Logo Lintasterkini

PPDB 2021, Disdukcapil Makassar Pastikan Data Terintegrasi

Andi
Andi

Selasa, 15 Juni 2021 20:07

Rapat perisapan PPDB di Ruang Banggar DPRD Makassar, Selasa (15/6/2021).
Rapat perisapan PPDB di Ruang Banggar DPRD Makassar, Selasa (15/6/2021).

MAKASSAR — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Makassar bakal memberikan akses data penduduk pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021.

Pemberian akses data ini akan membantu proses verifikasi dokumen calon peserta didik saat melakukan pendaftaran. Tidak lagi terjadi kekeliruan seperti tahun sebelumnya.

Kepala Disdukcapil Makassar, Aryati Puspasati mengatakan, tahun ini PPDB yang dilaksanakan Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar akan cenderung lebih baik. Sebab sudah terintegrasi langsung dengan data Disdukcapil.

“Baru kali ini hak akses diberikan Dirjendukcapil kepada Disdik Makassar. Tahun lalu tidak ada kerja sama,” kata dia, pada rapat perisapan PPDB di Ruang Banggar DPRD Makassar, Selasa (15/6/2021).

Aryati Puspasari mengungkapkan, data yang akan diberikan dari Disdukcapil adalah data konsolidasi bersih pada semester dua 2020. Mengikut pada petunjuk teknis (juknis) yang digukan Disdik Makassar, yakni setahun sebelumnya.

“Pada prinsipnya kami sudah bekerja beberapa bulan sebelumnya untuk sharing data di disdik melalui hak akses yang diberikan Dirjendukcapil,” sebutnya.

Data-data tersebut, lanjut Aryati Puspasari, akan terhubung langsung dengan Disdik, Disdukcapil, maupun Diskominfo yang bertindak sebagai penyedia server.

Di sisi lain, pada pelaksanaan PPDB nanti, Aryati Puspasari menekankan tidak ada lagi surat keterangan (suket) untuk melakukan pendaftaran.

“Kecuali bagi masyarakat yang terkena bencana seperti kebakaran dan lain-lain sehingga menyebabkan dokumen mereka hilang. Selain itu tidak bisa,” tandasnya.(*)

 Komentar

 Terbaru

News03 Desember 2022 15:23
Supratman Banyak Menerima Kelurahan Soal Infrastruktur
MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar, Supratman kembali menyapa warga saat Reses Pertama Masa Persidangan Pertama Masa Sidang 2022-2023, Jl Pan...
News03 Desember 2022 13:14
Matching Fund 2022 Sukses Dilaksanakan di Desa Bontominasa
BULUKUMBA – Desa Bontominasa, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba terpilih menjadi mitra pada kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim dari 2 Un...
Hukum & Kriminal02 Desember 2022 20:24
Polsek Cempa Pinrang Ringkus Pelaku Pencurian Di Acara Hajatan Pengantin, Ternyata Melibatkan ‘Orang Dalam’
PINRANG — Janji Kapolsek Cempa Polres Pinrang, Iptu Yudi Harsono untuk segera mengungkap kasus pencurian di acara hajatan pengantin yang terjadi...
Politik02 Desember 2022 18:24
Ganjar Presiden, Erick Thohir Wapres Menggema di Acara PAN
SEMARANG—Teriakan “Ganjar presiden, Erick Thohir Wapres (wakil presiden) menggema di acara launching bakal calon anggota legislatif DPR RI Par...