Logo Lintasterkini

Pemkab Gowa Kukuhkan Diri sebagai Kabupaten Layak Anak

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Rabu, 15 Maret 2017 20:59

Bupati Gowa, Adnan Purichta IYL bersama peserta Musrembang Anak.
Bupati Gowa, Adnan Purichta IYL bersama peserta Musrembang Anak.

GOWA – Komitmen Kabupaten Gowa menjadi kabupaten layak anak yang telah dicanangkan pada tanggal 17 Oktober tahun lalu oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan ditindaklanjuti dalam musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) anak. Mengambil tema optimalisasi peran dan partisipasi anak dalam pembangunan menuju Kabupaten Gowa layak anak, musrembang dilaksanakan di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Rabu (15/3/2017).
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo mengungkapkan bahwa musrenbang anak merupakan bukti komitmen Pemerintah Kabupaten Gowa terhadap pemenuhan hak anak. Diakuinya, Musrenbang Anak ini pertama kalinya dilaksanakan oleh Pemkab Gowa.

“Musrembang anak ini sebagai bukti keberpihakan dalam pemenuhan hak partisipasi anak-anak, sekaligus komitmen Gowa sebagai kabupaten layak anak,” ujarnya.

Adnan menambahkan bahwa kebijakan untuk memberikan perhatian terhadap kebutuhan anak telah dituangkan dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Gowa tahun 2016-2021.

“Tujuan yang ingin disasar dalam RPJMD ini bagaimana meningkatkan perlindungan anak, pengarusutamaan hak-hak anak seperti akses, partisipasi, manfaat maupun kontrol dalam proses pembangunan, termasuk kelompok disabilitas dan kelompok rentan lainnya. Komitemen ini sekaligus merespon kebijakan nasional,” papar Adnan.

Sementara itu, Kepala Bappeda, Taufik Mursad mengemukakan, terkait penyelenggaraan musrenbang anak, pemenuhan hak anak wajib untuk didengarkan. Aspirasi anak-anak ini akan dituangkan dalam program pembangunan daerah.

Lebih lanjut dia menambahkan, musrenbang anak ini akan menyelaraskan program prioritas dan sasaran pembangunan daerah Kabupaten Gowa dengan suara dan aspirasi anak secara proporsional.

“Sekaligus mengklarifikasi usulan program, mempertajam indikator, serta menyepakati prioritas pembangunan daerah yang ramah anak,” ujarnya.

Diharapkan musrenbang anak pertama kalinya digelar ini mampu mengembangkan talenta dan keterampilan dalam berbagai aspek. Dan momen bisa mempergunakan sebaik-baiknya untuk memberikan usulan terhadap program-program perencanaan pembangunan Kabupaten Gowa ke depan. (*)

 Komentar

 Terbaru

News23 Mei 2024 09:20
10 Tanda Orang Cemburu pada Kehidupanmu
LintasTerkini.com – Cemburu adalah emosi manusia yang umum dirasakan, namun ketika orang di sekitar kita merasa cemburu pada kehidupan kita, hal...
News23 Mei 2024 08:15
Pj Gubernur Zudan Bersama Istri Sapa Pasien di RSKD Dadi Makassar
MAKASSAR – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof Zudan Arif Fakrulloh, bersama istri, Ninuk Triyanti Zudan, meninjau pelayanan ...
News22 Mei 2024 21:33
Pj Bupati Pinrang Ikuti Rakornas Pengawasan Intern 2024 via VC
PINRANG — Penjabat (Pj) Bupati Pinrang H.Ahmadi Akil,SE,MM berkesempatan mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Intern tahun ...
News22 Mei 2024 19:35
Satlantas Polres Sidrap Beri Edukasi Lalulintas ke Anak TK Negeri Pertiwi
SIDRAP – Kasat Lantas AKP Nawir, SE diwakili oleh Kanit Kamsel Sat Lantas Polres Sidrap AIPTU Suryadi menerima kunjungan Anak TK Negeri Pertiwi ...