Logo Lintasterkini

Terheboh, Pria Ini Mengaku Dewa Matahari, Larang Warga Shalat 5 Waktu

Muh Syukri
Muh Syukri

Kamis, 14 Juli 2022 10:49

Pria ini mengaku sebagai Dewa Matahari. Foto : IST
Pria ini mengaku sebagai Dewa Matahari. Foto : IST

BANTEN – Seorang pria di Banten bikin heboh. Namanya Natrom (62), ia terpaksa diamankan aparat Kepolisian Lebak, Banten setelah mengaku sebagai Bathara Surya atau Dewa Matahari.

Orang ini ditangkap di tempat tinggalnya di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Alasan penangkapan, lantaran Natrom diduga telah menyebarkan ajaran sesat dengan melarang para pengikutnya untuk beribadah.

Hal ini pun heboh di media sosial dan menjadi perbincangan. Dari informasi yang dihimpun, kepada para pengikutnya, Natrom mengaku bahwa raganya telah menyatu dengan Allah SWT. Dia bahkan menyebut Nabi Muhammad SAW dengan sebutan ‘Si Muhammad’.

Tak hanya itu, Natrom mengatakan alasan air zamzam tidak habis hingga saat ini, karena air tersebut berasal dari air kencing Suku Baduy di Arab Saudi.

Nah, saat ditanya siapa Tuhannya, Natrom tidak menjawab dengan pasti. Saat ini, Polres Lebak dan MUI setempat masih mendalami perkara dugaan penistaan agama.

Tak hanya itu, Natrom juga mengajak warga di daerah tempat tinggalnya untuk meninggalkan salat 5 waktu. Ia juga mengklaim kepada warga dan pengikutnya bahwa dirinya mempunyai duit sekoper yang totalnya Rp 2 miliar.

Adapun ajarannya dikumpulkan berdasarkan keterangan para pengikutnya kepada Majelis Ulama Indonesia setempat. “Dia bilang ke pengikutnya, ada uang dua koper. Satu koper itu berisi Rp 1 miliar. Jadi kalau ada 2 koper, ada Rp 2 miliar,” ujar Ketua MUI Bayah, KH Kaelani.

Kaelani menjelaskan, Natrom sebenarnya dulu adalah warga Bekasi. Karena klaim-klaimnya yang aneh, ia tak disukai warga. Menurut Kaelani, Natrom menggunakan uang Rp 2 miliar untuk membeli vila serta lahan.

Tanah itulah yang dikelola warga setempat setelah dibaiatnya. “Berdasarkan keterangan yang kami dapat sementara ini, dia tak mengajarkan ilmunya secara terbuka. Dia perlahan-lahan, dan menyasar warga yang butuh bantuan,” terangnya. (*)

 Komentar

 Terbaru

News29 September 2022 16:13
Fatma Wahyudin Minta Ojol Day Setiap Selasa Ditinjau Ulang
MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar, Fatma Wahyudin meminta penerapan Ojol Day setiap Selasa untuk ditinjau ulang. Khususnya pemberlakuannya u...
News29 September 2022 15:21
Operasi Zebra 2022, Ini Tujuh Prioritas Pelanggaran
MAKASSAR – Polri kembali melaksanakan operasi Zebra 2022. Pelaksanaannya mulai pada 3 Oktober hingga 16 Oktober 2022, serentak di seluruh Indone...
Hukum & Kriminal29 September 2022 14:04
Dikejar OTK Pakai Busur, Dua Remaja di Makassar Luka Serius
MAKASSAR – Nasib nahas menimpa dua remaja yakni RR (18) dan W (18). Keduanya mengalami luka akibat terjatuh dari motor setelah dikejar OTK (oran...
News29 September 2022 08:26
Pemkot Makassar Siapkan 53 Unit Kendaraan Damtor
MAKASSAR – Pemkot Makassar bakal menyediakan kendaraan pemadam kebakaran motor (damtor). Penyediaannya melalui Dinas Pemadam kebakaran dengan ma...