Logo Lintasterkini

Jusuf Kalla : Saatnya Asean jadi Pusat Ajaran Islam Dunia

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Rabu, 14 Desember 2016 15:45

Wapres Jusuf Kalla.
Wapres Jusuf Kalla.

JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, Timur Tengah bukan lagi tempat yang ideal untuk belajar tentang Agama Islam. Pasalnya, negara-negara yang tadinya menjadi pusat ilmu Agama Islam, kini tengah dilanda konflik.

Jusuf Kalla mengaku sedih melihat kenyataan tersebut. Di lain pihak, negara-negara Islam di ASEAN harus bersyukur karena masih harmonis.

“Sungguh kadang-kadang menyedihkan melihat itu, karena konflik tanpa akhir, dan bagaimana nyawa manusia dianggap murah. Oleh karena itu selalu pertanyaan kita, bagaimana nilai-nilai ke-Islamannya,” ujarnya, di pembukaan Halaqoh atau pertemuan ulama dan jaringan kerjasama se-Asean di Hotel Salak, Bogor, Jawa Barat, Selasa (1412/2016).

Tentunya negara-negara yang tengah dilanda konflik itu tidak bisa dijadikan tempat menimba ilmu. Sementara negara-negara di Asean yang masih bisa hidup secara harmonis, adalah tempat ideal untuk menimba ilmu agama.

“Dikhawatirkan nanti anak-anak kita yang belajar disitu nanti pasti terpengaruh dengan keadaan yang ada,” ujarnya.

Secara keilmuan Islam di Asean dan Islam di Timur Tengah tidaklah jauh berbeda. Bedanya, Asean jauh lebih kondusif dari Timur Tengah. Oleh karena itu, menurut Jusuf Kalla, saat ini adalah saatnya bagi umat Islam di Asean berkontribusi terhadap perdamaian dunia, dengan menyebarkan semangat Islam yang harmonis.

“Kita harus menyatakan dalam bentuk upaya untuk menjadikan Islam di Indonesia atau Asean ini sebagai contoh teladan yang lainnya, sehingga kita bukan hanya selama ini belajar, tapi waktunya kita mengajarkan apa yang kita punya,” ujarnya. (*)

 Komentar

 Terbaru

News20 September 2021 14:25
Kapolda Sulsel Tinjau Vaksinasi di SMAN 11 Makassar
Vaksinasi yang dilaksanakan ini berjalan dengan lancar dengan menargetnya sekira 1.600 vaksinasi kepada siswa gabungan dari beberapa sekolah. "Beberap...
Hukum & Kriminal20 September 2021 11:55
Hanya Gegara Korek, Oknum RT Aniaya Mahasiswa dan Sekretariatnya Dirusak
Kanit Reskrim Polsek Rappocini, Iptu Ahmad Rizal mengatakan, kejadiannya berawal dari pelaku datang menemui korban meminta korek. Namun karena pada sa...
News20 September 2021 00:04
Perda Kepemudaan Lahirkan Pemuda yang Beriman
“Jadi tujuan perda ini, pemerintah ingin membentuk pemuda yang tangguh dengan katakteristik religius, berkreasi atau berinovasi,” jelas Budi Hastu...
News19 September 2021 22:18
Kebakaran di Jalan Haji Kalla 2 Makassar, Sejumlah IRT Sempat Histeris
Kebakaran terjadi di Jalan Haji Kalla 2, Campagayya Kelurahan Panaikang Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Minggu (19/9/2021) sekira pukul 19.13 wi...