Logo Lintasterkini

Tips agar Tetap Nyaman Beraktivitas di Tengah Cuaca Panas

Redaksi
Redaksi

Selasa, 14 Mei 2024 08:10

Ilustrasi. (Foto: pngtree)
Ilustrasi. (Foto: pngtree)

LintasTerkini.com – Cuaca panas dapat menjadi tantangan bagi kita untuk tetap nyaman saat menjalani aktivitas sehari-hari. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi, kelelahan, dan bahkan penyakit terkait panas. Namun, dengan beberapa langkah sederhana, Anda dapat tetap nyaman dan sehat di tengah cuaca panas yang menyengat.

1. Minum Cukup Air
Penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi saat cuaca panas. Minumlah air secara teratur, bahkan jika Anda tidak merasa haus. Hindari minuman beralkohol dan kafein karena dapat meningkatkan risiko dehidrasi. Perbanyak konsumsi air putih, jus buah segar, dan minuman elektrolit untuk menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang.

2. Kenakan Pakaian yang Tepat
Pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan yang ringan, longgar, dan berwarna terang untuk membantu menjaga tubuh tetap sejuk. Hindari bahan sintetis yang dapat menyimpan panas dan memilihlah pakaian berbahan katun atau linen yang dapat menyerap keringat dengan baik. Topi atau payung juga dapat membantu melindungi kulit dari paparan langsung sinar matahari.

3. Gunakan Tabir Surya
Melindungi kulit dari paparan sinar UV adalah kunci untuk mencegah kerusakan kulit dan kanker kulit. Gunakan tabir surya dengan SPF yang cukup setiap kali Anda keluar rumah, bahkan jika hanya untuk waktu singkat. Oleskan ulang tabir surya setiap dua jam sekali atau setelah berenang atau berkeringat secara berlebihan.

4. Hindari Aktivitas di Jam-jam Tertentu
Jika memungkinkan, hindari aktivitas di luar ruangan saat sinar matahari paling intens, yaitu antara pukul 10 pagi hingga 4 sore. Pilihlah untuk beraktivitas di pagi atau sore hari ketika suhu lebih dingin. Jika Anda harus berada di luar ruangan di jam-jam tersebut, cari tempat teduh untuk melindungi diri dari panas matahari.

5. Istirahat Secukupnya
Pada cuaca panas, tubuh dapat dengan cepat merasa lelah. Berikan waktu istirahat yang cukup untuk tubuh Anda. Hindari melakukan aktivitas fisik yang berat di bawah terik matahari dan luangkan waktu untuk beristirahat dan menghidrasi diri secara teratur.

6. Konsumsi Makanan Ringan dan Segar
Makanan yang berat dan berlemak dapat membuat tubuh terasa lebih panas. Pilihlah makanan ringan yang kaya akan air seperti buah-buahan dan sayuran segar. Hindari makanan yang terlalu pedas atau berlemak yang dapat meningkatkan suhu tubuh.

7. Gunakan Kipas Angin atau AC
Di dalam ruangan, pastikan Anda memiliki sirkulasi udara yang baik. Gunakan kipas angin atau nyalakan AC untuk membantu menyejukkan ruangan. Pastikan juga untuk membersihkan filter AC secara teratur agar udara yang dihasilkan tetap bersih dan segar.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat tetap nyaman dan sehat di tengah cuaca panas. Jaga kesehatan tubuh Anda dan nikmati aktivitas Anda tanpa terganggu oleh panas yang menyengat.

 Komentar

 Terbaru

Pemerintahan29 Mei 2024 20:17
Lagi, Gowa Raih WTP ke-12 Kalinya dari BPK Sulsel
GOWA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke-12 kalinya atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP)...
Ekonomi & Bisnis29 Mei 2024 20:03
Mortar Instan Kalla Beton Bikin Pengerjaan Bangunan Makin Praktis
MAKASSAR – Kalla Beton memiliki berbagai produk yang dapat memudahkan pelanggan dalam mengerjakan bangunan. Salah satunya mortar instan yang mem...
News29 Mei 2024 16:47
Aston Makassar Gelar Kunjungan Sosial ke Rumah Harapan Indonesia di Makassar
MAKASSAR – Kali ini Aston Makassar berkesempatan berkunjung ke Rumah Harapan Indonesia di Makassar dalam rangka kegiatan sosial menyambut hari ulang...
Pemerintahan29 Mei 2024 16:11
Ombudsman RI Pantau Pelaksanaan Pemberian Perlindungan Sosial Bagi Pekerja Informal di Gowa
GOWA – Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni didampingi Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Abdul Karim Dania menerima kunjungan Tim Kajian S...