Logo Lintasterkini

Mulai Agustus, Ada Ujian Praktik Khusus SIM C untuk Moge

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Rabu, 14 Juli 2021 12:23

Pelatihan moge di Safety Riding Wahana Center(Foto: Wahana)
Pelatihan moge di Safety Riding Wahana Center(Foto: Wahana)

JAKARTA — Penggolongan Surat Izin Mengemudi (SIM) motor atau SIM C akan diberlakukan mulai Agustus 2021. Akan dibagi menjadi tiga kategori, yakni SIM C, CI, dan CII.

Kasi Standar Subdit SIM Regident Korps Lalu Lintas Polri, AKBP Arief Budiman, mengatakan, persyaratan untuk membuat SIM CI tidak berbeda dengan SIM C motor pada umumnya.

“Untuk persyaratan penerbitan SIM ada empat, pertama administrasi, kemudian usia, kemudian kesehatan jasmani dan rohani, dan terakhir lulus ujian teori praktik dan atau simulator,” katanya saat melakukan sosialisasi penggolongan SIM C via kanal YouTube NTMC, dikutip Rabu (14/7/2021).

Perbedaannya, kata Arief, ialah pada saat ujian praktik. Sebab motor yang digunakan pemohon SIM juga berbeda.

“Yang nanti ada perbedaan sedikit ialah di ujian praktik. Di ujian praktik ada lima materi yang akan diujikan, tentunya ujian praktek yang diujikan akan disesuaikan dengan jenis kendaraannya,” katanya.

“Oleh karena itu pastinya akan berbeda, uji praktik motor di bawah 250cc dengan yang 500cc, sampai di atas 500cc tentu ada perbedaan,” katanya.

“Contohnya misalnya di jarak, kita menggunakan cone, patok-patok elektronik itu jaraknya akan kita sesuaikan, karena untuk motor besar menggunakan sarana praktek motor kecil akan sangat sulit, jarak dan aturannya akan kita sesuaikan,” katanya.

Tapi untuk materi yang akan diujikan kata Arief, pada dasarnya tidak berbeda jauh, beberapa di antaranya ialah tes keseimbangan dan tes konsentrasi.

“Dan ada indikator-indikator lain yang bisa mengukur apakah seseorang itu cukup memiliki kompetensi untuk mengendarai roda dua sesuai dengan golongan yang diinginkan,” katanya.(*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal29 Juli 2021 16:01
Saksi Sebut NA Tak Terlibat di Bantuan Dana CSR Masjid
"Selesai peletakan batu pertama, Saya makan siang bersama. Pak Petrus sampaikan bahwa dia sumbangkan Rp100 juta untuk masjid, Saya spontan bilang saya...
News29 Juli 2021 13:54
Gerakan Peduli PKL, Ditlantas Polda Sulsel Borong Dagangan dengan Harga 10 Kali Lipat
Aksi kepedulian ini di motori Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sulsel AKBP M Yusuf Usman setelah mendapat instruksi langsung dari Dirlantas Polda Sul...
News29 Juli 2021 11:28
Mantap! Rahmat Erwin Abdullah Lifter Asal Makassar Ukir Rekor di Olimpiade Tokyo 2020
TOKYO– Lifter Indonesia asal Makassar, Rahmat Erwin Abdullah menorehkan pencapaian yang membanggakan, ia berhasil mengukir rekor di Olimpiade To...
News28 Juli 2021 23:39
Fadel Muhammad Tauphan Mantapkan Niat Jadi Ketua HIPMI Makassar
"Jabatan ketua bukanlah satu-satunya alasan saya maju di bursa pemilihan ini. Akan tetapi, ini jalan kami untuk berjuang menuangkan ide dan gagasan ka...