Logo Lintasterkini

Debit Air Sungai Jeneberang dan Lekopancing Menurun

Muh Syukri
Muh Syukri

Jumat, 14 September 2012 07:47

PDAM
PDAM

PDAM

MAKASSAR – Debit air Sungai Jeneberang, Kabupaten Gowa dan Sungai Lekopancing, Kabupaten Maros, mengalami penurunan sekitar 50-60 persen sehingga mempengaruhi suplai air PDAM Makassar.

“Debit air sungai yang menyuplai sekitar 65 ribu pelanggan PDAM Makassar itu selalu turun pada musim kemarau,” kata Kabag Produksi PDAM Makassar Kartini di Makassar, Kamis.

Menurut dia, kendati pasokan ke pelanggan masih terbilang normal, namun persediaan air dari dua sumber itu berangsur-angsur berkurang, sehingga segala sesuatunya harus segera diantisipasi.

Khusus air bendungan dari Sungai Lekopancing yang masuk ke IPA II Panakkukang, lanjut dia, setelah diproses oleh PDAM Makassar kemudian dialirkan ke pelanggan yang berada di Kecamatan Biringkanayya, Tamalanrea, Tallo, UjungTanah, Bontoala dan Wajo.

Sementara air Sungai Jeneberang dialirkan untuk pelanggan yang berada di wilayah selatan Kota Makassar di antaranya Kecamatan Rappocini, Tamalate, Mariso dan Mamajang.

Untuk mengantisipasi kekurangan air bersih pada wilayah yang menjadi layanan jasa PDAM Makassar, disiapkan sebanyak delapan mobil tangki yang akan menyuplai air bersih.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kartini mengimbau agar pelanggan PDAM menggunakan air seperlunya sehingga kebutuhan air bersih dapat terpenuhi untuk semua pelanggan.

“Sedang yang kesulitan memperoleh air bersih hendaknya dapat menghubungi pihak PDAM untuk segera mendapatkan bantuan air bersih yang disuplai dari mobil tangki PDAM,” katanya. (ant)

 Komentar

 Terbaru

News25 Mei 2024 22:36
SAR Gabungan Evakuasi Pendaki Hipotermia di Gunung Bawakaraeng
MAKASSAR – Satu dari empat orang yang tengah mendaki gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa telah dievakuasi pada Sabtu (25/5) oleh tim sar gabungan...
News25 Mei 2024 21:50
Personel Sat Lantas Polres Sidrap Beri Teguran ke Pengendara yang Tidak Tertib Berlalu Lintas dengan Humanis
SIDRAP – Personel Satuan Lalu Lintas Polres Sidrap memberikan teguran dengan cara humanis saat mendapati pengemudi mobil yang melanggar aturan l...
News25 Mei 2024 10:10
KJS Gelar Workshop dan Apresiasi Jurnalis
MAKASSAR – Komunitas Jurnalis Sulsel (KJS) kembali menggelar “Workshop dan Apresiasi Jurnalis” minggu 26 Mei 2024. Dalam kegiatan in...
News25 Mei 2024 08:15
Pj Gubernur Zudan Dukung Festival Anak Sholeh Indonesia di Bantaeng
MAKASSAR – Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) XII Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan tema Santri Hebat: Hebat Prestasi, Hebat Mengaji, dan Bera...