Logo Lintasterkini

PPDB 2021, Disdukcapil Makassar Pastikan Data Terintegrasi

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Selasa, 15 Juni 2021 20:07

Rapat perisapan PPDB di Ruang Banggar DPRD Makassar, Selasa (15/6/2021).
Rapat perisapan PPDB di Ruang Banggar DPRD Makassar, Selasa (15/6/2021).

MAKASSAR — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Makassar bakal memberikan akses data penduduk pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021.

Pemberian akses data ini akan membantu proses verifikasi dokumen calon peserta didik saat melakukan pendaftaran. Tidak lagi terjadi kekeliruan seperti tahun sebelumnya.

Kepala Disdukcapil Makassar, Aryati Puspasati mengatakan, tahun ini PPDB yang dilaksanakan Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar akan cenderung lebih baik. Sebab sudah terintegrasi langsung dengan data Disdukcapil.

“Baru kali ini hak akses diberikan Dirjendukcapil kepada Disdik Makassar. Tahun lalu tidak ada kerja sama,” kata dia, pada rapat perisapan PPDB di Ruang Banggar DPRD Makassar, Selasa (15/6/2021).

Aryati Puspasari mengungkapkan, data yang akan diberikan dari Disdukcapil adalah data konsolidasi bersih pada semester dua 2020. Mengikut pada petunjuk teknis (juknis) yang digukan Disdik Makassar, yakni setahun sebelumnya.

“Pada prinsipnya kami sudah bekerja beberapa bulan sebelumnya untuk sharing data di disdik melalui hak akses yang diberikan Dirjendukcapil,” sebutnya.

Data-data tersebut, lanjut Aryati Puspasari, akan terhubung langsung dengan Disdik, Disdukcapil, maupun Diskominfo yang bertindak sebagai penyedia server.

Di sisi lain, pada pelaksanaan PPDB nanti, Aryati Puspasari menekankan tidak ada lagi surat keterangan (suket) untuk melakukan pendaftaran.

“Kecuali bagi masyarakat yang terkena bencana seperti kebakaran dan lain-lain sehingga menyebabkan dokumen mereka hilang. Selain itu tidak bisa,” tandasnya.(*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal25 Juli 2021 21:23
Tak Diberi Uang Saat Mau Gadai Barang, Penjual Ikan di Pinrang Tikam Korbannya Pakai Badik
PINRANG– Seorang pria berinisial NA 34 tahun di Kabupaten Pinrang diringkus polisi usai melakukan penganiayaan dengan menikam korbannya mengguna...
Hukum & Kriminal25 Juli 2021 20:12
Gara-gara Tersinggung, Dua Pria di Pinrang Aniaya Tiga Pemuda Pakai Celurit
PINRANG– Dua pria di Kabupaten Pinrang diamankan jajaran Resmob Satreskrim Polres Pinrang lantaran telah melakukan pengeroyokan. Kedua pria itu ...
Hukum & Kriminal25 Juli 2021 16:24
Kenalan Lewat Game Online, Pemuda Sidrap Setubuhi dan Bawa Lari Gadis di Bawah Umur
MAKASSAR– Unit Jatanras Kepolisian Resor Kota Besar Makassar berhasil mengamankan seorang pemuda yang melarikan anak di bawah umur. Pelaku adala...
News25 Juli 2021 13:27
Besok, Makassar Sudah Terapkan PPKM Level IV, Apa Saja yang Dibatasi?
Dalam rapat tersebut terungkap penerapan PPKM level IV juga akan diberlakukan di Sulawesi Selatan ( Sulsel ). Untuk di Makassar, pemberlakuan dilaksan...