BPJS Ketenagakerjaan sebesar Rp 16.800 per bulan. Dan banyak sekali manfa...
Lindungi Masyarakat dari Pandemi, Godrej Indonesia Keluarkan Produk Saniter
Bersama Melawan Covid-1907 Mei 2021 23:07
Lindungi Masyarakat dari Pandemi, Godrej Indonesia Keluarkan Produk Saniter
"Kami menggabungkan keduanya menjadi satu elemen fungsi utama untuk mempercepat inovasi dalam upaya memastikan pengembangan produk secara progresif de...
Inginkan Seluruh Anak Bersekolah, Danny Dukung Sekolah Penggerak
Pendidikan07 Mei 2021 22:58
Inginkan Seluruh Anak Bersekolah, Danny Dukung Sekolah Penggerak
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan "Danny" Pomanto menerima kunjungan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sulsel, Jumat (07/05/2021)....