Logo Lintasterkini

Sisa 3 Bulan Masa Anggaran, Realisasi APBD Pemkot Makassar Baru 54 Persen

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Selasa, 14 September 2021 16:05

Ilustrasi APBD.
Ilustrasi APBD.

MAKASSAR — Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Makassar pada 2021 baru mencapai 54 persen. Padahal sisa tiga bulan lagi menjelang akhir masa anggaran.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, Muh Ansar pada Rapat Koordinasi Percepatan Realisasi Pendapatan dan Belanja Daerah bersama Ditjen Bina Keungan Daerah Kemendagri, yang digelar secara virtual di War Room Kantor Balaikota Makassar, Senin (13/9/2021), kemarin.

Rapat koordinasi tersebut ditujukan sebagai evaluasi realisasi pendapatan daerah. Termasuk memperkuat koordinasi dan sinergi dalam upaya mendorong percepatan realiasasi atau penyerapan APBD Tahun Anggaran 2021, sebagai bagian dari upaya mendukung pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi Covid-19.

“Per hari ini realisasi pendapatan dan belanja daerah untuk Kota Makassar, berdasarkan data dari Badan Keuangan dan Aset Daerah telah mencapai 54 persen,” ungkap Sekda Kota Makassar.

Dalam rapat koordinasi, Ansar memaparkan bahwa realisasi bulan lalu yakni di 50 persen. Sedangkan bulan ini telah mencapai 54 persen.

“Tentunya untuk mengoptimalkan, selain dilakukan percepatan juga akan dipertimbangkan realistis tidaknya setiap kegiatan, yang nantinya akan ditampung dalam APBD Perubahan,” paparnya.

Sementara itu, dalam rapat koordinasi tersebut diungkapkan pula bahwa realisasi penyerapan APBD Pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia, untuk bulan lalu, telah terdata sebesar 52 persen.

“Tentunya ke depan, seluruh stakholder terkait akan berkolaborasi untuk mempercepat realisasi pendapatan dan belanja daerah, dengan tetap memperhatikan aturan yang ada, serta realistisnya setiap agenda,” ungkap Muh Ansar.(*)

 Komentar

 Terbaru

News20 September 2021 14:25
Kapolda Sulsel Tinjau Vaksinasi di SMAN 11 Makassar
Vaksinasi yang dilaksanakan ini berjalan dengan lancar dengan menargetnya sekira 1.600 vaksinasi kepada siswa gabungan dari beberapa sekolah. "Beberap...
Hukum & Kriminal20 September 2021 11:55
Hanya Gegara Korek, Oknum RT Aniaya Mahasiswa dan Sekretariatnya
Kanit Reskrim Polsek Rappocini, Iptu Ahmad Rizal mengatakan, kejadiannya berawal dari pelaku datang menemui korban meminta korek. Namun karena pada sa...
News20 September 2021 00:04
Perda Kepemudaan Lahirkan Pemuda yang Beriman
“Jadi tujuan perda ini, pemerintah ingin membentuk pemuda yang tangguh dengan katakteristik religius, berkreasi atau berinovasi,” jelas Budi Hastu...
News19 September 2021 22:18
Kebakaran di Jalan Haji Kalla 2 Makassar, Sejumlah IRT Sempat Histeris
Kebakaran terjadi di Jalan Haji Kalla 2, Campagayya Kelurahan Panaikang Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Minggu (19/9/2021) sekira pukul 19.13 wi...