Logo Lintasterkini

Empat Perampok Uang Nasabah Ratusan Juta di Papua Ditangkap di Makassar

Maulana Karim
Maulana Karim

Kamis, 15 Juli 2021 22:54

Ilustrasi. (Internet).
Ilustrasi. (Internet).

MAKASSAR–Tim Gabungan Jatanras Polrestabes Makassar bersama Tim Resmob Polda Papua Barat berhasil meringkus empat buronan perampokan nasabah bank di Kota Manokwari Provinsi Papua Bara,

Keempat pelaku ini berhasil berhasil membawa kabur uang tunai senilai Rp363 juta pada Mei lalu usai merampok di Manokwari dan akhirnya diringkus di tempat berbeda di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Kami terima informasi dari personel Polda Papua Barat, terjadi pencurian dengan pemberatan di wilayahnya, maka dari Tim Jatanras Polrestabes Makassar melakukan penyelidikan dan membuahkan hasil, sehingga kami berkoordinasi untuk melakukan penangkapan,” ujar Kasubnit 2 Jatanras Polrestabes Makassar Ipda Nasrullah, Kamis (15/7/2021).

Saat keempatnya telah ditangkap, kata Nasrullah, mereka akhirnya mengakui perbuatannya dengan memiliki peran masing-masing dalam setiap aksinya.

Dalam aksinya, para pelaku sengaja mengikuti korbannya sebelum masuk ke bank melakukan penarikan, hingga meninggalkan bank membawa uang tunai menggunakan mobil pick up.

“Pelaku yang diamankan adalah pelaku pencurian dengan pemberatan dengan modus melakukan berbagai peran ada yang bertindak untuk survei di dalam bank, ada yang memantau kendaraan target, setelah itu mengikuti korban yang keluar dari bank, dan memanfaatkan situasi lengah dari target untuk mengambil uang atau barang-barang berharga milik korban,” kata Nasrullah.

“Korban yang saat itu lengah dengan meninggalkan uang tunai di atas mobil lalu singgah di sebuah konter di tepi jalan dimanfaatkan pelaku untuk menggasak uang tunai korbannya,” imbuhnya.

Kepada polisi, keempat pelaku mengaku beraksi dua bulan yang lalu di Papua Barat. Sedangkan uang yang berhasil digasak dari korban yakni sebesar ratusan juta rupiah.

Selanjutnya ke empat pelaku di bawa ke Polrestabes Makassar untuk selanjutnya diterbangkan ke Kota Manokwari, Provinsi Papua Barat untuk proses hukum lebih lanjut.(*)

Penulis : Mul

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal25 Juli 2021 21:23
Tak Diberi Uang Saat Mau Gadai Barang, Penjual Ikan di Pinrang Tikam Korbannya Pakai Badik
PINRANG– Seorang pria berinisial NA 34 tahun di Kabupaten Pinrang diringkus polisi usai melakukan penganiayaan dengan menikam korbannya mengguna...
Hukum & Kriminal25 Juli 2021 20:12
Gara-gara Tersinggung, Dua Pria di Pinrang Aniaya Tiga Pemuda Pakai Celurit
PINRANG– Dua pria di Kabupaten Pinrang diamankan jajaran Resmob Satreskrim Polres Pinrang lantaran telah melakukan pengeroyokan. Kedua pria itu ...
Hukum & Kriminal25 Juli 2021 16:24
Kenalan Lewat Game Online, Pemuda Sidrap Setubuhi dan Bawa Lari Gadis di Bawah Umur
MAKASSAR– Unit Jatanras Kepolisian Resor Kota Besar Makassar berhasil mengamankan seorang pemuda yang melarikan anak di bawah umur. Pelaku adala...
News25 Juli 2021 13:27
Besok, Makassar Sudah Terapkan PPKM Level IV, Apa Saja yang Dibatasi?
Dalam rapat tersebut terungkap penerapan PPKM level IV juga akan diberlakukan di Sulawesi Selatan ( Sulsel ). Untuk di Makassar, pemberlakuan dilaksan...