Logo Lintasterkini

Gegara Tebang Pohon Tanpa Izin, Wakil Ketua DPRD Takalar Harus Mendekap di Penjara

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Selasa, 15 Juni 2021 12:53

Gegara Tebang Pohon Tanpa Izin, Wakil Ketua DPRD Takalar Harus Mendekap di Penjara

TAKALAR — Wakil Ketua DPRD Takalar Muhammad Jabir Daeng Bonto harus menanggung perbuatannya. Divonis satu tahun penjara dan denda Rp1 miliar dalam kasus tebang pohon tanpa izin.

Penjatuhan vonis itu diberikan oleh Pengadilan Negeri Makassar dalam sidang yang digelar secara virtual, Senun (14/6/2021) kemarin.

Sidang secara virtual itu dengan agenda pembacaan putusan yang dihadiri oleh Jaksa Penuntut Umum Kasi Pidum Kejari Takalar Agus Kurniawan dan Kasi Intelijen Kejari Takalar Herdiawan Prayudhi.

Kemudian Majelis Hakim yakni Ibrahim Palino, Zulkifli dan Faizal Akbaruddin Taqwa serta Panitera Maryam dengan agenda pembacaan putusan.

“Iya kemarin terdakwa Muhammad Jabir Bonto Daeng Bonto terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana bersama-sama menebang pohon di dalam hutan tanpa memiliki hak atau izin dari pejabat yang berwenang,” ungkap Kasi Intelijen Kejari Takalar, Herdiawan Prayudhi, Selasa (15/6/2021).

Ia menjelaskan, pidana sebagaimana dimaksud dalam dakwaan pertama, terdakwa melanggar Pasal 50 ayat (3) huruf “e” jo Pasal 78 ayat (5) Undang Undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

“Kemudian menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Muhammad Jabir Bonto, SE., MM alias Daeng Bonto berupa pidana penjara selama 1 (satu) tahun di kurangi masa penangkapan dan selama terdakwa berada dalam tahanan, dengan perintah terdakwa tetap di tahan dan denda sebesar Rp. 1.000.000.000,00 (satu miliar), dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar, maka di ganti dengan pidana kurungan selama dua bulan,” terang Herdiawan mengutip hasil putusan Pengadilan Negeri Makassar tersebut.(*)

 Komentar

 Terbaru

Nasional29 Juli 2021 17:47
Kopel Minta Setop Fasilitas Isoman bagi Anggota DPR
MAKASSAR — Fasilitas Isolasi Mandiri (Isoman) untuk anggota DPR yang terpapar Covid-19 disorot Komite Pemantau Legislatif (Kopel). Terlalu diistimew...
Hukum & Kriminal29 Juli 2021 17:33
Diduga Gegara Dendam, Seorang Warga Maroneng Pinrang Tewas Ditebas Parang
PINRANG –La Saleng, warga Desa Marineng Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang tewas mengenaskan setelah ditebas senjata tajam jenis Parang oleh ...
Hukum & Kriminal29 Juli 2021 16:01
Saksi Sebut NA Tak Terlibat di Bantuan Dana CSR Masjid
"Selesai peletakan batu pertama, Saya makan siang bersama. Pak Petrus sampaikan bahwa dia sumbangkan Rp100 juta untuk masjid, Saya spontan bilang saya...
News29 Juli 2021 13:54
Gerakan Peduli PKL, Ditlantas Polda Sulsel Borong Dagangan dengan Harga 10 Kali Lipat
Aksi kepedulian ini di motori Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sulsel AKBP M Yusuf Usman setelah mendapat instruksi langsung dari Dirlantas Polda Sul...