Logo Lintasterkini

Pemprov Sulsel Belum Beri “Sinyal” Jadwal Pelantikan Danny-Fatma

Budi S
Budi S

Minggu, 14 Februari 2021 20:35

Danny-Fatma
Danny-Fatma

MAKASSAR – Jadwal pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar terpilih, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto-Fatmawati Rusdi, belum ada kepastian.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat belum memberi sinyal jadwal pelantikan Danny-Fatma. Meski banyak desakan agar segera dilaksanakan.

Kemendagri pun sebelumnya berharap agar pelantikan kepala daerah terpilih hasil Pilkada serentak 2020 berlangsung pada 17 Februari 2021 ini.

Itu bagi daerah yang hasil Pemilunya tidak bersengketa di Mahkamah Konstitusi (MK). Hasil Pilkada Makassar diketahui tidak berperkara. Bahkan Danny-Fatma telah ditetapkan sebagai kepala daerah terpilih oleh KPU Makassar, juga telah diparipurnakan di DPRD Makassar.

“Saya belum bisa pastikan jadwalnya. Harapan kami pada tanggal 17 Februari semua kepala daerah terpilih dilantik. Kecuali yang masih bersengketa,” sebut Dirjen Otoda Kemendagri, Akmal Malik dikutip dari kompas.com, beberapa waktu lalu.

Saat LINTASTERKINI mengonfirmasi Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Sulsel, Hasan Basri Ambarala, Minggu (14/02/2021), Hasan Basri tidak memberi respons

Kendati begitu, dia pernah memberikan keterangan soal jadwal pelantikan Danny-Fatma yang berpotensi molor saat dikonfirmasi pada 8 Februari.

“Pastimi (17 Februari dilantik) kalau menurut jadwal pelantikan serentak. Tapi kan banyak hal-hal yang mungkin terjadi sehingga molor. Misalnya, SK belum turun dari Kemendagri. Apa dasarnya bapak gubernur untuk melantik?,” tutur Hasan Basri.

Saat kembali ditanya sudah sejauh mana berkas administrasi penetapan Danny-Fatma berproses, dia malah mengarahkan ke Kemendagri untuk menjawabnya.

“Mungkin ini sudah Kemendagri pertanyannya,” ucapnya via pesan singkat WhatsApp.

Hasan Basri pun tidak ingin menjawab pertanyaan soal kapan hasil penetapan itu dikirim ke Kemendagri.

Padahal pada 29 Januari lalu, unsur pimpinan DPRD Makassar telah menyerahkan berita acara hasil Rapat Paripurna Pengesahan Penetapan Danny-Fatma sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar terpilih. Itu diterima langsung Hasan Basri.

Diketahui, di Sulsel sendiri, ada 12 daerah yang menyelenggarakan Pilkada serentak 2020. Lima di antaranya berperkara di MK. (*)

 Komentar

 Terbaru

Ditunjuk Sebagai Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman: Innalillah
News28 Februari 2021 16:27
Ditunjuk Sebagai Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman: Innalillah
Andi Sudirman ditunjuk untuk mengisi kekosongan jabatan Gubernur usai KPK menetapkan Nurdin Abdullah sebagai tersangka korupsi kasus suap....
Terkait Kasus Yang Menjerat NA, Ketua DPW PKB Sulsel Ikut Prihatin
News28 Februari 2021 14:49
Terkait Kasus Yang Menjerat NA, Ketua DPW PKB Sulsel Ikut Prihatin
PINRANG — Kasus dugaan korupsi suap proyek yang menjerat Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah (NA) menyita perhatian publik dalam dua hari te...
Pra Munas IX, LDII Gelar Webinar Peran Agama dalam Ketahanan Keluarga
News28 Februari 2021 11:39
Pra Munas IX, LDII Gelar Webinar Peran Agama dalam Ketahanan Keluarga
Direktur Agama, Pendidikan, dan Kebudayaan Bappenas Amich Alhumami PhD menyampaikan materi agama dan pendidikan akhlak melalui kekuatan ketahanan kelu...
Selain dari Anggu, KPK Sebut Nurdin Abdullah Terima Rp3,4 M dari Kontraktor Lain
Hukum & Kriminal28 Februari 2021 10:09
Selain dari Anggu, KPK Sebut Nurdin Abdullah Terima Rp3,4 M dari Kontraktor Lain
Pada akhir tahun 2020, NA menerima uang sebesar Rp200 juta....